The Amazing Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Lumajang-Jawa Timur, yang biasa terkenal sebagai kota pisang agung tersebut memiliki banyak potensi alam yang memukau, salah satunya pesona Tumpak Sewu berlokasi di Pronojiwo. Di sisi lain Tumpak Sewu yang berada di wilayah bagian timur Pulau Jawa tersebut memang surganya bagi pejalan yang menyukai trekking menantang, pun spektakuler. Air terjun ini selalu membuat setiap insan tertegun ketika melihatnya, dan memang lebih cantik jika dinikmati dari dua sudut, view panorama dari sisi atas dan bawah di mana air terjun mengalir.

Ada dua pilihan untuk menjangkau Tumpak Sewu, pertama akses dari Malang dan kedua via Lumajang. Keduanya memiliki jalanan yang sungguh ekstrim, jadi stamina harus dipersiapkan dari sebelumnya. Untuk via Lumajang kalian harus menuju Kecamatan Pronojiwo dan menikmati akses jalan beraspal yang berkelok-kelok.

Dengan biaya masuk berkisar 5000 rupiah, pengunjung akan menyaksikan keeksotisan pesona Tumpak Sewu dari view panorama terlebih dahulu. Tak ada yang diragukan lagi, Tumpak Sewu via panorama merupakan surga dunia yang sebenarnya. Kekuatan derasnya air terjun yang dipancarkan oleh indahnya Tumpak Sewu, tak ayal membuat para pengunjung enggan untuk beranjak melangkahkan kaki untuk pulang. Bagaimana tidak? Air yang keluar dari ujung tebing bak menyibak hutan dan sesekali tertutup dengan kabut, kemudian terbuka lagi, begitupun seterusnya.

Bukan hanya itu, air terjun yang memiliki ketinggian 120m tersebut tidak sah jika menikmatinya cuma dari satu sisi. Untuk sisi bawah pun wajib dilihat. Trekking menuju jatuhnya air memang sungguh menantang, butuh orang berfisik kuat untuk melewatinya. Karena harus melewati tebing kecil dan sedikit curam yang dialiri air dan licin, tangga yang cukup rapuh dan dilindungi dengan tali yang kuat untuk melindungi, batu-batuan turunan, kemudian tanjakan, lalu jembatan setapak.

Dengan akses jalan seperti tersebut, maka terbayarkan dengan melihat tebing perawan, yang konon menyerupai kelamin wanita. Tebing tersebut menjulang tinggi, jika orang bersanding dengannya bak semut yang merayap-kecil. Tak kalah menarik, Tumpak Sewu pun dilengkapi dengan goa tetes. Dengan jarak berkisar 700 meter dari sudut panorama, para pengunjung bisa menyaksikan eloknya tebing virgin yang berdiri gagah dan sesekali kabut menutup.

Meskipun untuk menikmatinya harus melewati sungai yang deras dan tali untuk pelindung, semua terbayarkan. Dengan berjalan berkisar satu jam jika tidak ada halangan, maka air terjun pun tampak dari sisi bawah, sungguh gagah. Ini yang wajib kalian coba!

Sejatinya, Air Terjun Tumpak Sewu merupakan lokasi liburan pilihan bagi wisatawan yang mencari petualangan hingga tempat relaksasi. Pun merupakan destinasi unggulan bagi mereka yang mencari air terjun dengan akses penuh tantangan dengan view yang terbayarkan. Tempat ini belum terlalu ramai sekali seperti tempat wisata pada umumnya karena beberapa wisatawan mempertimbangkan aksesnya, jadi masih sangat murni untuk disinggahi.

@inay


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply