Taukah kita bahwa orang Jawa sudah memiliki Musik sebelum Candi Borobudur berdiri

Bicara tentang gamelan instrumen musik jawa, yang saat ini mulai terkenal lagi lewat ungahan video bule-bule yang begitu fasih memainkan gamelan dan juga berbahasa jawa dengan kromo inggil, membuat sebagian orang penasaran untuk mengexplore lebih jauh.

Banyak orang jawa percaya bahwa kebudayaan kita merupakan salah satu kebudayaan tertua di dunia. Kalau tidak percaya salah satunya adalah kita telah memiliki musik instrumen yang sangat tua.

Ingin bukti bahwa gamelan adalah salah satu musik tertua? Kalau kita berkunjung ke Candi Borobudur coba saja kita perhatikan relief-relief dan tidak hanya ambil photo istagramabel saja, perhatikan dengan seksama terdapat di relief Candi Borobudur, tidak hanya Candi Borobudur tetapi juga di Candi Prambanan.

Di dua candi itu yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan terdapat relief musik gamelan yaitu; kendang bertali yang dikalungkan di leher, kendang berbentuk seperti periuk, siter dan kecapi, simbal, suling, saron, gambang. Pada Candi Prambanan terdapat relief gambar kendang silindris, kendang cembung, kendang bentuk periuk, simbal (kècèr), dan suling.

Candi Borobudur dibangun pada tahun 800 sebelum Masehi artinya nenek moyang orang Jawa telah memainkan alat musik Gamelan jauh sebelum tahun itu. Gamelan merupakan ensemble musik yang menonjolkan metalofon, gambang, gendang dan gong. Irama musik gamelan khususnya pulau Jawa biasanya lembut dan mencerminkan keselarasan hidup, sebagaimana prinisip hidup yang dianut pada umumnya leluhur masyarakat Jawa.

Maka sebagai generasi muda penerus budaya leluhur kita, kita jangan mau kalau untuk lebih mengenal, mempelajari dan mempraktekan serta melestarikan budaya-budaya leluhur kita sebelum nanti kita harus belajar ke luar negeri untuk bisa mengenal budaya leluhur kita.

(By Nilea source ISI, wanita Indonesia, wikimedia)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply