Pesona Keindahan Alam Dan Sejuknya Udara Pegunungan Dieng



Kawasan obyek wisata Pegunungan Dieng sudah banyak orang mengetahuinya, destinasi wisata alam lengkap dengan segudang keindahan dan pesonanya yang menjadi ikon Kota Wonosobo. Nama Dieng semakin populer bahkan menjadi wisata terfavorit di Jawa Tengah. Membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota untuk tiba di lokasi wisata pegunungan Dieng. Pemandangan indah akan didapatkan sepanjang perjalanan dengan gunung dan jurang di kanan-kirinya, medan yang turun naik juga berkelok. Pada waktu hujan turun jalanan akan menjadi licin juga kabut tebal yang menyelimuti sepanjang perjalanan bisa menghalangi jarak pandang mata Wisatawan, jadi berhati-hatilah jika datang di musim penghujan.

Foto Dieng-volcanic @Temblor.net

Banyak obyek wisata yang menarik di pegunungan Dieng. Sikunir, bukit yang berada di ketinggian memperlihatkan matahari terbit yang indah dan mempesona. Di pegunungan ini juga terdapat wisata menarik lainnya, yaitu Kawah Sikidang, Telaga Warna, Telaga Pengilon dan lainnya. Akan lebih menyenangkan lagi kalau bisa datang pada saat ada “Dieng Culture Festival”, Anda akan melihat acara seperti festival rambut gimbal, disaat inilah wisatawan lokal dan mancanegara memadati Dieng.

Masuk ke kawasan wisata pegunungan Dieng, sebelumnya wisatawan lokal maupun mancanegara akan diminta untuk membeli tiket masuk dengan tarif terbaru 2018 kurang lebih sebesar : tiket masuk wisata Bukit Sikunir sebesar Rp10.000, Kawah Sikidang Rp7.500, Telaga Warna dan Pengilon Rp6.000 hari biasa, dan Rp8.500 untuk weekend, Bukit Saroja Rp6.000, Candi Arjuna Rp7.500, Gunung Prau Rp10.000, dan lain-lain.

Foto Mie Ongklok @chanelmuslim.com

Terletak di dataran tinggi Pegunungan Dieng bukan hanya menarik karena memiliki panorama keindahan alam yang mempesona, elok, exsotis, nan alami, bersejarah, misteri, culture mistis, tempat yang menantang bagi peneliti tidak kalah menarik dari tempat wisata lainnya di penjuru Nusantara. Dengan Budaya turun temurun hal layaknya seperti di daerah lain, tempat wisata Dieng juga mempunyai ciri khas dengan penduduknya yang ramah dan wisata kulinernya menjadikan nilai tambah. Terdapat makanan yang namanya Mie Ongklok juga manisan buah carica yang segar dan manis tentunya tidak boleh dilewatkan pada saat berlibur di obyek wisata pegunungan Dieng.

Foto Kebun Wortel by Silvia Arrie Cahyani

Wisata Dieng juga mempunyai Budaya sejak dulu sampai sekarang yang masih di hormati, salah satu nya Kejawen sampai sekarang masih ada di dataran tinggi Dieng, dengan pertanian yang hampir mencapai 90% mayoritas masyarakat setempat adalah petani sayur mayur, mulai dari Wortel, Daun Bawang, Kentang, Kol, Cabe, sampai Tembakau. 

Wisata Dieng disebut juga Negeri di Atas Awan, Dieng Plateau, Wisata Gunung Dieng, Wisata Dieng Wonosobo, dan ini hanya tertuju ke satu nama DIENG.

Foto Sunrise Sikunir by Silvia Arrie Cahyani

Wisata Dieng Wonosobo mempunyai Spot terbaik dan beberapa tempat terbaik yang wajib dikunjungi wisatawan. Spot dengan panorama pemandangan terbaik yang dapat memanjakan setiap mata yang melihatnya. View terbaik untuk menikmati sunrise pegunungan Dieng adalah dari bukit Sikunir, jika beruntung wisatawan dapat melihat sunrise yang sangat indah. Bukit yang menjadi salah satu magnet bagi wisatawan dan merupakan tempat wisata unggulan di Dieng saat ini. Dari beberapa sudutnya wisatawan bisa mendapatkan momen pengambilan foto yang bagus juga indah tentunya dengan latar belakang yang berbeda, dan dari atas bukit wisatawan juga bisa melihat Danau Cebong tergantung di sudut mana berdiri. Danau Cebong terletak di samping bukit, bersebelahan dengan tempat parkir, tidak cuma itu saja Sikunir juga berada di Kampung Sembungan yang di juluki Kampung Tertinggi di Pulau Jawa.

Foto Bukit Sikunir by Silvia Arrie Cahyani

Untuk pergi ke Bukit Sikunir Dieng, wisatawan harus tau waktu yang paling tepat untuk datang ke  tempat yang satu ini, pada bulan Juni, Juli, Agustus dan September merupakan bulan yang cukup bersahabat untuk berwisata apalagi bagi yang memburu Sunrise jadi harus mendapatkan momen yang tepat.

Foto Telaga Warna by Silvia Arrie Cahyani

Spot lainnya yang tak kalah cantik dan indah adalah Telaga Warna, taman wisata ini masuk kategori Taman Nasional. Ada beberapa obyek lainnya di dalam area ini selain Danau Warna dan Pengilon juga terdapat Situs Batu Purba, Goa Pertapaan dengan diiringi suara burung bernyanyi merdu membuat suasana alamnya makin terasa. Terdapat sudut-sudut tertentu juga di wisata Telaga Warna untuk bisa menghasilkan spot terbaik. Ada dua tempat yang menyuguhkan panorama alam yang sama akan tetapi mempunyai latar belakang berbeda, yang pertama Bukit Sidengkeng dan ke dua dari Batu Ratapan Angin. Dari kedua tempat ini wisatawan dapat memandang dua Danau yang bersebelahan tapi beda latar belakang, Gunung Prau dan Gunung Sindoro.

Foto Kawah Sikidang Dieng by Silvia Arrie Cahyani

Wisata lainnya yang bisa wisatawan kunjungi yaitu Kawah Sikidang Dieng, salah satu kawah yang berada di dataran tinggi Dieng. Masih banyak lagi kawah-kawah yang terdapat di wisata dataran tinggi Dieng. Dieng adalah pegunungan yang masih aktif, banyak di temukan titik titik kawah.

Kawah Sikidang Dieng terletak di Kabupaten Banjarnegara. Obyek wisata ini bisa disebut juga Wisata Vulkanic. Disebut dengan Kawah Sikidang karena titik-titik sumur kawahnya selalu berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat lainnya semacam binatang kijang melompat atau kidang sehingga masyarakat sekitar menyebutnya Kawah Sikidang.

@nisa/beberapa sumber

Leave a Comment