Rekreasi Gratis di Ibukota? Kunjungi 5 Taman Ngehits di Jakarta Ini!

Jakarta yang kini bagai dikelilingi hutan beton dengan banyaknya pembangunan gedung perkantoran maupun pusat perbelanjaan. Namun, ternyata masih terselip lahan-lahan kecil yang dijadikan taman nyaman dan bisa menjadi rekreasi gratis bersama keluarga maupun pasangan. Keberadaan taman-taman ini juga bisa menjadi alternatif untuk kalian yang bosan dengan suasana mall, plaza maupun gedung-gedung yang tingi. Beberapa taman bahkan masih ditumbuhi pepohonan yang rimbun sehingga kita bisa mendapatkan udara sejuk dan bebas polusi. 

Berikut 5 taman hits di ibukota yang patut kalian kunjungi untuk rekreasi maupun sekedar melepas penat.

 

Taman Suropati

Taman Suropati semula bernama Burgemeester Bisschopplein, yang diambil dari nama walikota pertama Batavia G.J. Bisshop (1916-1920). Kemudian berganti nama menjadi Taman Suropati yang diambil dari nama Untung Suropati, pahlawan nasional asal Bali.
Taman Suropati memiliki 2 kolam yang dilengkapi dengan air mancur yang diapit oleh 4 lingkaran taman bunga serta 4 petak taman bunga yang berbentuk persegi. Tidak hanya dikelilingi taman bunga, di Taman Suropati juga terdapat 3 sangkar ayam kate beserta 2 sarang burung dara. Tempatnya yang asri akan memberikan banyak spot yang bagus untuk mengabadikan setiap momen disini. Terdapat pula 4 trek tonjolan batu yang bisa kalian pakai untuk refleksi kaki. Selain banyaknya fasilitas, taman yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Menteng ini juga tempat berkumpul beberapa komunitas musik. Jadi ada hiburan tambahan dari beberapa komunitas ini saat mereka berkumpul.

 

Taman Ayodya

Taman Ayodya semula merupakan tempat para pedagang ikan dan bunga atau lebih dikenal dengan Pasar Ikan dan Bunga Barito, yang kini telah tersebar dikawasan Pondok Indah, Antasari, Kemang dan sekitarnya. Nama Barito itu sendiri muncul karena letaknya yang diujung jalan Barito.

Taman Barito memiliki gazebo yang bisa kalian pakai untuk berkumpul ataupun sekedar duduk-duduk bersama keluarga maupun teman-teman. Terdapat pula mini amphitheatre untuk yang berhadapan dengan danau buatan beserta air mancur. Terdapat pula jejeran bangku-bangku taman yang mengelilingi taman. Bahkan ada beberapa spot yang menggunakan tanaman rambat sebagai atap dari bangku-bangku taman ini sehingga bisa menjadi tempat yang cantik untuk kalian yang datang kesini bersama pasangan. Jangan khawatir akan kelaparan. Karena di taman ini terdapat banyak penjual makanan dan minuman. Kalian juga tidak perlu khawatir untuk tempat parkir, kalian bisa menggunakan lahan disekitar taman yang memang diperuntukan untuk parker pengunjung. Terdapat pula beberapa komunitas yang sering berkumpul di taman yang terletak di Jalan Barito, kebayoran baru ini. Seperti, komunitas Sepeda Fixie, Yoyo, dan Fingerboard.

 

Taman Menteng

Pada zaman kolonial Belanda, taman ini dulu bernama Viosveld (Voertbalbond Indische Omstreken Sport) yang merupakan sebuah lapangan terbuka dan dulu nya menjadi satu dengan Taman Suropati. Kemudian, pada tahun 1921 didirikan Stadion Menteng yang kemudian menjadi kandang klub sepak bola Persija Jakarta. Namun, pada tahun 2006 dilakukan pembongkaran pada stadion dan dijadikan taman yang kini kita kenal dengan Taman Menteng.

Fasilitas di Taman Menteng kini juga cukup memadai. Untuk kalian yang tidak bisa lepas dari gadget, terdapat free Wi-Fi yang bisa digunakan oleh para pengunjung Taman Menteng. Di taman ini juga bisa dijadikan sarana olahraga. Terdapat lapangan futsal, lapangan basket dan tak ketinggalan jogging track untuk kalian yang senang berolahraga. Taman Menteng cocok untuk sarana rekreasi murah bersama keluarga. Karena terdapatnya taman bermain untuk anak-anak yang bisa digunakan sebagai sarana untuk anak banyak bergerak. Tidak ketinggalan kolam air mancur dan rumah kaca yang bisa kalian kunjungi disini. Tidak usah pusing memikirkan parkir kendaraan. Taman yang terletak di jalan H.O.S Cokroaminoto ini, memiliki lahan khusus untuk parkir pengunjung.

 

Taman Situ Lembang

Taman ini mulanya sebuah waduk dari sub sistem Kali Cideng yang dibangun Belanda pada 1926 sebagai penampungan air dari beberapa mata air di sekitarnya. Pemerintah kota ketika itu menambahkan panggung terbuka pada 1960 yang sering dimanfaatkan oleh Sandiah atau lebih dikenal dengan nama Ibu Kasur, pembawa acara Taman Indria di TVRI, sebagai panggung anak-anak. Nama Situ diambil karena memang terdapat waduk, dan Lembang karena letaknya di Jalan Lembang. Pada 1984, Dinas Pertamanan DKI Jakarta merenovasi taman ini dan melengkapinya dengan empat buah air mancur yang dipenuhi bunga teratai dan lapak pemancingan.

Untuk kalian yang hobi mancing, Taman Situ Lembang merupakan tempat yang cocok untuk memuaskan hobi kalian. Karena di taman ini terdapat tempat pemancingan yang bisa kalian gunakan. Selain itu, Taman Situ Lembang juga dilengkapi dengan Wi-Fi untuk kalian yang gemar bermain gadget. Selain untuk menyalurkan hobi, taman yang terletak di Jalan Lembang Terusan D-59, Menteng Jakarta Pusat juga bisa menjadi sarana rekreasi untuk keluarga karena terdapatnya taman bermain anak. Untuk para orangtua, bisa mencoba track tojolan berbatu yang biasa digunakan untuk refleksi kaki.

 

Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng dulu berupa hutan serta rawa, dan dikenal sebagai tempat berburu binatang liar orang-orang kaya Belanda di Batavia. Sekitar 1970-an, taman ini sempat dipergunakan sebagai terminal bus untuk rute dalam dan luar kota. Namun, pada 1993, fungsi Lapangan Banteng dikembalikan lagi sebagai ruang terbuka hijau.

Taman yang terletak di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat ini merupakan tempat yang tepat untuk berolahraga. Di Taman Lapangan Banteng terdapat Fitness Park yang bisa digunakan oleh pengunjung. Selain itu, terdapat pula lapangan sepak bola untuk kalian yang hobi menendang si kulit bundar ini. Selain terdapatnyanya 2 buah air mancur, taman ini juga dihiasi oleh Tugu Pembebasan Irian Barat. Di Taman Lapangan Banteng juga tempat diadakannya pameran flora dan fauna yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Terdapat pula bangku-bangku taman jika kalian hanya ingin sekedar duduk-duduk atau berkumpul dengan keluarga atau teman-temen.


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply