Rekomendasi Tempat Terenak Untuk Berburu Rujak Soto Banyuwangi



Kota Banyuwangi tidak hanya terkenal akan keindahan tempat-tempat wisatanya. Nyatanya, di kota paling timur Pulau Jawa ini ada berbagai macam kuliner khas yang siap untuk dicoba. Kuliner khasnya ini antara lain ada sego tempong, jangan kesrut, dan rujak soto. Salah satu kuliner yang paling terkenal adalah rujak soto Banyuwangi. Rujak di Banyuwangi pun ada banyak macamnya, ada rujak jangan, rujak kesrut, rujak cingur, rujak lothek, rujak cemplung, dan lainnya.

Ciri Khas Rujak Soto Banyuwangi

Rujak Soto Banyuwangi

Rujak soto Banyuwangi merupakan makanan yang khas dan unik. Isi dari rujak soto adalah perpaduan antara rujak uleg atau rujak jangan dengan soto babat. Rujak uleg, rujak jangan, ataupun rujak soto biasanya terdiri dari campuran kacang panjang, sayur kangkung, kecambah, timun, dan bisa juga ditambah cingur dan lontong. Semua bahan makanan tadi kemudian disiram kuah soto dengan bahan babat atau daging yang membuat rasa rujak soto semakin segar. Sebagai pelengkap biasanya juga ditambah dengan kerupuk udang utuh di atasnya. Dengan ada tambahan kerupuk membuat makanan khas ini semakin enak dan mantap.

Untuk tingkat rasa pedasnya Anda bisa meminta disajikan sesuai selera Anda. Bisa rujak soto dengan rasa pedas sedang maupun pedas banget. Penyajian rujak soto di Banyuwangi biasanya ditaruh dalam mangkok. Rujak soto Banyuwangi sekarang sudah tersebar dimana-mana, bisa Anda temui hampir di setiap sudut Kota Banyuwangi. Sekarang ini rujak soto sudah terkenal akan rasa enaknya baik oleh masyarakat local maupun di luar Kota Banyuwangi. Rujak soto kini sudah banyak peminatnya, sehingga banyak dicari orang.

Warung Rujak Soto Banyuwangi Terenak

Jika Anda berkunjung ke Banyuwangi, sempatkanlah untuk mencoba hidangan unik yang menyajikan perpaduan rasa rujak yang pedas ditambah kuah soto plus daging yang gurih. Beberapa rujak soto legendaris yang bisa Anda coba cicipi ada di warung berikut :

  1. Dahlia Rujak Soto Khas Banyuwangi

Rujak Soto Dahlia

Ciri khas rujak soto dahlia ini ada pada kuah soto warna kuning dengan daging ayam dan sapi yang dipotong-potong. Untuk rasa rujak soto ini tidak jauh berbeda dengan rasa rujak soto kebanyakan. Di rujak soto dahlia ini porsi tauge dan sayuran yang diberikan cukup banyak.

  1. Pondok Rujak Soto

Pondok Rujak Soto

Warung ini berada di Jalan Basuki Rahmat No. 11, Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pondok Rujak Soto menyediakan rujak soto yang dikombinasikan dengan telur rebus. Kuah rujak soto di sini berbeda dengan kuah rujak soto kebanyakan. Di sini kuahnya terlihat hitam dengan rasa enak yang tidak jauh berbeda dengan rujak soto lain. Jika Anda berencana berwisata kuliner ke warung ini, jangan lupa untuk datang antara pukul sembilan pagi hingga sembilan malam.

  1. Rujak Soto Bu Sugik

Rujak Soto Bu Sugik

Di Rujak Soto Bu Sugik para penikmat kuliner bisa memilih beragam rujak. Meskipun warungnya bernama rujak soto, di sini pilihan menu rujaknya antara lain ada rujak soto rumput laut, rujak soto original, rujak cingur original, rujak original hingga rujak buah. Dengan harga Rp. 7.000,00 Anda sudah bisa menikmati rujak original ataupun rujak buah. Sedangkan untuk rujak soto original dan rumput laut diberikan harga Rp. 8.000,00.

Penyajian rujak soto di sini cukup berbeda dengan yang ada di tempat lain. Di sini rujak soto disajikan dengan bihun kemudian ditumpuk dengan rujak dan daging ayam atau daging kerbau/daging sapi. Rujak Soto Bu Sugik ini beralamat di Banyu Ajuh, Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Jam buka warung ini dimulai dari pukul sembilan pagi hingga sembilan malam.

  1. Rujak Soto Bu Sum

Rujak Soto Bu Sum

Jika dilihat sekilas, Rujak Soto Bu Sum ini terlihat berbeda dengan rujak soto kebanyakan. Hal ini dikarenakan daging yang digunakan adalah bagian jerohan yang dipotong-potong kemudian ditaburkan di atas rujak dan kuah soto. Namun apabila Anda tidak suka jerohan jangan merasa khawatir karena di warung ini juga menyediakan daging ayam dan sapi. Anda bisa bebas memilih apa saja sesuai keinginan Anda.

Rujak Soto Bu Sum ini bisa Anda kunjungi di Jalan Letjen DI. Panjaitan No. 24, Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, jawa Timur. Untuk bisa mencicipi rasanya, datanglah ke sini pada jam operasionalnya yaitu antara pukul sepuluh pagi hingga pukul sepuluh malam.

  1. Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak Soto Mbok Mbret

Banyuwangi memiliki rujak soto yang legendaris. Salah satunya adalah Rujak Soto Mbok Beret yang berada di Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini. Di sini biasanya rujak soto disajikan bersama lontong dan kerupuk ditambah dengan irisan daging yang tebal. Para pengunjung yang tidak menyukai lontong bisa menggantinya dengan nasi. Perpaduan yang enak bisa dirasakan dari adanya irisan timur, sayuran, dan bumbu rujak khas Banyuwangi.

Saat Anda berkunjung ke Banyuwangi, cobalah sesekali untuk berkunjung ke warung ini dan nikmatilah rujak soto legendarisnya. Datanglah ke warung ini pada pukul delapan pagi hingga empat sore. Jangan lupa untuk menyiapkan uang sebesar Rp. 20.000,00 untuk bisa mencicipi satu porsi rujak soto dengan kuah berwarna kuning kecoklatan yang selalu membuat Anda penasaran.

bersama daging sapi dan ayam. Tambahan kerupuk yang renyah serta emping semakin membuat Anda ingin datang ke sini lagi.

  1. Warung Rujak Soto Mbak Mus

Rujak Soto Mbak Mus

Rasa rujak soto di Warung Rujak Soto Mbak Mus tidak jauh berbeda dengan rujak soto lain yang ada di Banyuwangi. Perbedaannya hanyalah pada bumbu yang disajikan lebih banyak dari rujak soto lain. Warung Rujak Soto Mbak Mus ini sangat cocok buat Anda yang sangat gemar makan makanan pedas. Warung ini bisa Anda temukan di Jalan Jember, Kalirejo, Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

 

Leave a Comment