Siapkan Dirimu! Tujuh Festival Wisata Keren di Bulan Agustus



Ada tujuh festival seni dan budaya yang bisa dinikmati di bulan Agustus 2016. Karena selain bentang alam yang indah, Indonesia juga dikaruniai kekayaan seni dan budaya yang yang beranekaragam dari tiap-tiap daerah. 

Untuk itu, Kementerian Pariwisata terus melakukan promosi yang mencakup tiga produk pariwisata utama, yaitu wisata alam, wisata budaya, dan wisata ciptaan yang terdiri dari wisata MICE dan event.

Produk event menjadi salah satu produk unggulan yang digarap serius oleh pemerintah. Berikut festival wisata seni dan budaya di Indonesia yang akan berlangsung di bulan Agustus 2016:

Dieng Culture Festival

Festival ini merupakan acara tahunan yang digelar sebagai upacara ritual pemotongan rambut si anak gembel. Anak berambut gembel adalah anak bajang titisan Eyang Agung Kaladate dan Nini Ronce selaku leluhur warga suku Dieng. Maka dari itu pemotongan rambut anak gembel harus melalui ritual khusus yan kini dijadikan ajang Dieng Culture Festival.

Ritual ini telah menarik banyak wisatawan lokal maupun asing yang ingin melihat langsung prosesi upacara adat. Serunya festival ini tidak hanya pemotongan rambut gembel saja, kegiatan yang digelar pada 5-7 Agustus 2016 ini akan diramaikan dengan berbagai acara menarik.

Wisatawan dapat menyaksikan konser “Jazz atas awan”, festival lampion dan kembang api, juga festival film. Jangan lupa untuk mencicipi minuman khas Dieng yakni Purwaceng, menikmati kuliner khas seperti mie ongklok, tempe kemul dan manisan carica. 

(Baca Juga: Dieng Culture Festival Kembali Digelar Agustus 2016)

Festival Lembah Baliem

Lembah Baliem sudah dikenal sejak lama oleh turis asing karena tempatnya yang segar, hijau lagi asri. Tepat di lembah ini terdapat beberapa suku Papua diantaranya suku Dani, Lani dan Yali. Festival Lembah Baliem ini sebuah festival yang menghadirkan acara perang antar ketiga suku tersebut.

Digelar pada 8-10 Agustus 2016, Festival Lembah Baliem tidak hanya menyajikan pertunjukan seni, namun juga menggiring Anda untuk tahu lebih dekat kebudayaan berbagai suku yang menetap di kawasan tersebut. Banyak tradisi unik masyarakat Lembah Baliem yang akan dipertontonkan dalam festival tersebut, salah satunya adalah balapan babi.

(Baca Juga: Melihat Perang Antar Suku Di Papua di Festival Lembah Baliem 2016)

Sanur Village Festival

Sanur akan kembali menggelar Sanur Village Festival dengan berbagai event dan kegiatan yang lebih menarik dari tahun lalu. Memiliki banyak agenda, seperti festival layang-layang, lari gembira, bersih-bersih pantai, lomba memancing, hingga pertunukkan seni dan parade budaya, Sanur Village Festival menjadi event yang tepat bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Bali bersama keluarga.

Biasanya Sanur Village Festival akan berlangsung di akhir bulan Agustus, sama seperti tahun yang lalu.

Festival Bunga Tombohon

Festival ini merupakan acara hiasan bunga terbesar skala nasional yang sudah terkenal luas di mancanegara. Sesuai namanya, agenda ini berkonsep kegiatan yang berhubungan dengan bunga, diantara acaranya adalah turnamen kendaraan hias bertaraf internasional, kontes ratu bunga, pameran bunga/florikulutura internasional dan pagelaran seni dan budaya Nusantara.

Tahun ini Tomohon akan kembali menggelar festival bunga berskala internasional yang dikenal dengan nama Tomohon International Flower festival. Acara yang akan digelar 8 Agustus mendatang, melibatkan 8 negara tetangga, 30 kendaraan hias, dan ribuan tangkai bunga.

Jember Fashion Carnaval

Karnaval Internasional ini nantinya juga akan menampilkan perwakilan dari 10 negara se Asia Tenggara. Pemerintah Indonesia memilih Jember sebagai tempat penyelenggaran karnaval tingkat Internasional ini sebagai upaya dalam membentuk image Jember sebagai kota karnaval.

Kali ini, Jember Fashion Carnival akan mengusung tema “Reviva” yang berarti kebangkitan Indonesia di Berbagai Bidang. Aneka ragam kostum karnaval yang cantik, megah, dan semarak akan menghiasi sepanjang pagelaran karnaval. Bertempat di kota Jember, Wonderful Archipelago Carnival Indonesia akan digelar pada 24 Agustus hingga 28 Agustus 2016.

Jazz Gunung Bromo

Ini dia konsep festival yang jarang dihadirkan di belahan dunia, yaitu pagelaran Jazz di gunung Bromo. Sebuah festival yang paling hangat dan ditunggu oleh banyak wisatawan karena sensasi yang beda ketika musik benar-benar menyatu dengan alam.

Jazz Gunung Bromo ini diisi oleh musisi lokal dan juga musisi mancanegara. Walaupun namanya adalah Jazz, tapi acara ini tetap mengedepankan kualitas musik dan alat tradisional. Inilah keunikan dari beberapa acara Jazz di tempat lainnya. Acara Jazz Gunung Bromo akan diselenggarakan tanggal 19-20 Agustus 2016.

(Baca Juga: Jazz Gunung Bromo Kembali Digelar Agustus 2016)

Erau International Folk and Art Festival

Festival yang bertajuk Polewali Mandar Folk and Art Festival akan menampilkan seni dan budaya daerah Sulawesi Barat. Selain itu, festival akan diramaikan dengan parade seni, tari-tarian, dan penanaman pohon. Setidaknya, sudah 5 negara asing turut serta memeriahkan festival ini.

Festival ini nantinya akan diselenggarakan pada 29 Agustus hingga 5 September 2016 di taman, pantai, dan jalanan di Kota Polewali Mandar. Acara akan ditutup dengan upacara penutupan yang dilaksanakan di area pantai di Poliwali Mandar.

Menurut situs resmi Kutai Kertanegara, festival kebudayaan bertaraf internasional ini sendiri akan digelar pada 20-28 Agustus 2016. (rdw)

Leave a Comment