Wisata Alam di Lereng Gunung Salak Bogor yang Kekinian dan Instagramable



Jalan-jalan ke daerah Bogor mungkin sebagian orang sudah terbiasa, begitu juga dengan nama gunung yang terkenal di sekitar Bogor pun tentu sudah sering di dengar seperti nama Gunung Pangrango dan Gunung Gede atau bahkan Gunung Salak Bogor.

Foto Lereng Gunung Salak-Instagram by #lerenggunungsalak

Dengan semakin menjamurnya obyek wisata alam yang kekinian dan Instagramable, Bogor mempunyai beberapa destinasi wisata alam yang sangat menarik. Salah satu tempat wisata alam yang sangat menarik yang tidak kalah menarik dengan wisata alam lainnya adalah Gunung Salak Bogor. Bagi yang berjiwa petualang, wisata Gunung Salak Bogor sangat layak untuk Anda datangi.

Terdapat beberapa lokasi wisata menarik yang tersembunyi di Lereng Gunung Salak Bogor dan paling banyak dikunjungi pengunjung terutama pengunjung lokal. Berikut ini destinasi wisata tersebunyi yang ada di Kaki Gunung Salak Bogor, di antaranya:

Curug Cigamea

Foto Curug Cigamea-Instagram by #curugcigameabogor

Tempat wisata Curug Cigamea ini tepatnya berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Wisata Curug Cigamea masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor. Jalan menuju Curug Cigamea dari Kota Bogor, pengunjung bisa mengambil arah ke Kampus IPB Dramaga dan terus mengikuti jalan ke arah Leuwiliang. Setelah menempuh jarak sejauh 3-5 kilometer.

Ada beberapa jalan menuju Curug Cigamea, berikut adalah rute jalannya:

Pertama, pengunjung bisa melewati Cemplang atau yang dikenal dengan Cibungbulang, lalu menuju Kecamatan Pamijahan sampai ke Salak Endah.

Kedua, pengunjung dapat melewati jalur Cikampak sampai ke kawasan Salak Endah dan yang;

ketiga, pengunjung bisa melalui Cibatok sampai ke Salak Endah, atau bisa juga memilih jalur Tamansari-Gunung Bunder baru sampai ke Salak Endah.

Sebenarnya terdapat banyak air terjun atau curug yang bisa dijadikan obyek wisata di kawasan ini, akan tetapi Curug Cigamea lah yang dijadikan unggulan. Akses untuk menuju Curug Cigamea sendiri tergolong cukup mudah, pengunjung perlu masuk terlebih dahulu ke KTNGHS dan dikenakan biaya sebesar Rp10.000, kemudian membayar tiket masuk obyek wisata seharga Rp7.000 per orang.

Sepanjang perjalanan mulai dari pintu masuk sampai ke arah Curug, pengunjung akan diberikan pemandangan yang hijau akan rindangnya pepohonan juga hewan hutan seperti monyet.

Terdapat beberapa wahana bermain yang ada di Curug Cigamea ini yang harus di coba dan jangan sampai pengunjung lewatkan, antara lain flying fox. Untuk mencoba wahana flying fox pengunjung hanya dikenakan biaya tiket seharga Rp20.000 dengan begitu pengunjung sudah bisa menikmati keindahan panorama Curug Cigamea dari ketinggian. 

Berkemah atau camping

Foto Camping di Gunung Bunder-Instagram by #gunungbunderbogor

Gunung Bunder merupakan salah satu tempat asyik dengan sajian suasana teduh dan sejuknya udara yang dimiliki sangat tepat untuk dijadikan areal berkemah atau camping, baik bersama keluarga ataupun dengan teman-teman. Gunung Bunder adalah sebuah Desa di daerah Cibatok. Letak Gunung Bunder berada di kaki Gunung Salak, lebih tepatnya di wilayah Cibatok, Bogor, Jawa Barat. Kawasan Gunung Bunder mempunyai ketinggian sekitar 750-1050 meter di atas permukaan laut.

Untuk menuju Gunung Bunder dari Kota Bogor, pengunjung bisa mengambil arah ke Kampus IPB Dramaga dan terus mengikuti jalan ke arah Leuwiliang. Setelah menempuh jarak sejauh 3-5 kilometer kemudian, pengunjung akan menemukan papan petunjuk Gunung Gunder" di kiri jalan yang mengarah langsung ke kawasan Gunung Bunder.

Meskipun jalanan yang ditempuh berkelok-kelok dan banyak polisi tidur tetapi dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor, pengunjung akan mudah mencapai lokasi. Dari tempat parkir perkemahan hanya dibutuhkan waktu 5 menit lamanya untuk pengunjung berjalan kaki menuju ke areal berkemah.

Pengunjung yang hendak memasuki wisata Gunung Bunder akan diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp17.500 per orang satu motor atau Rp30.000 per dua orang untuk satu motor. Apabila pengunjung yang hendak berkemah tidak mempunyai atau membawa tenda dan sleeping bag, bisa menyewanya dari pihak pengelola. Kegiatan berkemah atau naik gunung adalah salah satu cara dan pilihan terbaik untuk bisa melepaskan penat setelah sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas sekolah anak-anak.

Perkemahan Gunung Bunder berpagarkan pinus lebat juga berukuran besar (“raksasa”) yang tumbuh di kiri dan kanan jalan menuju tempat camping tersebut. Gunung Bunder juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan mempesona lengkap dengan air terjun atau curugnya. Tidak hanya para pendaki saja bisa berkemah di wisata Gunung Bunder, pelbagai keluarga pun banyak yang menghabiskan waktu untuk berakhir pekan di obyek wisata ini karena lokasinya sangat mudah sekali dijangkau, areal ini juga bisa menjadi alternatif liburan.

Bagi yang berjiwa petualang dan para pendaki bisa melanjutkan perjalanan menuju ke beberapa puncak yang ada di Gunung Salak atau Kawah Ratu. Terdapat pula air terjun yang berada di sekitar perkemahan Gunung Bunder, para pengunjung bisa bermain ke tempat dimana Air terjun atau Curug berada. Air terjun yang dimaksud adalah Curug Ngumpet. Untuk menuju ke Curug Ngumpet, para pengunjung tidak usah khawatir akan memakan waktu lama karena jalannya sudah lebih bagus dan juga tidak berbahaya bagi anak-anak, selain itu lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan kaki hanya 300 meter dari areal berkemah Gunung Bunder dan dari pintu masuk pendakian ke Kawah Ratu, Gunung Salak.

Curug Ngumpet memiliki tinggi air terjun kurang lebih 6 meter, tatapi dingin dan derasnya jangan ditanya lagi. Pengunjung tidak usah takut akan kedalaman air terjun Curug Ngumpet, sebab tidak melebihi pinggang orang dewasa, jadi akan aman buat anak-anak bermain sepuasnya.

Terdapat beberapa kawasan wisata lain yang masih menyimpan beberapa air terjun atau curug yang tak kalah terkenal dan menarik dan ramai akan pengunjung, seperti Curug Seribu, Curug Cigamea atau Curug Gentong.

Selamat menikmati liburan!

@nisa/beberapa sumber

 

Leave a Comment