Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan



Liburan lebaran tinggal selemparan pandangan mata, itu adalah waktunya untuk liburan bersama dengan ditandai tradisi mudik yang bersamaan juga di seluruh wilayah Indonesia.

Mudik adalah tradisi tahunan yang selalu dipenuhi dengan berita macet bersama-sama bagi para perantau atau yang ingin berkunjung ke sanak saudara dan handai taulan yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua untuk berkumpul bersama di kampung halaman, masih selalu indentik dengan macet bersama untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi atupun angkutan umum.

Karena transportasi umum di Indonesia belum bisa memenuhi kebutuhan seluruh pemudik, pilihan yang paling banyak adalah menggunakan kendaraan pribadi selain irit juga seru bersama-sama keluarga di sepanjang perjalanan bisa sambil menikmati kuliner dan tempat-tempat wisata disepanjang jalur perjalanan mudik.

 

Agar aman dan selamat sampai tujuan mudik dan balik ke kota-kota asal bekerja berikut adalah tips mudik menggunakan kendaraan bermotor :

1. Cek keseluruhan kelayakan kendaraan.

Sebelum kita memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan bermotor jauh-jauh hari sebelum mudik, kendaraan bermotor harus dicek secara keseluruhan, mesin, busi,     aki, oli, air radiator, serta ban kendaraan. Jangan lupa juga untuk membersihkan dalamnya kendaraan untuk roda empat.

2. Siapkan makanan dan Minuman

Agar perjalanan aman dan mengantisipasi macet akan lebih baik apabila didalam kendaraan cukup makanan dan minuman selama berkendaraan, terutama untuk keluarga     yang memiliki anak kecil serta untuk mengantipasi batal puasa karena kondisi cuaca dan kemacetan.

3. Gunakan Sabuk pengaman / Helm

Gunakan sabuk pengaman untuk yang menggunakan kendaraan roda 4 agar apabila terjadi rem mendadak akan tetap aman, serta untuk menghindari hal-hal yang memicu keselamatan dalam berkendaraan. Begitu juga bagi pengguna motor/ kendaraan roda 2 selalu lindungi kepala dengan helm, jaket tebal, rompi penahan angin, sepatu serta sarung tangan, agar aman sepanjang perjalanan mudik.

4. Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap pengendara untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jika melanggar bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga bisa mencelakakan diri orang lain.

5. Pakai Headset

Disarankan untuk menggunakan headset ketika menerima telepon, jangan digunakan untuk mendengarkan musik.

6. Istirahat apabila Capek

Selama berkendara, sebaiknya tetap jaga kondisi badan tetap fit. Bila perlu, minumlah suplemen multivitamin agar kondisi badan tidak mudah drop dan ngantuk. Dan apabila mengantuk diwajibkan untuk meminggirkan kendaraan di tempat yang aman dan beristirahatlan sejenak agar badan siap lagi untuk berkendaraan. (Anis/Amie)

Leave a Comment