Surga Belanja di Jakarta

Sumber foto header: www.keraperak.wordpress.com 

Belanja bisa menjadi ajang rekreasi. Karena ketika berbelanja, tubuh menghasilkan endorfin yang memberikan efek bahagia. Jakarta merupakan gudang barang dengan harga murah jika anda tahu di mana lokasinya. Beda dengan pusat perbelanjaan modern, di pasar-pasar berikut ini anda bisa mempraktekan seni menawar. Serunya lagi, sebagian penjual di pasar ini merupakan pedagang bermodal kecil. Membeli barang dagangan mereka berarti anda membantu kelangsungan hidup pedagang kecil

Pasar Taman Puring, Mayestik, Jakarta Selatan


Ingin berbelanja sepatu dengan harga miring? Tempat ini merupakan Surga bagi pecinta barang merk ternama tapi palsu alias barang kw. Beragam merk mulai dari Nike, Adidas, Caterpillar, hingga Converse tersedia dalam berbagai model dan warna. Harga produk tersebut bahkan bisa mencapai separuh produk aslinya. Karena Pasar Taman Puring terdiri dari kios-kios yang sesak penjual, usahakan datang saat bukan akhir pekan atau libur panjang. Tempat ini selalu ramai ketika mendekati liburan menjelang tahun ajaran baru atau lebaran.

Meski terkenal menjual barang dengan harga murah, kadang pedagang di Pasar Taman Puring tidak segan-segan memberi harga mahal untuk pengunjung yang terlihat seperti wajah baru. Jadi, tawarlah sebelum membayar sepatu. Berhubung barang ini tiruan, anda perlu memerhatikan detail bahan dan jahitan. Anda bisa menemukan barang serupa dengan kualitas berbeda. Semakin halus dan mirip asli, harganya semakin mahal. Selain sepatu, anda juga bisa berbelanja tas, baju, jam hingga suku cadang mobil. Tertarik? Datang saja langsung ke Pasar Taman Puring di kawasan Mayestik.


Pasar Asemka, Pinangsia, Jakarta Barat

Sumber foto: www.gedoor.com


Butuh berbelanja pernak-pernik atau souvenir nikahan tanpa kantong bolong? Atau ingin membeli pernak-pernik untuk dijual kembali? Anda bisa mempertimbangkan Pasar Asemka. Di pasar yang terletak di daerah Pinangsia, Jakarta Barat ini anda bisa menemukan berbagai aksesoris. Mulai dari kalung, bros, gelas, hingga manik-manik. Harganya akan lebih murah jika anda membeli dalam jumlah grosiran. Tempat ini juga menyediakan berbagai macam alat tulis yang dijual dalam bentuk grosir. Jika anda berencana datang ke sekolah atau bakti sosial yang membutuhkan banyak alat tulis sebagai hadiah, datang saja ke Pasar Asemka. Selain pernak-pernik, pedagang Pasar Asemka juga menyediakan barang untuk perayaan tertentu.

Mulai bulan Oktober, penjual di pasar ini banyak memperdagangkan pohon cemara tiruan, lilin, topi santa, dan pernak-pernik natal lainnya. Tiap menjelang lebaran, tahun baru, dan natal, mereka menyediakan kembang api. Pasar yang sering disebut sebagai Pasar Pagi Lama ini terkenal dengan koleksi perlengkapan pesta ulang tahunnya. Di sini gudang kertas kado,pita warna-warni,balon,topi pesta, hingga lilin. Pasar Gemrong, Jakarta Timur Dahulu, Pasar Gembrom banyak berisi pedagang sayur dan sembako. Selepas kerusuhan Mei 1998, beberapa pedagang yang tersisa memilih berjualan mainan dan alat tulis. Kini Pasar Gembrong menjadi pusat grosir mainan anak. Yang sebagian besar berupa mainan murah produk negeri Cina.

Jika jeli, anda bisa menemukan dakon, mobil-mobilan kayu, kincir angin, dan aneka mainan tradisional lain. Selain mainan, anda bisa berbelanja aneka alat tulis seperti pensil, crayon, buku tulis, dan tempat pensil. Karena banyak pedagang menjual grosir, anda akan mendapatkan harga lebih murah daripada membeli di toko lain. Pedagang di Pasar Gembrong mulai menggelar dagangan pada pukul 08.00. Sebaiknya anda datang pada pagi hari sebelum banyak pengunjung tiba.

Pasar Antik di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat

Sumber foto: jakarta.panduanwisata.id

Pasar barang antik ini terkenal dengan nama Pasar Antik dan Koper Jakarta. Pasar yang sudah ada sejak tahun 1960-an tersebut awalnya berisi pedagang barang loak. Lama-kelamaan, pasar barang loak tersebut ramai dikunjungi kolektor barang kuno. Hal tersebut membuat para pemilik kios mulai mencari barang-barang kuno untuk diperjual-belikan. Pasar Antik Jakarta pernah ditetapkan sebagai salah satu obyek wisata Jakarta di 1974 oleh Gubernur Ali Sadikin.

Di sini anda bisa menemukan keramik cina, kamera kuno, pemutar piringan hitam, hingga teropong bintang. Anda juga bisa menemukan benda tradisional seperti kalender batak, kain lawasan, dan wayang. Namun hati-hati, tidak semua barang yang ada di sini asli barang kuno. Anda harus jeli saat berbelanja karena pedagang kerap menjual replika barang antik. Namun, tidak ada ruginya datang ke sini untuk cuci mata bagi anda pecinta barang kuno.

Pasar Ular Permai, Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok

Sumber foto: nyongsohilait.blogspot.co.id

Pasar Ular Permai cocok untuk anda yang menyukai barang pecah belah dan keramik cantik. Beragam peralatan rumah tangga, seperti guci, pajangan dinsing, cangkir, tempat permen, yang terbuat dari bahan keramik dengan motif antik, banyak dijual di sini. Harganya bervariasi. Mulai Rp20.000 sampai jutaan rupiah. Pedagang di pasar ini juga menjual lampu-lampu gantung dari kristal kualitas impor. Jika bisa menawar, anda bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah daripada di pasaran. Tempat ini lokasi yang perlu didatangi jika anda ingin menghias rumah dengan guci dan vas




Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply