Tips Lengkap Membawa Keperluan Saat Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Sumber gambar: entrepreneurship.wirausahanews.com

Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak orang sudah bersiap-siap mudik. Supaya bisa menempuh perjalanan dengan aman dan lancar, Anda mesti melakukan persiapan fisik dan juga bekal di jalan, terutama untuk perjalanan jauh. 

Lebaran adalah hari yang ditunggu-tunggu banyak orang Indonesia, karena identik untuk berkumpul dengan keluarga dan handaitolan di kampung halaman. Banyak orang bersiap-siap untuk mudik, agar mudik lancar selain mempersiapkan kendaraan, fisik tentu juga bekal agar perjalanan jauh nyaman.

Berikut adalah rekomdendasi bekal-bekal yang harus kita sipakan;

  1. Makanan dan minuman

Utamakan membawa makanan yang tidak mudah basi, buah-buahan, roti tawar dan selai, makanan ringan kemasan, apabila memutuskan membawa nasi, bawalah lauk pauk yang kering dan mudah dibawa dalam kemasan, serta jangan lupa membawa air minum secukupnya, apabila diperlukan membawa air jahe untuk menghindari masuk angin. Untuk kenyamanan apabila dibutuhkan membuat kopi dan tehe hangat bawalah air panas di termos.

  1. Bawa air mentah

Bawalah persiapan air mentah di dalam jerigen 5 liter atau bekas botol air minum mineral yang besar. Air ini berguna untuk mengisi radiator bila kurang atau untuk cuci tangan. Selain itu, berguna juga untuk yang membawa anak kecil/bayi yang tiba-tiba di tengah jalan "pup". Misalnya aja ketika kendaraan Anda sedang berada di tengah sawah/hutan yang sulit ketersediaan air.

  1. Bawa peta jalur mudik / smart phone

Jangan lupa membawa peta jalur mudik dan hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Sebaiknya peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll. Untuk alternatif yang kekinian jangan lupa menggunakan peta yang telah tersedia di smartphone untuk mencari jalur alternatif lainya, serta mengatahui titik-titik kemacetan agar dapat menghidari atau mengantisipasi.

  1. Mobile phone, power bank & chargernya

Sebelum berangkat charge HP Anda sampai penuh. Sebaiknya satu keluarga memiliki kartu provider yang berbeda agar di saat salah satu provider tidak terjangkau, masih bisa mengandalkan kartu yang lain.

  1. P3K

Jangan lupa membawa P3K atau obat-obatan yang biasa digunakan. Apalagi kalau ada yang memiliki sakit tertentu yang memerlukan obat khusus. Terutama siapkan juga untuk anak-anak, apabila membawa keluarga yang masih anak-anak.

  1. Bawa uang tunai secukupnya

Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM
banyak sekali dijumpai di daerah.

  1. Bawa permainan / CD / download apps musik

Agar anggota keluarga tidak bosan dan jenuh sepanjang perjalanan sebaiknya membawa alat-alat permainan yang bisa digunakan untuk bermain dikendaraan, serta music-musik favorit atau bisa digantikan dengan aplikasi musik kekinian yang banyak di aplikasi store smart phone.

 

  1. Khusus untuk ibu Menyusui

Mudik bukan rintangan untuk ibu bisa tetap menyusui kalau tetap berbekal beberapa perlengkapan menyusui, seperti apron, baju menyusui, breast pad, bra menyusui, pompa ASI, bantal menyusui, botol penyimpan ASI, air putih, dan hand sanitizer

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply