Tumis Lurjuk, Masakan Khas Surabaya yang Langka



Banyak makanan khas yang berasal dari Surabaya. Kita kenal rawon atau rujak cingur. Tapi tumis lurjuk?

Tumis lurjuk tergolong makanan khas Surabaya yang sudah langka. Saking langkanya, di kota ini pun tidak banyak rumah makan yang menjualnya. Jumlahnya bisa dihitung dengan jari tangan.

Lurjuk, ada juga yang mengejanya lorjuk, adalah hewan laut golongan kerang-kerangan. Bentuknya kecil memanjang bercangkang. Panjangnya sekitar 5 cm. Biasanya hewan ini diolah sebagai keripik dan dijual untuk oleh-oleh. Kadang digoreng bersama kacang tanah untuk menambah aroma gurih kacang.

Di beberapa restoran, lurjuk dihidangkan sebagai tumis. Salah satu restoran yang menyediakan menu ini adalah Restoran Mutiara yang berada di jln Manyar Kertoarjo.

Cara Masak Tumis Lurjuk

Cara memasaknya sederhana. Lurjuk yang sudah dipisahkan dari cangkangnya direbus sampai matang lalu ditumis dengan bumbu kecap manis, kecap asin, cabai merah, gula putih, bawang perei, bawang merah. Seng-oseng-oseng hanya dalam tempo beberapa menit, masakan sudah matang dan siap dihidangkan. Karena bumbu utamanya kecap, warna masakan ini pun cokelat kehitaman.

Bentuk lurjuk ini sekilas seperti ceker ayam yang dipreteli. Rasa dagingnya mirip kerang-kerangan pada umumnya, kenyal, gurih, sedikit manis. Selaras dengan rasa bumbunya yang juga gurih-manis kecap. Tidak terlalu asin, juga tidak pedas sama sekali.Satu porsi biasanya berisi sekitar setengah ons lurjuk. Pas untuk satu orang.

Lurjuk merupakan jenis kerang-kerangan yang jarang dijumpai, bahkan di pasar ikan sekalipun. Hewan ini juga musiman, biasanya keluar ketika air laut sedang pasang. Restoran Mutiara punya langganan tetap penyuplai lurjuk dari Madura. Sekalipun lurjuk hewan musiman, kapan pun Anda memesan menu ini selalu tersedia.

Selain Restoran Mutiara, tumis lurjuk juga bisa ditemukan di restoran Ria Galeria yang berlokasi di Jalan Bangka No. 2-4, Surabaya, Jawa Timur. Restoran ini berdiri sejak 1985. Beragam hidangan khas Jawa Timur terdapat di sini. Konon, ini restoran favorit mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono, istri mantan Presiden SBY.

“Lorjuk makanan favorit Bu Ani dan Mas Ibas (istri dan putra Susilo Bambang Yudhoyono), kalau ke Surabaya, mereka pasti mampir makan di sini,” kata pelayan di sana dikutip Tribun News.** (ade/sumber: Wisata Jajan Surabaya, Penerbit Intisari--2008)

Leave a Comment