Pura Yeh Pulu memiliki Relief Kuno dan salah satu pilihan tempat wisata di Ubud, Bali



Ubud merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga merupakan destinasi impian traveler seluruh dunia. Ubud merupakan salah satu tujuan destinasi wisata budaya, kebudayaan Bali. Selain Puri Ubud dan Campuhan Hill serta museum-museum yang ada di Bali, Pura Yeh Pulu merupakan pilihan yang paling tepat untuk menikmati destinasi yang beda dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Kita sebagai orang Indonesia harus juga melestarikan kebudayaan negara kita sendiri, berikut adalah cerita Pura Yeh Pulu yang memiliki relief kuno dan wisata budaya yang ada di Ubud, tentang sejarah, keunikan dan bagaimana kita bisa menuju lokasi. Layak untuk dijadikan tujuan wisata kunjungan pembaca ke Bali.

Salah satu Relief Pura Yeh Pulu

Sejarah Pura Yeh Pulu dan arti namanya.

Nama Pura Yeh Pulu di Bedulu berasal dari kata “Yeh yang artinya air” dan “Pulu memiliki arti tempayan atau gentong” tetapi nama Yeh Pulu tidak secara harafiah memiliki arti sebuah tempayan air atau penampungan air. Memiliki arti yang lebih adalah yaitu sebuah tempayan tempat penyimpanan beras di jaman dulu, yang berada di sumber air. Sumber air di pura “Pura Yeh Pulu” merupakan tempat suci dan terletak di sebelah barat Relief Pura Yeh Pulu.

Pura Yeh Pulu Bedulu, pertama kali ditemukan sekitar tahun 1925 oleh seorang punggawa Puri Kerajaan Ubud. Oleh ahli sejarah diperkirakan kurang lebih relief-relief Pura Yeh Pulu dipahat pada tahun 1345 Masehi, sesuai sejarah bahwa Pura Yeh Pulu merupakan monument kuno untuk mengenang gugurnya Raja Bedahulu yang  gugur dalam pertempuran dengan kerajaan Majapahit. Pura Yeh Pulu dirawat sangat baik sampai dengan sekarang oleh Krama Subak setempat dan oleh Pelestarian Cagar Budaya Bali, karena merupakan peninggalan sejarah dan juga banyak menyimpan beragam dimensi sejarah klasik Bali di dalamnya dan sampai saat ini masih dilakukan explorasi diyakini masih banyak relief-relief lain yang masih belum ditemukan di sekitar area Pura Yeh Pulu.

Cerita Relief Pura Yeh Pulu Bendulu

Pura Yeh Pulu memiliki paling tidak lima fragmen Rilief dengan guratan-guratan pahatan yang cantik, cerita yang digambarkan banyak kisah kehidupan umat Hindu Bali dalam berkehidupan dan bermasyarakat. Dari semua cerita Relief Pura Yeh Pulu memiliki garis besar cerita tentang reinkarnasi Krisha menjadi Batara Wisnu.

Pahatan-pahatan terukir indah di bebatuan, namun dipercaya pada cerukan-cerukan di Pura Yeh Pulu itu merupakan tempat meditasi Raja Bedahulu. Cerukan tersebut banyak menceritakan kehidupan Raja Bedahulu (Bedulu) sebelum sang Raja gugur dalam perang melawan Kerajaan Majapahit.

Lokasi Pura Yeh Pulu Ubud Bali

Pura Yeh Pulu, berlokasi di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar. Terletak tidak jauh dari Goa Gajah kurang lebih 500 meter dari Gua Gajah. Untuk mengunjungi Pura Yeh Pulu wisatawan bisa menempuhnya dengan rute perencanaan wisata dari Kuta-Denpasar-Ubud-Kintamani. Jadi bagi pembaca yang bertujuan wisata ke Bali bisa merencanakan rute sehari untuk beberapa kunjungan searah. Karena Rute wisata dari Kuta-Denpasar /Sanur-Ubud-Kintamani, merupakan salah satu favorite rute dalam merencanakan paket kunjungan.

Relief Pura Yeh Pulu

Pura Yeh Pulu

Apabila pembaca merupakan salah satu wisatawan yang menyukai tempat-tempat bersejarah, maka Pura Tukad Yeh Pulu merupakan salah satu pilihan, begitu juga Pura Goa Gajah karena berlokasi saling berdekatan.

Pura Yeh Pulu memiliki keunikan sendiri, karena lokasi Pura terletak di lokasi pesawahan di antara persawahan yang terhampar luas di semua penjuru Desa Bedulu. Jadi kunjungan wisatawan ke Pura Yeh Pulu, selain melihat Relief sejarah Kuno Bali juga sekaligus menikmati pemandangan sawah yang tertata dengan sangat rapi.

Cara Menuju Lokasi

Untuk bisa mencapai lokasi Pura Yeh Bedulu, Ubud Bali, wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil, apabila suka berpetualangan bisa menyetir sendiri. Bagi yang ingin menikmati liburan dengan santai bisa menyewa mobil sekaligus dengan sopir. Lokasi Pura Yeh Bedulu merupakan salah satu lokasi yang masih sedikit susah kendaraan. Banyak sopir taxi maupun sopir online tidak banyak mengenal lokasi itu. Atau bisa juga menyewa motor yang banyak ditawarkan di Bali, dengan menggunakan petunjuk dari peta online yang sekarang banyak pilihannya.

Relief Pura Yeh Pulu

Relief Pura Yeh Pulu

Untuk bisa mencapai dan menikmati relief-relief Pura Yeh Pulu, pengunjung diharuskan melewati jalanan setapak yang lumayan kecil seperti pematang sawah, bedanya jalanan sangat terawat karena sudah di bangun dengan paving block dengan banyak hiasan indah yang dikelola oleh organisasi pertanian dari masyarakat setempat. Di lokasi Pura Yeh Pulu sudah tersedia toilet umum, toko-toko yang menjajakan oleh-oleh khas Bali, dan juga pemandu wisata untuk bisa mengetahui lebih dalam sejarah dari Pura Yeh Pulu Bedulu.

Relief kuno yang sangat unik yang dimiliki oleh Pura Yeh Pulu, Relief di pahat di bebatuan batu cadas dengan memiliki panjang 25 meter dengan lebar relief setinggi 2 meter. Jadi Pura Yeh Pulu merupakan salah satu Pura di Bali yang memiliki Relief Kuno selain Pura Gunung Kawi. Layak sekali bagi pembaca untuk mulai berencana liburan ke Bali, untuk memasukkan ke dalam daftar kunjungan dengan Rute Ubud – Kintamani.

Wisata Alam di Ubud

Selain wisata budaya dan sejarah ke Pura, Ubud banyak menyediakan wisata alam dan petualangan. Salah satu wisata petualangan alam yang menjadi favorite wisatawan Indonesia maupun mancanegara adalah Rafting.

Tempat terkenal lain untuk melepas andrenalin salah satunya yaitu Rafting di sungai Ayun Ubud. Sungai Ayun ramai oleh kunjungan wisatawan untuk menikmati rafting hampir tiap hari.

Salah satu perusahaan yang menjadi pioneer merintis aktifitas rafting yaitu Sobek, yang telah melayani layanan rafting dengan standard safety yang sangat bagus dan menjadi salah satu aktivitas wisata pilihan, selama berkujung ke area Ubud, Gianyar Bali.

@nilea

 

Leave a Comment