Taman Topi tempat wisata tertua yang murah meriah di Kota Bogor



Berwisata ke kota Bogor tidak akan lengkap tanpa membawa pengalaman yang berkesan khususnya bagi anak-anak. Terdapat tempat wisata keluarga yang harganya murah meriah dan sarana berkumpul bagi keluarga, letaknya tidak jauh dari Stasiun Bogor tinggal berjalan kaki sekitar 500 meter dengan fasilitas arena bermain anak yang cukup lengkap, tempat wisata ini diberi nama Taman Topi Bogor dan dipastikan sebagai tempat wisata tertua di Kota Bogor. Lokasi Taman Topi berada di Jalan Kapten Muslihat No.16, Paledang, Bogor Tengah, Cibogor, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122.

Foto Taman Topi Bogor

Taman yang dulunya terkenal dengan nama Taman Ade Irma Suryani seperti tertera di tiket masuknya tertulis dengan nama Taman Ade Irma Suryani, seiring waktu berjalan taman ini lebih dikenal dengan nama Taman Topi. Destinasi wisata ini disebut Taman Topi karena atapnya berbentuk seperti topi, meskipun tidak semua atap berbentuk topi, ada juga yang berbentuk buah buahan.

Taman ini Ade Irma Suryani diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Yogi S.M pada tahun 1975 kemudian pada tahun 1985 resmikan kembali Taman Plaza Kapten Muslihat ini dengan luas area kurang lebih sekitar 23750m2. Semula Taman Ade Irma Suryani ini bernama Wilhelmina Park, nama Ratu Belanda yang berkuasa pada waktu itu. Pembangunan taman ini bersamaan dengan dibangunnya Stasiun Bogor (yang lokasinya bersebelahan dengan taman).

Awalnya tujuan pembangunan Wilhelmina Park sebagai tempat wisata untuk pendatang Eropa. Kemudian berubah namanya menjadi Taman Kebon Kembang. Nama Kebon Kembang sendiri sampai saat ini masih dipakai sebagai nama pasar yang ada di dekatnya. Taman ini juga sempat dijadikan terminal angkutan kota karena letaknya yang strategis dan pada pada tahun 1994 terminal di relokasi kemudian bekas arenya dijadikan Taman Ade Irma Suryani.

Foto Patung Kapten Muslihat @ragamtempatwisata.com

Dekat dengan Taman Topi juga terdapat Taman Muslihat. Semula Taman Muslihat ini terpisah, akan tetapi pada akhirnya dijadikan satu dengan Taman Topi. Taman Muslihat keberadaannya ditandai dengan adanya Patung Kapten Muslihat, seorang pejuang muda dari Bogor yang gugur di sekitar Taman Topi yang menjadi nama jalan di depannya. Area ini disebut Area Plaza Kapten Muslihat dimana di dalamnya terdapat tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan kendaraan beroda empat. Karena areanya yang sempit, jadi pada saat hari libur kendaraan roda empat dilarang masuk.

Bagi pengunjung yang hendak masuk ke Taman Topi tidak dikenakan biaya sedangkan untuk kendaraan roda dua harus membayar Rp3.000. Pengunjung baru akan dikenakan biaya ketika hendak masuk ke dalam Taman Ade Irma Suryani, dimana pengunjung harus membeli tiket seharga Rp.9.000 per orang.

Foto Tiket Masuk Taman Topi

Taman Ade Irma Suryani buka setiap hari dengan jam operasionalnya:

  • Senin-Jum’at jam  00-17.00
  • Sabtu Minggu Jam 08.00-18.00

Foto Panggung Permanen di dalam Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani banyak menawarkan berbagai macam wahana permainan untuk anak-anak, di antaranya: bom-bom car, Monorail, Helikopter, Gajah Terbang, Komedi Putar, Kincir, Flying Fox dan wahana yang baru saja dibuka adalah wahana bermain air. Di dalam taman ini juga terdapat panggung permanen yang biasa diisi oleh hiburan, selain itu banyak tersedia kantin dan kios. Bagi yang hendak membeli saouver terdapat toko kecil di belakang panggung permanen.

Untuk pengunjung yang bermaksud menikmati wahana yang berada di Taman ini dikenakan biaya mulai dari harga Rp6.000 sampai Rp15.000. Loket pembelian tiket masing-masing wahana pun tersebar di beberapa sudut Taman Ade Irma Suryani.

Foto permainan di Taman Topi Bogor

Berikut tarif masing-masing permainan yang ada di Taman Ade Irma Suryani:

  1. Perahu Air, Kereta Api, Mobil Antik, Kuda Poni, Kiddy Ride, Gajah Mini, Komedi Putar, Fancy Train, Kincir dan Helicopter, harga tiket @Rp6.000.
  2. Bom Bom Car, Istana Balon dan Flying Fox, harga tiket @Rp12.000, dengan durasi bermain sekitar 5 menit.
  3. Mandi Bola dan Balon Air, harga tiket @Rp15.000.

Bagi Mahasiswa atau Mahasiswi bahkan anak Sekolah Menengah Atas, Taman Ade Irma Suryani juga bisa sangat nyaman untuk dijadikan tempat berdiskusi pada saat hari biasa karena suasana area taman tidak ramai seperti hari libur.

Bagi anak-anak Kota Bogor dan sekitarnya, masuk ke taman ini sudah biasa bahkan merasakan beberapa wahana di area Taman Ria, sebutan tempat wisata sebelum namanya berubah menjadi Taman Irma Ade Suryani, Taman Topi, dan Plaza Kapten Muslihat, bukan main senangnya.

Setelah puas bermain dan berkeliling di Taman Ade Irma Suryani, pengunjung tidak usah merasa khawatir akan susah mendapatkan tempat makan karena sudah tersedia bermacam-macam kuliner baik tradisional maupun makanan cepat saji yang bisa pengunjung nikmati di Taman Topi.

@nisa/beberapa sumber

Leave a Comment