Situ Wanayasa Tempat Wisata di Purwakarta yang Kekinian



Purwakarta adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, terletak di sebelah tenggara Jakarta kurang lebih jaraknya 80 km. Orang mengenal Purwakarta dengan wisata Waduk Jatiluhur dan Cirata, bukan sejuk dan hijaunya daerah perbukitan. Terlepas dari keberadaan tempat wisata baru yang ada di daerah tersebut, belakangan Purwakarta mulai ramai dibicarakan.

Dengan sejuta pesona dan panorama alamnya yang menakjubkan serta masih banyaknya tempat indah yang tersembunyi, sebetulnya Purwakarta memiliki tempat keren yang belum diketahui banyak orang.

Foto Situ Wanayasa-Instagram by #situwanayasa

Spot obyek wisata keren yang ada di Purwakarta, di antaranya Situs budaya, situs bersejarah bahkan sampai air terjun yang indah dan sangat menyejukkan mata. Salah satu obyek wisata di Purwakarta yang bisa dijadikan rekomendasi untuk dikunjungi yaitu Wisata Alam Situ Wanayasa.

Obyek wisata alam Situ Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, kurang lebih 23 km sebelah tenggara kota Purwakarta. Obyek wisata Situ Wanayasa tepatnya terletak di Jalan Raya Wanayasa nomor 36, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, jawa Barat.

Foto Situ Wanayasa-Instagram by #situwanayasa

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah, di obyek wisata ini pengunjung juga bisa mencoba berbagai macam permainan. Dengan menaiki kapal bebek kayuh yang sudah tersedia, pengunjung bisa menikmati keliling danau, atau mungkin dengan mencoba kegiatan memancing ikan bahkan dengan melakukan jogging.

Situ Wanayasa atau Danau Wanayasa merupakan danau alam yang memiliki luas kurang lebih 7 hektar dan berada di ketinggian 600 MDPL, dengan temperatur udara rata-rata berkisar antara 17 sampai dengan 20 derajat Celsius. Situ Wanayasa dikelilingi pohon-pohon, bukit-bukit hijau dan air danaunya yang bersih juga alami. Danau ini memiliki latar belakang panorama Gunung Burangrang. Selain udaranya yang sejuk, Situ Wanayasa juga mempunyai keunikan yaitu adanya sebuah pulau ditengah danau, dimana terdapat makam RA. Suriawinata, salah seorang pendiri Purwakarta sekaligus Bupati Karawang ke-9, meninggal pada tahun 1827.

Foto Situ Wanayasa-Instagram by #situwanayasa

Untuk menuju pulau kecil yang ada di tengah Situ Wanayasa, telah dibuat jembatan semi permanen sehingga dapat dicapai dengan mudah, dalam tahun yang sama juga telah dilakukan penataan taman di tengah danau tersebut, antara lain penyediaan beberapa tempat duduk yang dapat dipakai pengunjung untuk bersantai.

Banyaknya sumber air di area dan di dalam Situ Wanayasa merupakan tanda bahwa Danau ini adalah danau alam, bukan danau buatan. Sampai saat ini kedalaman danau tersebut yang sesungguhnya belum diketahui karena air danau tidak pernah mengering sama sekali. Dengan memiliki bentuk seperti kuali sehingga membuat Situ Wanayasa menjadi sangat kokoh.

Pada masanya ada salah seorang tokoh yang disegani dan diangkat menjadi pengatur air dari Situ Wanayasa untuk kepentingan persawahan yang mengandalkan airnya dari danau tersebut, orang yang dimaksud adalah Eyang Tambak. Selain itu Eyang Tambak juga sering memperbaiki tambakan danau yang suka bocor dan mengurugnya di beberapa bagian yang tanahnya labil. Eyang Tambak diperkirakan hidup sektar abad ke-19.

Di lingkungan sekitar Situ Wanayasa sekarang ini banyak terdapat rumah makan atau tempat jajanan yang akan menggoda selera pengunjung. Bagi pengunjung yang hobi makan dan suka melakukan wisata kuliner, inilah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Pengunjung dapat melakukan agro wisata di Situ Wanayasa, karena dengan kesejukan udara yang dimilikinya dan hamparan panorama alam yang indah dari perkebunan teh, manggis serta perkebunan pala. Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga dapat melakukan kegiatan `garden party` sambil menikmati makanan khas dengan pala, maranggi dan kegiatan memetik buah manggis.

Situ Wanayasa dibuka 24 jam penuh jadi kapan pun pengunjung bisa datang ke obyek wisata ini, akan tetapi sampai saat ini biasanya pengunjung akan datang pada siang hari sampai petang. Tidak jarang pula ada pengunjung yang datang pada pagi hari hanya ingin merasakan sejuknya udara yang ada di sekitar danau tersebut. Sejuknya udara di pagi membuat warga sekitar tergerak untuk melakukan olah raga.

Untuk biaya masuk obyek wisata Situ Wanayasa, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Bagi pengunjung yang hendak datang ke obyek wisata ini bisa dibantu dengan menggunakan map yang ada di smartphone karena sudah diberikan titik kordinat langsung disambungkan dengan aplikasi tersebut.

Situ Wanayasa wajib masuk ke dalam daftar wisata yang akan dikunjungi, karena pesona keindahan alamnya yang kekinian.

Selamat berlibur!

@nisa/beberapa sumber

 

 

 

Leave a Comment