Tips Packing Liburan ke Pantai Indonesia Timur untuk Musim Kemarau ataupun Musin Hujan



Liburan ke Pantai setiap saat merupakan impian semua orang sibuk, baik hidup diperkotaan maupun di daerah. Berikut adalah tips cara packing yang bisa memenuhi kebutuhan selama liburan di Pantai terutama pantai-pantai di wilayah Indonesia Timur, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Maluku termasuk ke wilayah papua. Kadang kita menghabiskan banyak waktu untuk berkemas dan merencanakan berpetualang. Kita suka terlalu bersemangat karena kita akan pergi ke pulau atau pantai yang menyenangkan sekali.

Setelah kita memesan penerbangan, kadang kita tidak sabar untuk mengunjungi pulau atau pantai indah yang eksotis! Yang perlu kita lakukan berikutnya adalah packing barang-barang ke dalam tas dan juga menghitung mundur waktu, sampai kita seru mengejar penerbangan kita ke salah satu pulau surga yang kita mimpikan.

Yang harus kita ketahui untuk backpacking menjelajah pulau-pulau surgawi di Indonesia bagian Timur sebagai berikut;

Pertama adalah kita harus mempertimbangkan ketika kita merencanakan daftar aktifitas dan paket aktifitas selama liburan di pulau surgawi yang akan kita tuju adalah waktu kunjungan, apakah musim hujan ataukah waktunya musim kemarau. Kalau kita tidak suka bertemu banyak hujan pilihlah musim kemarau yaitu dari bulan April hingga bulan September dan apabila masih merasa nyaman ketemu rintik hujan sesekali maka bisa pilih jadwal liburan dari Oktober hingga bulan Maret.

Apa yang harus kita persiapkan untuk dibawa untuk ke pulau surgawi?

Foto Pantai Canggu oleh @ericbriggs

Pentingnya sinar matahari:

Semua pulau area Indonesia Timur, mulai dari Bali hingga Papua cenderung memiliki suhu udara yang panas dengan tingkat Ultra Violet yang sangat tinggi. Selama musim kemarau bisanya matahari akan bersinar 10 jam sehari, terdengar rasa surga untuk bepetualang dan mejelajah semua wilayah tujuan wisata kita dengan keseruan, dan untuk memastikan bahwa kulit kita tidak berubah merah meradang seperti kepiting rebus, maka membawa perlindungan dari sinar matahari adalah suatu keharusan.

Kacamata hitam -  Kita harus hati-hari karena matahari di wilayah Indonesia Timur jauh lebih kuat dari area Indonesia Barat terutama untuk wilayah sekitar pantai, jadi pastikan kita melindungi mata kita dari kerusakan akibat Ultra violet sinar matahari, dengan membawa sepasang atau dua kacamata UV filter favorite kita, selain melindungi kita dari UV juga membuat penampilan kita lebih chick untuk selfi dan di posting di IG kita masing-masing.

Tabir Surya – Kita tidak ingin setelah liburan dari pantai, membuat kulit kita merah meradang atau justru bersisik karena sengatan matahari yang tanpa perlindungan. Agar kulit kita menjadi tunning seperti wisatawan luar negeri, jadi kita harus melindungi kulit kita dengan memakai krim tabir surya atau sunblock dengan SPF bekualitas tinggi, pilihlah yang SPF nya diatas 50.

Aloe Vera Gel – Matahari yang sangat panas biasanya akan menyengat kulit kita, untuk memastikan kulit kita tidak dehidrasi setelah terkena paparan sinar matahari yang extrim selama seharian kita beraktifas di lautan, Aloe Vera Gel adalah hal wajib yang harus dibawa dan digunakan setelah bersih dan mandi dari semua aktifitas pantai. Kebetulan langi trend sehingga memudahkan kita untuk selalu memiliki persedian Aloe Vera Gel dan mudah dibawa kapanpun kita ingin liburan ke pantai.

Topi – Topi selalu akan menolong kita selain dari sengatan matahari yang extrim juga membantu penampilan kita tambah chick dan percaya diri, memudahkan kita untuk selalu tampil prima saat ingin photo selfi atau wefie bersama teman-teman perjalanan wisata.

 Sendal atau sepatu pantai – Wajib hukumnya untuk kita membawa sandal atau sepatu santai khusus di pantai, agar memudahkan kita dan memberikan kita kenyamanan seharian penuh apabila kita ingin beraktifitas di pantai atau sekitar pantai.

Foto Pantai Canggu oleh @ericbriggs

Kain Pantai - kain pantai adalah salah satu bagian terpenting untuk kita bawa dan kemas dalam tas pantai kita karena bisa multi fungsi dan membuat kegiatan kita sangat nyaman. Kain pantai bisa kita gunakan untuk menutup diatas kepala kita atau bahu kita atau kalau diperlukan bisa dipakai menjadi penutup seluruh tubuh melilit badan kita untuk perlindungan segera dari terik matahari. Bisa berfungsi juga sebagai penutup pasir apabila kita ingin tidur-tidur santai dengan membaca buku dipingir pantai. Serta penting sekali menjadi pengganti selimut atau alas tidur untuk menambah kenyamanan selama kita beristirahat. Dan apabila kita liburan ke Bali bisa juga sebagai penutup penting apabila kita ingin berkunjung di pura-pura atau tempat-tempat yang disucikan oleh warga lokal setempat. (selalu harus kita ingat untuk selalu menhormati agama dan budaya lokal setempat).

@nilea

Leave a Comment