Situ Lembang: Sensasi Memancing di Oase Ibu Kota

Seorang anak dan seorang ayah tampak sedang menyiapkan joran pancing. Sambil sesekali bersenda-gurau, mereka memasang umpan di kail pancing. Ketika segala sesuatunya sudah siap, kail dilontarkan dan mereka dengan sabar menunggu umpan disambut ikan-ikan di danau hijau. 

Apa yang kamu lihat itu bukan pemandangan orang yang sedang memancing di tepian sungai, kolam, atau danau di alam bebas nan hijau permai. Mungkin kamu tidak akan menyangka jika pemandangan yang baru saja tersaji, terjadi di sebuah danau buatan, tengah kota Jakarta.

 

Taman Situ Lembang, Memancing di Oase Jakarta

Dari Taman Pasopati kamu dapat berjalan ke arah Jalan Lembang, berjalan sedikit lagi, dan akan bertemu sebuah taman nan asri di tengah komplek perumahan Jakarta. Di situ juga kamu bisa melihat danau buatan yang menjadi oase tersendiri di tengah panasnya ibu kota.

 

Sebagai salah satu fasilitas umum, Taman dan Danau Situ Lembang menjadi salah satu tempat favorit untuk sekedar melepas lelah, bermain bersama keluarga, atau memancing. Letaknya yang berada di tengah komplek perumahan memang jarang dilewati oleh kendaraan umum. Kamu yang ingin mencoba menikmati senja hari sambil bersantai atau memancing di sini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau berjalan kaki dari Stasiun Cikini atau Taman Suropati.

 

Di sekeliling danau kamu akan disuguhi hijau rerumputan, arena bermain anak, fasilitas fitness seperti di Taman Menteng, dan tentu saja danau buatan seluas mata memandang, menyejukkan mata dan menentramkan pikiran.

 

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian awal artikel ini, kamu juga dapat memancing di danau buatan ini. Beragam ikan memang sengaja dipelihara di sini, seperti ikan mas, mujair, gurame. Ada yang sumbangan dari warga sekitar, ada pula yang berasal dari Dinas Pertamanan. Penjaga taman mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut memang sengaja disebar agar dapat menarik perhatian pengunjung dan membuat taman ramai.

 

Anak-anak yang datang ke sini juga dapat menikmati wahana permainan di sini sambil bercengkrama dengan ayah ibu mereka. Kamu juga bisa mencoba alat fitness ringan seperti di Taman Menteng. Namun, banyak yang datang ke sini semata menikmati suasana danau di tengah panas dan hiruk pikuk kota Jakarta. Letaknya yang memang di tengah-tengah permukiman penduduk menunjang suasana yang tidak begitu ramai untuk duduk, berjalan-jalan santai sekeliling danau, atau diam menunggu umpan disambar ikan. Jika merasa lapar, tidak perlu khawatir. Ada beberapa penjual makanan di dekat taman yang siap melayani perut laparmu.

 

Untuk kamu yang mau datang ke sini malam hari, bersiaplah kecewa. Karena taman ini tidak dibuka 24 jam seperti taman-taman lain di daerah sini. Menurut pihak keamanan, selain sudah banyak taman yang buka 24 jam, hal ini juga untuk menghormati penduduk sekitar yang sedang beristirahat malam hari.

 

Untuk menuju ke sini memang tidak bisa menggunakan kendaraan umum langsung. Taman Situ Lembang data dicapai dengan kendaraan pribadi atau berjalan kaki. Letaknya tidak terlalu jauh dari Taman Suropati dan Jalan Surabaya.

***

Siapkan joran pancingmu, sedikit bekal dan umpan, lalu nikmati sensasi memancing di oase Ibu Kota kita, Jakarta.

 

Baca juga:

1. Rekam Jejak Kemerdekaan Indonesia di Museum Perumusan Naskah Proklamasi

2. Taman Suropati, Peneduh Ibu Kota Jakarta

3. Keindahan Tersembunyi di Belantara Jambi


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply