Selain Sabar, Ini Tips Foto Split Underwater yang Kece

 

Satu lagi teknik foto yang sedang booming di kalangan pecinta fotografi. Foto dua alam dunia dalam satu frame yang mempesona atau biasa disebut dengan split underwater. Pesonanya memang tak terbantahkan tetapi juga membuat netizen sukarela menambahkan likes di instagram.

Tentunya, ada beberapa cara agar penggunaan action cam dalam pengambilan foto terlihat makin kece. Berikut ini tim ulinulin.com rangkum untuk kamu.  

Siapkan alat tempurnya

Untuk membuat foto split underwater, kamu membutuhkan beberapa alat tambahan. Bisa terbilang harganya tidak murah namun senada kok dengan hasilnya.

  1. Action Camera (harganya berkisar antara Rp 400 ribu – Rp 5 jutaan)
  2. Underwater Housing (harganya berkisar antara Rp 80 ribu – Rp 200 ribuan)
  3. Camera Dome For Action Cam (harganya berkisar antara Rp 500 ribu – Rp 1,2 Jutaan)
  4. Camera Handle (harganya berkisar antara Rp 300 ribu – Rp 400 ribuan)
  5. Anti Fog (harganya berkisar antara Rp 14 ribu – 20 ribuan)

Harga aksesoris tersebut bisa kamu sesuaikan dengan budget dan action cam yang dimiliki. Selain itu juga mudah ditemukan dan dijual di beberapa online shop. Tetapi ada juga beberapa tutorial di youtube yang memberikan resep dome sendiri dengan harga yang lebih terjangkau.

Nah, setelah kamu mempunyai peralatannya. Coba deh tips di bawah ini agar hasil fotomu terlihat semakin kece.

Pastikan underwater housing kamu tidak bocor atau rembes air, caranya bisa menggunakan tissue

Sebelum Action Cam kamu masukan ke dalam air, pastikan underwater housing kamu tidak bocor atau rembes air. Caranya tutup rapat housing terlebih dahulu tanpa ada action cam di dalamnya. Kemudian masukkan kedalam air dengan kedalama secukupnya atau sekitar 30 m. Setelah itu angkat kembali housing dari dalam air, buka housing tersebut, kemudian lap bagian dalam housing. Jika tisu yang anda lapkan ke bagian dalam housing basah berarti housing kamu ada kebocoran.

Pastikan housingmu tidak mengalami fog untuk menghindari hasil foto buram, caranya dengan menyesuaikan suhu di dalam air

Usai memastikan housing aman, segera masukkan action cam ke dalam air sehingga suhu kamera sudah sesuai dengan suhu air. Tentu saja hal ini untuk mencegah munculnya fog yang bisa membuat foto menjadi buram. Jika terlalu lama membiarkannya akan membuat housing berembun. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan anti fog, benda ini sangat kecil mungkin hampir seperti kapas yang sedikit padat. Cara pasangnya sangat gampang dengan menyelipkan anti fog ke casing waterproof.

Lakukan percobaan foto, pepatah bilang,“practice makes perfect”

Untuk membiasakan dirimu dengan teknik fotografi split underwater, kamu nggak usah malu untuk latihan di kolam dulu. Kolam renang memiliki air yang relatif tenang dan tak begitu berombak. Kamu bisa membiasakan diri dulu di sana sebelum menerapkannya pada air di danau atau di laut terbuka.

Hindari bintik-bintik air pada lensa dome atau housing camera, caranya dengan menggunakan sabun bayi

Memang sulit untuk menghindari lensa dome dari bintik air. Padahal untuk mendapatkan foto yang bagus, harus dipastikan bahwa lensa dome sudah terhindar dari bintik-bintik air. Jika terdapat bintik air, gunakan sabun bayi agar bintik air hilang. Untuk mengatasi hal ini kamu harus sabar dan jangan tergesa-gesa.

Ambil gambar dengan tenang, rileks, dan sabar. Utamakan mengambil gambar untuk fokus terhadap obyek tertentu

Salah satu cara agar gambar menjadi lebih bagus adalah rileks. Jangan terlalu grogi yang bisa membuat foto yang kamu abadikan bisa buram. 

Jika kamu hanya sekedar membawa action cam tanpa bisa fokus pada objek yang diambil akan menyebakan kurang maksimalnya hasil tembakan. Disarankan agar lebih fokuskan objek yang berada di bawah air, panorama atas bisa menyesuaikan.

Satu lagi, masalah kesabaran dan timing yang tepat. Split underwater punya tantangan tersendiri. Semisal menyesuaikan timing yang pas antara ombak, objek fotomu dan kamera butuh kesabaran yang ekstra.

Siang hari adalah waktu yang paling disarankan dalam mengambil foto split underwater. Foto objek dengan membelakangi sinar matahari agar tidak terlalu banyak exposure

Agar fotomu bagus, lebih baik mengambil gambar dengan membelakangi arah datangnya cahaya. Pencahayaan yang bagus akan membuat fotomu terlihat semakin sempurna. Untuk itu sangat disarankan untuk mengambil gambar di siang hari, saat matahari tengah bersinar cerah. Cahayanya bisa menembus sempurna ke dalam air.

dilansir dari: kamerakecil.com

Artikel lainnya:

1. Survival Kit yang Wajib Dibawa Saat Berpetualang di Alam

2. 5 Ide Liburan Seru Meski Dilanda Musim Hujan

3. 4 Keuntungan Pesan Hotel Secara Online


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply