Strudel, Oleh-oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa Pulang

Mungkin sebagian orang masih asing jika mendengar nama makanan satu ini. Adalah strudel, kue berlapis yang terbuat dari pastry dan berbagai macam buah-buahan. Makanan ini menjadi oleh-oleh khas sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Konon, makanan ini menjadi makanan populer di sejumlah negara di Eropa.


Menurut catatan, strudel adalah kue yang populer pada zaman Hasburg Empire (1278–1780) di Austria. Diperkirakan, kue ini ditemukan oleh bangsa Yunani dan Turki. Mereka menyebutnya sebagai Backlava. Dari tahun ke tahun, strudel pun menjadi populer di Austria, Jerman, dan negara Eropa lainnya. Rakyat Jerman sering menyebutnya dengan apfel strudel. Sementara itu, yang menjadi favorit sejumlah negara tersebut adalah strudel yang berisi apel.

Di Kota Malang sendiri strudel sudah ada beberapa tahun yang lalu. Isi kuenya pun cukup variatif, seperti apel, pisang, cokelat, keju, stroberi, nanas, dan jeruk. Gerai strudel yang paling ramai dikunjungi adalah gerai milik artis papan atas, yakni Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar. Pasangan suami istri itu mendirikan usaha strudel di Malang berawal dari kunjungan mereka di Eropa.


Ditilik dari website internalnya, Teuku Wisnu dan Shireen sangat menyukai strudel. Ketika mereka sedang melakukan liburan ke Eropa, mereka pun membawakan oleh-oleh strudel untuk keluarga dan teman-temannya. Ternyata teman-teman dan keluarganya banyak yang suka. Sehingga tercetuslah ide untuk membuat usaha strudel.

Semenjak Wisnu sering datang ke Malang, dia berpikir mungkin cocok membuat strudel khas Malang. Sebab, Malang juga terkenal sebagai penghasil apel berkualitas. Strudel yang merupakan asli Austria ini kemudian dimodifikasi dan disesuaikan dengan taste lokal melalui chef profesional. Sehingga jadilah beberapa varian strudel khas Malang, dibarengi dengan berdirinya gerai pertama yang diberi nama Malang Strudel di Jalan Ardimulyo No. 14 Singosari, Kabupaten Malang.

Untuk menikmati strudel yang manis, renyah, dan gurih di Malang Strudel, Anda cukup merogoh kocek Rp 45.000 per kotaknya. Tak hanya di Singosari, gerai milik Teuku Wisnu ini juga membuka cabang di Kota Malang, yakni di Jalan Soekarno Hatta Kav 6, Jalan W.R. Supratman, Jalan Kawi, Jalan Diponegoro, dan di dalam Bandara Abdurrahman Saleh Kota Malang. (ed: ETS)

 

Naskah: Irfan Maulana | Foto-foto oleh Malang Strudel for Ulin-ulin


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply