Segelintir Misteri Dibalik Pesona Gunung Bromo

 

Para travelers pasti tidak asing lagi dengan pesona Gunung Bromo khusunya bagi kamu yang menyukai suasana pegunungan dengan pemandangan khas terbitnya mentari, satu hal yang pasti bila kamu berkunjung ke salah satu gunung berapi di Jawa Timur ini, dijamin tidak akan mengecewakan hati meskipun dalam status erupsi.

Namun seperti gunung-gunung di Indonesia pada umumnya, Bromo tak hanya elok dipandang tapi juga menyimpan misteri yang tersimpan rapih dibelakangnya.

Yap, kali ini tim ulinulin.com akan berbagi segilintir misteri dibalik pesona Gunung Bromo, khususnya buat kamu yang hendak kesana agar lebih waspada.

Misteri yang paling terkenal adalah pasir hisap di Gunung Bromo

Pemandangan Savana adalah satu dari sekian daya tarik yang dimiliki Gunung Bromo, buat kamu yang pernah kesana pasti tidak menolak akan pesonanya kan? namun di sekitar wilayah savanna tersebut para wisatawan tour Gunung Bromo pasti akan selalu ditekankan untuk lebih berhati-hati, pasalnya ada misteri pasir hisap yang masih menjadi momok menakutkan ketika berada di Gunung Bromo. Anehnya lagi, belum ada yang memastikan tepatnya di mana lokasi pasir hisap tersebut.

Hati-hati dalam melangkah, jika salah bisa-bisa tubuhmu terhisap ke dalamnya. Oleh karena itu, wisatawan di sini dihimbau untuk selalu waspada, selalu menjaga diri di wilayah ini. Dan tak lupa untuk bertanya terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar.

Akar Ghaib di Gunung Bromo, tidak sembarang orang bisa melihatnya

Akar Ghaib? Ini adalah salah satu legenda yang paling terkenal di Gunung Bromo, konon akar ghaib hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja, bahkan berbagai sumber menyebutkan jika tidak semua ahli supranatural yang bisa melihat akar ghaib yang melintas tepat di tengah lautan pasir Gunung Bromo.

Menurut kepercayaan masyarakat, orang-orang yang suka tersesat di lautan pasir Gunung Bromo dikarenakan adanya akar Ghaib di wilayah tersebut.

Namun bukan tanpa sebab, masyarakat Bromo juga percaya jika orang-orang yang kehilangan arah serta hilang tanpa jejak di sekitaran Gunung Bromo dikarenakan memiliki tujuan yang tidak baik dan juga tidak menghormati penjaga dari Gunung Bromo.

Bromo adalah tempat bersemayamnya benda pusaka titisan Dewa

Gunung Bromo juga diyakini sebagai tempat terkuburnya benda-benda pusaka peninggalan zaman kerajaan Majapahit yang dipercaya milik para dewa. Oleh karena itu, para wisatawan yang berkunjung kesini harus memperhatikan ucapan dan tingkah laku selama berada di sekitaran Gunung Bromo untuk menghormati adanya kepercayaan kekuatan mistis dari pusaka peninggalan tersebut.

Tidak kasat mata, terdapat istana 18 tingkat di sekitar Gunung Bromo

Kisah lain yang beredar dari masyarakat di sana ialah adanya istana dengan 18 tingkat yang berdiri di sana, tentunya bangunan tersebut tidaklah kasat mata.

Masyarakat suku Tengger percaya bahwa saat erupsi Gunung Bromo merupakan sebuah berkah yang memberikan keberkahan tersendiri sebab dapat menyuburkan lahan pertanian milik warga. Saat erupsi inilah konon Ki Bromo sedang melanjutkan pembangunan istana raksasa yang megah dan tingginya mencapai 18 tingkat.

Di saat itulah Ki Bromo membutuhkan sesajen seperti hasil palawija dan tidak membutuhkan korban manusia.

Artikel lainnya:

1. Menikmati Matahari Terbit di Gunung Bromo

2. Menelisik Mitos Gunung Lawu yang Penuh Misteri

3. Kesucian Gunung Agung Tempat Bersemayamnya Para Dewa

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply