TIPS SAAT PESAWAT MENDARAT DAN MENGUDARA AGAR TIDAK TERJADI GETARAN

Tindakan kecil diatas bisa berdampak besar terhadap keselamatan kita

Dalam dunia penerbangan dan perjalanan udara, ada banyak kebiasaan yang tidak kita pahami. Mengapa kita menaiki pesawat seperti yang kita lakukan? Mengapa kita harus mematikan smartphone kita? Mengapa kita harus mengembalikan kursi kita ke posisi "tegak lurus" untuk lepas landas dan mendarat? Selama kita memakai sabuk pengaman kita, apakah itu benar-benar penting?

Ya memang begitu. Seperti dilansir Condé Nast Traveller, meluruskan tempat duduk kita memang bisa menjadi perbedaan antara hidup dan mati. Alasan untuk mengembalikan tempat duduk kita ke posisi tegak lurus (dan juga untuk melipat meja) sangat penting karena berkaitan dengan melakukan evakuasi pesawat dengan aman jika terjadi keadaan darurat.

"Jalan keluar utama berada di atas atau di bawah lorong tengah di dalam pesawat menuju pintu. Tetapi ada juga jalan lain yang tidak terpikir oleh kita : yaitu dari jok jendela sampai ke gang, "Koordinator Candace Kolander, Keamanan Udara, Kesehatan, dan Keamanan untuk Asosiasi Petugas Penerbangan mengatakan kepada Condé Nast Traveller. Jika kita duduk di belakang kursi dalam keadaan tegak lurus akan bisa mencegah kita untuk sampai di lorong tengah semudah mungkin. Karena mayoritas kecelakaan terjadi saat lepas landas atau mendarat, sebab itu menjadi wajib selama fase penerbangan.

Administrasi Penerbangan Federal mengharuskan pesawat terbang dapat dievakuasi dalam waktu kurang dari 90 detik. Ini bukan penunjukan acak: 90 detik adalah waktu yang dibutuhkan untuk bahan bakar jet pesawat di tangki meledak. Tidak perlu dikatakan, jika terjadi keadaan darurat, kita seharusnya tidak pernah mengambil barang bawaan kita karena tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun juga membahayakan orang yang mencoba mengevakuasi pesawat dengan selamat.

Tentu, menaikkan sandaran kursi kita di tengah membaca buku yang mengasikkan, menonton film di pesawat, serta di saat kita dalam mimpi indah ditidur kita bisa menjadi ketidaknyamanan kita. Tetapi ini adalah harga yang sangat kecil untuk membayar apa yang akan berpotensi menjadi tindakan menyelamatkan hidup kita.

Source southernliving.com

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply