Wisata Edukasi Yang Menarik Di Kampung Coklat Blitar



Kampung Coklat Blitar merupakan tempat wisata yang sangat bagus. Mulai dari tempat-tempat berselfie, tempat nongkrong yang bagus,wisata edukasi seperti taman-taman bunga atau bernuansa kebun-kebun juga banyak bermunculan. seperti Kebun apel yang ada di malang, kebun durian yang ada di candimulyo Magelang. dan yang sekarang sedang naik daun yaitu kebun coklat di blitar atau yang kita kenal dengan “Kampung Coklat Blitar”. kampung coklat ini merupakan kebun budidaya warga di blitar sendiri yang kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata. Di sini kita di ajarkan bagaimana memanen coklat sampai dengan cara mengolahnya menjadi coklat yan kita liat sehari-hari.

Tiket Yang Sangat Murah Untuk Semua Umur

Tiket masuk ke kampung coklat Blitar ini sangat terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat. Cukup dengan harga Rp. 5000 kalian sudah bisa masuk ke kampung coklat ini. Dengan harga tiket yang sangat murah ini, tidak heran jika tempat ini banyak diminati para wisatawan. Biasanya tempat ini akan ramai pada saat liburan. Loket saat masuk ke kampung coklat blitar sangat menarik, pemandangan dan penataan tempat yang cantik banyak digunakan pengunjung untuk berfoto.

Lokasi Kampung Coklat

Kebun coklat ini berada di jalan Banteng Borok No. 18, Desa plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Biasanya buka dari jam 9 pagi. Lokasi kampung coklat ini berjarak sekitar 10 kilometer saja dari pusat perkotaan. Dan sangat mudah di jangkau baik dengan roda dua maupun roda empat. Kampung coklat blitar ini berada di kebun warga yang luasnya 750 meter persegi. Sangat luas dan pastinya sangat nyaman untuk kalian berwisata ataupun hanya nongkrong menikmati suasana kebun coklat.

Sejarah Kampung Coklat

Sejarah Kampung Coklat

Singkat cerita sejarah dari kampung coklat blitar ini bermula dari pak kholid mustofa. Pada awalnya pak kholid adalah seorang peternak ayam petelur. Yang kemudian mengalami kerugian yang sangat parah. Dan akhirnya mencoba berkebun coklat yang terlihat lebih memiliki keuntungan yang lebih menjanjikan. Tidak tanggung-tanggung bapak kholid mendalami ilmu berkebun coklat dengan magang di Puslit jember dan PTPN Blitar. Setelah kepulangan beliau dari PTPN,bapak kholid mengembangkan perkebunannya dengan mengajak rekan-rekannya di kelompok tani Gapoktan Guyup Santoso. Hingga akhirnya menjadi sebuah tempat wisata “Kampung Coklat Blitar” dan berkembang pesat sampai sekarang ini.

Keunikan Kampung Coklat

Kampung coklat ini mempunyai sangat banyak keunikan. Mulai dari dekorasi-dekorasi nya, fasilitas-fasilitasnya hinga menu-menu yang di tawarkan pun sangat unik. Dibawah ini keunikan dari kampung coklat :

  1. Kafe Kampung Coklat

Cafe Kampung Coklat

photo by @ksmtour

Di tempat ini juga dibuka sebuah kafe yang sangat nyaman untuk anda bersantai atau untuk nongkrong dengan teman-teman maupun keluarga, yang terkenal dengan nama “lounge”. Suasana yang sangat asri di bawah pohon kakao sangat cocok untuk merefresh otak ketika penat dengan kegiatan sehari-hari. Apalagi ditambah dengan menu-menu coklat khas kampung coklat yang sangat nikmat. Dengan dekorasi yang sangat menarik, tempat ini juga sangat cocok untuk berfoto. Tidak heran jika banyak remaja dan anak-anak muda yang berkunjung ke tempat ini.

  1. Cooking Class

Cooking Class Kampung Coklat

Di cooking class ini anda bisa belajar untuk menciptakan hal-hal yang unik dari sebuah coklat. Tempat ini juga cocok untuk anak-anak kecil untuk menambah wawasan mereka bagaimana mengolah coklat,menciptakan inovasi dari sebuah coklat,tetapi banyak juga orang-orang dewasa yang menjajal hal tersebut.

  1. Galeri Coklat

Kampung coklat blitar ini juga memproduksi olahan dari coklat dan di jual langsung disana. Galeri coklat ini lah tempat dimana produk-produk dari olahan-olahan coklat kampung coklat dijual. Souvenir,tas, baju dan oleh-oleh khas tempat wisata pun juga ada di sini.

  1. Kolam Terapi Ikan

Kolam Therapi Ikan

photo by @edwardfernando

Tempat yang sangat nyaman,rindang,dan asri di tambah dengan adanya kolam terapi ikan ini sangat menarik sekali. Menikmati menu olahan coklat dengan mencelupkan kaki kita ke kolam ikan dan di terapi pula, sangat nyaman dan bermanfaat pastinya. Manfaat dari terapi ikan yang bisa melancarkan sirkulasi darah dan menghilangkan stress menjadi tempat favorit para pengunjung.

  1. Balai Coklat Dan Live Musik

Jika kalian berkunjung saat weekend atau tanggal merah di balai coklat ini biasanya ada agenda live musik. kalian juga bisa untuk ikut bernyanyi di tempat itu, wah lumayan ya ,wisata sekaligus karaoke. Bagi kalian yang hanya ingin sekedar menikmati lagu di sini juga disediakan outlet minuman dari coklat pastinya, minuman teh,kopi,jagung bakar pun juga disediakan di outlet ini.

  1. Pulau Coklat

Kampung coklat ini memiliki sebuah tempat yang di sekitarnya terdapat air yang kemudian tempat ini dijuluki pulau coklat. Ditempat ini kita juga bisa menikmati pemandangan dengan menikmati menu-menu yang sangat enak. Yang bisa kita order di foodcourt yang ada di sebelah utara pulau coklat ini.

  1. Garage

Bagi pengunjung yang gemar berselfi dan menyukai barang-arang antik. Ada tempat yang cocok untuk kalian nih, yaitu garage. Di tempat ini disediakan spot selfi berupa barang-barang antik dan menampilkan pemandangan bernuansa tempo dulu yang sangat unik pastinya.

  1. Paket Wisata Edukasi

Sangat menarik dengan adanya peket tiket wisata edukasi. Terdapat dua paket wisata yaitu paket untuk edukasi yang terdiri dari paket A untuk anak PAUD dan TK dengan biaya 17.500 per anak. Paket B untuk sd dan smp dengan biaya 22.500 per anak. Dan paket C bagi SMA dan universitas dengan biaya 32.500 per peserta nya. Selain paket edukasi ada juga  paket untuk forum atau meeting terdiri dari paket A dan paket B juga.  Paket A dikenakan biaya 30.000 dan paket B dengan biaya 25.000.

  1. Produk Kampung Coklat

Bagi kalian yang ingin membawa oleh-oleh dari kampung coklat. Jangan khawatir disini terdapat produk-produk olahan dari coklat yang siap kalian bawa pulang.seperti:bar original, crispy, biji orange dan masih banyak lagi, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Demikian sekilas informasi-informasi dari kampung coklat,bagaimana? sangat menarik kan?. Dengan tiket yang sangat murah,fasilitas yang sangat menarik edukatif tapi tidak ketinggalan jaman. Banyak juga pengalaman yang bisa kita dapatkan dari tempat ini. Tempat ini cocok sekali untuk di jadikan referensi tempat anda berlibur baik dengan sanak keluarga ataupun teman-teman.

 

Leave a Comment