Weekuri, Laguna Indah nan Jernih di Tanah Sumba

Indonesia punya segalanya untuk urusan keindahan alam mulai dari hutan, gunung, pantai dan lautan yang akan selalu memanjakan imajinasimu. Apalagi wilayah Indonesia bagian Timur, masih tersimpan beragam pesona yang belum banyak terjamah manusia. Salah satunya ialah Weekuri, Laguna indah nan jernih yang berada di tanah Sumba.


sumber foto: marischkaprudence.blogspot.co.id

Aslinya, laguna ini merupakan “danau” yang berbatasan langsung dengan laut, dengan kombinasi air tawar dan air laut yang menghasilkan sensasi thermocline, kadang serasa dingin, dan kadang hangat serta air yang bening seperti kaca, godaan besar yang membuatmu untuk berenang disini.

Buat kamu yang merasa seorang traveler, Weekuri adalah list wajib yang patut dikunjungi.

Danau Weekuri memang identik dengan danau air payau yang masih jarang ditemukan di daerah lain di Indonesia. Air payau di Danau Weekuri tercipta melalui air laut yang masuk dari celah-celah tebing dan menyatu dengan air tawar di danau lagoon ini.

Suasana sepi dan alami membuat danau ini makin terasa milik pribadi. Bersih, tidak ada bekas-bekas sampah plastik yang menggunung karena memang belum banyak pengunjung yang ke danau ini.

Alami, tidak ada warung, rumah makan, bahkan rumah penduduk. Hanya terdapat hamparan semak belukar dan savana khas alam Sumba yang menambah suasana eksotik danau ini.

Hanya ada trekking untuk ke dataran tinggi, kamu bisa memandang luas danau Weekuri ini sembari mengabadikannya lewat kamera.


Sumber foto: breakout

Untuk kamu yang tidak puas hanya berenang saja, di Danau Weekuri terdapat spot yang tidak kalah cantik dengan lainnya. Disekeliling danau Weekuri memiliki trekking area di mana kamu bisa naik ke atas perbukitan untuk mendapatkan view pantai dan danau dari atas. Pemandangan menakjubkan akan kamu dapatkan, seraya berkata “Nikmat Tuhan Manalagi yang Kamu Dustakan”.

Sebelumnya Danau Weekuri ini merupakan area tersembunyi yang tidak memiliki jalur akses karena terlindung oleh lebatnya hutan. Keberadaan danau ini juga ternyata tidak diketahui secara luas oleh masyarakat, sampai pada suatu hari ditemukan oleh warga negara Perancis dan akhirnya akses jalur menuju ke lokasi tersebut dibuka.

Cara Menuju Ke Danau Weekuri

Danau air asin Weekuri terletak di wilayah Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Bagi anda yang ingin mencapai ke lokasi ini, yang pertama harus anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mencapai Tambolaka dengan menggunakan penerbangan. Dari Tambolaka barulah anda melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi selama kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan transportasi motor atau mobil sewa, sebab belum tersedia angkutan umum untuk melayani rute tersebut.

Artikel lainnya:

1. Keajaiban Pesona Danau Dua Rasa Labuan Cermin

2. 7 Hal yang Ingin Membuatmu Berlibur ke Wae Rebo

3. Mencari Ketenangan Sambil Menikmati Keindahan Pulau Moyo


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply