Ukiran Indah Suku Asmat

Suku Asmat adalah suku yang cukup besar di Papua. Keunikan dan sejarah budaya di Suku Asmat yang sangat unik dan menarik ini ternyata memiliki keahlian seni mengukir yang terkenal. Keindahan ukiran yang diciptakan para seniman Suku Asmat ini mampu terkenal hingga mancanegara. Suku Asmat menggunakan keahlian ukir mereka untuk menggambarkan kisah kisa heroik, mistis atau aturan aturan adat lainnya dengan tujuan antara lain sebagai sarana kelangsungan tradisi, sarana pembelajaran dan penghormatan kepada roh leluhur.

Ukiran yang dibuat oleh Suku Asmat memiliki ciri khas tersendiri yang membuat ukiran tersebut berbeda dengan ukiran dari daerah daerah lain. Penggambaran tentang alam, makhluk hidup dan kegiatan sehari hari akan sering kalian temui di setiap ukiran Suku Asmat ini. Secara umum, ukiran Suku Asmat ini memilik makna dan tujuan sebagai simbol penggambaran atas kelahiran nenek moyang. Motif seperti hewan, pepohonan dan manusia menunjukan kepercayaan mereka terhadap kekuatan yang dimiliki oleh alam.

Walaupun seni ukirnya yang sangat mengagumkan, tidak semua warga Suku Asmat mampu menjadi seorang pengukir. Kemampuan mengukir biasanya diturunkan dari generasi ke generasi yang umumnya dilakukan oleh kaum pria. Namun, pada Suku Asmat modern ini dapat mempelajari berbagai seni mengukir untuk mereka yang tidak memiliki bakat mengukir. Selain menghasilkan seni yang indah, kini seni mengukir pun dapat dijadikan sebagai mata pencaharian bagi Suku Asmat.

Ukiran yang diciptakan oleh Suku Asmat adalah sebuah kebanggan bagi bangsa Indonesia. Dari seni ukir yang diciptakan oleh para warga Suku Asmat akan membuat Indonesia terutama Papua menjadi sorotan diseluruh dunia. Maka dari itu, setiap bakat yang terciptakan oleh Suku Asmat ini harus diwariskan turun temurun agar budaya seni ukir Indonesia khususnya Papua dapat terjaga dengan baik dan tidak dilupakan. (sumber: indonesiakaya)

Baca Juga

1.Keindahan Taman Nasional Wasur Papua

2.Melancong Sambil Menikmati Keindahan Papua Barat

3.Halaika, Tradisi Unik Suku Boti


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply