Taman Karang Resik, Wisata Kekinian dan Instagramable di Tasikmalaya



Taman Karang Resik adalah taman wisata yang berada di perbatasan antara Kota Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis, tepatnya beralamat di Jl. Mochamad Hatta, Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat. Dulu tempat wisata ini jadi salah satu tujuan utama warga Tasikmalaya untuk bertamasya yang sangat terkenal. Tempat wisata ini pada tahun 90-an sudah terkenal, tapi namanya belakangan ini makin turun dengan banyaknya fasilitas yang mulai rusak, ketinggalan zaman, dan akhirnya jumlah pengunjung pun mulai berkurang. Pihak pengelola tempat wisata ini dengan terpaksa menutup karena sepi pengunjung dan sudah tidak terurus lagi.

Foto Taman Wisata Karang Resik-Instagram #karangresik

Taman Wisata Karang Resik sudah beralih tangan kepada pemegang baru yang mau mengelola dan mengembangkan tempat ini untuk dijadikan tempat wisata yang modern dan kekinian pada akhir tahun 2016 dengan mulai dibangunnya proyek pengerjaan wahana yang baru yang akan memuaskan pengunjung. Banyak warga Tasikmalaya dan sekitarnya yang sudah menunggu dibukanya tempat wisata ini. Untuk Soft Opening tempat wisata Karang Resik  ini akan dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Tasikmalaya, yaitu pada tanggal  Oktober 17 Oktober 2017 yang dihadiri langsung oleh Bapak Budi Budiman selaku walikota terpilih.

Foto Taman Wisata Karang Resik

Wahana yang dimiliki Karang Resik sebelumnya seperti kolam renang mini, sepedah air, dan beberapa permainan anak lainnya. Sekarang Karang Resik memiliki wajah baru dengan dibuatnya wahana yang kekinian dan instagramable, banyaknya spot foto yang beraneka ragam bentuknya, latar pemandangan indah yang dibuat pengelola seperti Terowongan Bambu, Rumah Pohon, Little Farm House, Water Park, Taman Bunga, Viking Home Land, Camping Ground, Labirin, tempat kuliner yang keren, dan wahana permainan lainnya.

Foto Farm House-Taman Wisata Karang Resik

Banyaknya spot foto yang menarik memudahkan pengunjung untuk tidak susah memilih tempat berswafoto dan mendapatkan foto keren yang kekinian dan instagramable. Bangunan yang menarik dan menjadi pembeda dari kawasan wisata kreatif Karang Resik ini dengan wisata kreatif lainya di Indonesia yaitu adanya beberapa bangunan terbuat dari bambu.

Selain itu Taman Wisata Karang Resik sekarang ini menjadi tempat wisata terpavorit bagi warga Tasikmalaya juga Ciamis dengan banyaknya obyek wisata yang kekinian, banyak pula pengunjung yang datang dari kota lainnya di Jawa Barat, Jawa Tengah, ataupun dari Jakarta.

Jarak menuju obyek wisata Karang Resik dari pusat Kota Tasikmalaya tidak terlalu jauh, kurang lebih 2 km.

Foto Labirin-Taman Wisata Karang Resik

Dengan mempunyai luas sekitar 32 hektare, Taman Wisata Karang Resik menyuguhkan beraneka ragam kawasan atau wahana seperti wisata alam, atraksi, edukasi, wisata budaya dan kawasan agrowisata. Taman Wisata Karang Resik dibuka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Harga tiket masuk Taman Wisata Karang Resik cukup terjangkau hanya Rp15.000 perorang, belum termasuk harga tiket masuk wahana lainnya. Bagi pengunjung yang ingin menikmati wahana lain dikenakan biaya lagi, seperti Wahana Flying Fox, Farm House, Waterboom dan Arung Jeram harga tiketnya sebesar Rp20.000.

Foto Rumah Pohon-Taman Wisata Karang Resik

Pengunjung Taman Wisata Karang Resik tidak usah khawatir mengenai biaya kalau hanya mau berfoto selfie aja karena semuanya gratis. Spot selfie yang menjadi favorit para pengunjung di antaranya Rumah Viking, Rumah Pohon, Little Farm House, Water Park dan ikon-ikon kota di dunia.

Terdapat sebuah amphitheater di Taman Wisata Karang Resik yang biasa digunakan untuk pertunjukan pentas seni dan budaya, tempat ini mempunyai kapasitas sampai 1.000 orang penonton. Kadang area tersebut di pakai oleh band-band atau musik penghibur bagi para pengunjung yang yang datang ke Taman Wisata Karang Resik.

Taman Wisata Karang Resik dengan konsep agrowisatanya yang memiliki beberapa macam sayuran dan tanaman pangan bisa dipakai sebagai sarana edukasi.

Untuk pengunjung yang suka berbelanja tidak usah merasa khawatir akan oleh-oleh yang akan dibawa pulang, sebab di Taman Wisata Karang Resik juga dijual pernak-pernik khas Tasikmalaya dan bisa dijadikan souvenir. Di tempat wisata ini juga tersedia area kuliner yang siap memanjakan lidah pengunjung yang sedang berasa lapar.

Makin banyaknya selegram atau pun akun traveling mengunggah foto-foto bagus juga keren membuat Taman Wisata Karang Resik semakin terkenal.

Gimana tertarik untuk pergi liburan, tunggu apalagi ?

@nisa/beberapa sumber

Leave a Comment