Tips dan Panduan Traveling ke Karimun Jawa

Bisa ditebak, kamu pasti akan langsung teringat dengan Karimun Jawa ketika sedang membicarakan tentang Jepara. Yap, Karimun Jawa memang merupakan tempat wisata paling terkenal di kalangan penggemar traveling yang lokasinya berada di kabupaten Jepara.

Selain terkenal di kalangan pecinta traveling, Karimun Jawa juga menjadi destinasi favorite pengantin baru untuk menikmati Honeymoon.

Tak ada orang yang akan menolak jika diajak ke tempat seindah Karimunjawa. Kepulauan yang dijuluki Paradise of Java ini menjadi salah satu destinasi wisata bahari terbaik di kawasan Pulau Jawa.

Saat ini Kepulauan Karimunjawa dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang dikenal dengan nama Taman Nasional Laut Karimunjawa. Anda berencana mengunjungi Kepulauan Karimunjawa? Berikut kami sajikan informasi mengenai transportasinya.

 

Tips yang paling memudahkan untuk berlibur ke Karimunjawa adalah dengan mengetahui cara menuju Pulau tersebut dengan cara mudah dan hemat. Jadi diperlukan sedikit pengetahuan untuk mencapai ke pulau eksotik ini sehingga biaya yang akan Anda keluarkan termasuk harga yang murah.

Karena termasuk di dalam wilayah Kabupaten Jepara, maka untuk menuju Kepulauan Karimunjawa Anda harus terlebih dahulu menuju ke Jepara.

Namun demikian, secara umum terdapat dua cara yang bisa kita pilih untuk sampai ke Karimunjawa yakni melalui jalur udara serta jalur darat (yang disambung dengan jalur laut). Untuk jalur udara kita bisa menggunakan pesawat perintis Susi Air yang beroperasi dua kali dalam seminggu. Pesawat tersebut berangkat dari Bandara Ahmad Yani di Semarang menuju ke Bandara Dewandaru di Pulau Kemujan, Karimunjawa. Begitu juga sebaliknya

Karna alasan budget serta pengalaman, kebanyakan orang lebih memilih jalur darat-laut untuk sampai ke Karimunjawa. Untuk cara ini pun kita masih punya dua pilihan yakni via Semarang atau via Jepara.

 

Menuju ke Kota Jepara

Untuk mencapai karimunjawa yang paling ideal adalah dengan menggunakan jalur darat dulu menuju ke Jepara. Apabila Anda dari arah Semarang berarti tinggal mencari Bis dari Terminal Terboyo/Penggaron menuju Jepara. Harga yang cukup murah dari Semarang ke Jepara, yaitu tak lebih dari 20.000 rupiah per orang. Jika Anda berada dari luar Semarang, berarti Anda harus mencari angkutan yang tujuan utamanya adalah Jepara. Entah Anda dari Jakarta, dari Jawa Timur atau Jogjakarta, carilah angkutan yang menuju Jepara tersebut.

 

Penyebrangan Ke Laut Karimunjawa

Jika Anda sudah sampai Jepara, tujuan utamanya adalah mencari pantai Kartini.karena disinilah pelabuhan utama menuju Karimunjawa. Jangan lupa hari senin, rabu, sabtu. Kenapa? Karena penyebrangan ke Pulau Karimunjawa jadwal yang tepat adalah di hari-hari tersebut.

Ingat!!

Masalahanya, jadwal kapal yang akan membawa kita ke Karimunjawa adalah jam 7 pagi. Sementara kita harus sudah berada di Pelabuhan Kartini jauh sebelum itu.

Jadi anda mau tidak mau harus sampai di pelabuhan kartini sebelum jam 7 pagi.

Untuk penyebrangan adapun nama feri yang akan membawa kita ke Karimunjawa adalah KMP Siginjai dan Kapal Feri Muria dengan tarif Rp 30.000-Rp 60.000 untuk kelas ekonomi serta Rp 60.000-Rp 96.000 untuk kelas VIP. Dengan waktu tempuh ±4 jam, jadwal kapal ini juga bisa kamu cek disini

Adakah kapal lain?

Jika kamu lebih memilih perjalanan cepat, ada kapal lain dengan jadwal pemberangkan yang lebih siang yakni jam 9.00 WIB. Nama kapalnya adalah KC Express Bahari. Kapal cepat ini beroperasi setiap hari kecuali hari Kamis. Jeleknya, kita harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk kapal ini karna harga tiket yang paling murah adalah Rp 150.000. Kelebihannya, kapal ini akan lebih cepat sampai ke Karimunjawa. Hanya 2 jam. Jadwal kapal ini juga bisa kamu cek disini

Memilih Agen Wisata yang Bersahabat dengan Isi Dompet Kita

Alternatif lain untuk mencapai Pulau Karimunjawa yang hemat adalah dengan memilih paket wisata yang biasa di adakan oleh travel. Jadi Anda tidak perlu pusing-pusing mengatur perjalanan. Cukup manajemen travel lah yang akan mengurusi semuanya. Biro wisata karimunjawa selalu memberi informasi apapun yang dibutuhkan para wisatawan. Mulai dari alternatif kendaraan (bus, kereta api, pesawat, travel) dari kota tempat tinggal menuju jepara atau Karimunjawa. Selain itu biro wisata ini juga sudah memasukkan sebagian besar hal-hal yang dibutuhkan oleh wisatawan di Karimunjawa, seperti makan, penginapan (homestay, hotel, resort, cottage), kapal penyebrangan, alat-alat snorkeling, kamera underwater, guide, kendaraan yang di gunakan di Karimun jawa, dll.

Bulan Bagus Ke Karimunjawa

Bulan yang paling baik berlibur ke Karimun Jawa adalah April dan Oktober. Saat itu cuacanya sangat mendukung dimana angin tidak terlalu kencang serta ombak pun tidak terlalu tinggi. Di bulan-bulan itu juga biasanya pengunjung pulau ini cukup banyak. Di Bulan Oktober juga biasanya ada acara yang bertaraf internasional, namanya Karimun Jawa Sail. Acara tersebut mempertemukan kapal-kapal layar modern dari beberapa negara diseluruh dunia. Jika wisatawan ingin melihat, maka bisa mengatur acara liburan ke pulau karimun jawa di bulan tersebut.

Welcome to the Paradise of Java

Dan akhirnya, selamat datang di Karimunjawa. Banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan di kepulauan cantik ini. Mulai dari snorkeling, foto-foto di gosong (gundukan pasir di tengah laut), foto-foto di Bukit Love, kulineran di alun-alun hingga berenang dengan hiu di Pulau Menjangan Besar.

~Demikian sedikit tips travel wisata ke karimun jawa, semoga membantu. Selamat berwisata!

Penulis: Eric

Artikel lainnya:

1.Wow..Asyiknya Bermain dengan Hiu Kencana di Karimunjawa

2.Tak Hanya Wisata Bahari, Singgahlah di Ecopark Hutan Mangrove Karimunjawa

3. 8 Tempat Wisata Sejarah di Surabaya yang Wajib Dikunjungi


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply