Traveling Sendirian? Ini Dia Tips Supaya Tetap Aman Meskipun Travel Sendiri



Traveling atau berjalan jalan kini menjadi sebuah kebutuhan untuk menyegarkan pikiran dan mencari suasana baru. Dan terkadang sesekali kita butuh yang namanya traveling solo atau traveling sendirian. Bukan berarti tidak ingin melakukannya beramai – ramai namun kita sebagai manusia juga butuh menikmati waktu sendirian. Kendala pastinya ada, apalagi jika anda tidak terlalu menguasai daerah traveling tersebut.

Hal itu tentu saja membuat kita terkadang was was dijalan, apalagi ini menyangkut keamanan. Untuk itu, disini kami akan membagikan tips agar anda bisa berjalan – jalan dengan aman, nyaman, serta tanpa rasa khawatir berlebihan seperti yang dilansir dari aol.com berikut :

1.Traveling di Siang Hari

Memang kejadian yang tidak diinginkan bisa terjadi setiap saat. Akan tetapi akan lebih aman setidaknya jika anda traveling pada siang hari. Pasalnya hal ini bisa meminimalisir tindak criminal, selain itu pada siang hari akan memudahkan anda untuk mencari tempat dan lebih banyak orang beraktivitas pada siang hari.

2.Jangan Terlihat Kebingungan

Walaupun anda benar – benar merasa asing dan tidak familiar dengan tempat yang anda datangi, berusahalah agar tetap tenang dan jangan terlihat seperti orang kebingungan. Jika anda tidak tahu jalan anda bisa bertanya kepada petugas yang anda temui, namun janganlah selalu terlihat kebingungan. Atau jika anda ingin membuka peta, ada baiknya untuk tidak melakukan itu di tengah jalan. Pergilah ke tempat tertutup seperti kamar mandi restoran untuk mencari jalan.

3.Ketahui Batasan Dirimu

Selain karena khawatir akan menjadi korban kejahatan di jalan, orang – orang terdekat anda pasti juga mengkhawatirkan kesehatan anda yang sedang pergi liburan sendiri. Oleh karenanya, ketahuilah batasan diri anda sendiri. Kalau memang anda cepat lelah dan rentan sakit jika bepergian dalam waktu lama, maka hindarilah mengunjungi tempat – tempat yang banyak dalam satu hari.

4.Manfaatkan Teknologi

Di zaman sekarang ini, teknologi benar – benar memudahkan kita dalam melakukan apapun termasuk jika ingin traveling. Banyak sekali situs situs yang menyediakan informasi mengenai kota tujuan, dari spot menarik, tempat penginapan, transport dan bahkan tempat makan. Dari harga dan review pun juga sudah banyak di internet, jadi tidak perlu khawatir akan tertipu.

Kendala Bahasa pun kini juga bisa teratasi dengan adanya aplikasi kamus, jadi anda setidaknya bisa berkomunikasi sedikit dengan penduduk lokal. Jangan lupa untuk mendownload aplikasi ini sebelum anda bepergian.

5.Simpan Kontak Bantuan.

Jangan lupa untuk selalu menyimpan nomor – nomor penting di tempat yang akan anda kunjungi. Jangan lupa pula siapkan kontak kontak keluarga serta kerabat anda yang berlokasi dekat dengan tempat yang anda tuju. Jika anda mengganti nomor ponsel selama liburan, ingat untuk selalu kabarkan nomor itu pada keluarga anda.

Itulah tadi beberapa tips agar solo traveling anda tetap aman. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment