Saatnya ke Solo! Ada Festival Payung yang Unik

Belum ada agenda weekend ini mau kemana? Festival Payung Indonesia 2016 yang diadakan di Solo pada tanggal 23 - 25 September nanti bisa jadi alasan kuat kamu untuk terbang ke kota batik ini. Acara unik yang akan berlangsung pada pukul 09.00 – 21.00 WIB ini gratis alias tanpa dipungut biaya sepersen pun.

Festival ini bertujuan untuk mengenalkan sejarah payung nusantara yang dianggap sebagai salah satu karya seni dan budaya. Misalnya payung geulis dari Tasikmalaya. Payung yang sering dianggap sebagai simbol Tasikmalaya ini hanya difungsikan sebagai pelindung sinar matahari saja karena terbuat dari rangka kayu dengan penutup dari kertas bermotif bunga.

Sudah kali ketiga festival Payung Indonesia diadakan dan di tempat yang sama, yakni Taman Balekambang. Setiap tahunnya acara ini selalu unik dan menarik untuk dikunjungi.

Apa yang membuatnya unik dan menarik?

Ternyata, Festival Payung 2016 akan mempertemukan pelaku industri kreatif payung Indonesia lho. Selain itu akan ada penggiat pelaku seni karnaval dan masyarakat yang ingin melestarikan kerajinan payung di Tanah Air. Di event Festival Payung 2016 ini nanti juga akan ada Pasar Payung sebagai bagian inti acara.

Tak hanya itu, Festival Payung 2016 menghadirkan beragam kegiatan seru yang bisa kamu ikuti dan nikmati. Beberapa kegiatan yang rutin diadakan untuk memeriahkan festival ini di antara lain, workshop budaya, pasar seni, pagelaran fashion, pertunjukan tari, karnaval, lomba foto dan lukis, serta pameran foto. Selain itu, ada juga lomba melukis payung untuk anak-anak.

Menariknya lagi, Festival Payung juga menampilkan kerajinan payung lintas negara dari Kamboja, Thailand, Tiongkok, dan Jepang. Dengan begitu, kamu juga bisa mengenal tentang tradisi dan budaya payung di negara lain.

Karnaval juga bisa menjadi cara menyenangkan untuk mengenal beragam jenis payung dari banyak daerah. Dengan rute Stadiun Manahan – Taman Balekambang, peserta karnaval akan berkeliling dengan berbagai atribut menarik, mulai dari pakaian sampai payung berwarna-warni.

Tempat Wisata di sekitar Taman Balekambang

Nah, mumpung lagi di Solo, acaranya berlangsung saat weekend juga. Kamu bisa mampir ke beberapa destinasi wisata di sekitar Taman Balekambang. Berikut rekomendasi dari tim ulinulin.com.

Keraton Kasunanan Surakarta

Belum lengkap rasanya kalo ke solo belum mampir kesini, salah satu landmark kota Solo ini di dalamnya menyimpan sebuah galeri seni yang bisa memuaskan keingintahuanmu tentang sejarah kota Solo dan sekitarnya. Berbagai benda kuno dijadikan koleksi seperti, senjata tradisional, wayang kulit, kereta kencana, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Pasar Klewer

Bagi kamu yang gemar belanja bisa banget datang kesini. Konon katanya Pasar Klewer ini merupakan pasar tekstil terbesar di kota Solo makanya destinasi wisata disini tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh wisatawan karena telah menjadi ikon wisata belanja di Solo.

Disini kamu bisa belanja batik dan beberapa kerajinan tangan khas Solo. Setelah puas mengelilingi pasar Klewer sangat dianjurkan untuk mencicipi kuliner tengkleng yang berada di depan gapura pasar.

Pasar Malem Ngarsopuro

Juara banget ni kalo malem minggu main kesini, selain itu hanya buka empat jam saja. Letak Pasar Malam Ngarsopuro yang sangat strategis, yaitu berada di depan Pura Mangkunegaran dan berdekatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta, membuat Pasar Malam Ngarsopuro selalu dibanjiri pengunjung tiap malam Minggu.

Selain bisa melihat-lihat barang kreasi UMKM Kota Solo yang tiap Minggu selalu berubah, di Pasar Malam Ngarsopuro kamu juga bisa menonton pertunjukan budaya yang sering diadakan di tengah Pasar Malam Ngarsopuro. Di saat-saat tertentu kamu bisa belanja sambil nonton pertunjukan keroncong, musik etnis, jazz atau akustik yang penggeraknya adalah sebuah komunitas mahasiswa di Solo.

Artikel lainnya:

1. 9 Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Dibawa

2. Pasar Klewer, Belanja Batik Harga Miring

3. 7 Obyek Wisata Seru di Solo


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply