Wisata Kuliner Menikmati Ice Cream Legendaris di Zangrandi Surabaya



Bagi Anda pecinta ice cream jangan lupa untuk mampir ke kedai ice cream yang legendaris di Kota Surabaya, Zangrandi. Tak hanya ice cream lezat saja yang bisa dinikmati, melainkan suasana klasik di masa lalu juga bisa Anda rasakan di Zangrandi. Zangrandi pusat terletak di Jalan Yos Sudarso nomor 15, seberang Balai Kota Surabaya. Sedangkan cabang-cabang lainnya ada di Food Court Pasar Atum, Atum Mall, Bonnet Supermarket, Food Court Plaza Surabaya, Galaxy Mall, dan Tunjungan Plaza 3.

Zangrandi dibangun sejak tahun 1930 oleh Renato Zangrandi yang keturunan Italia. Sejak zaman penjajahan Belanda, kedai ice cream ini sudah digemari oleh banyak orang di kota pahlawan. Hingga saat ini, Zangrandi tetap eksis dan digemari oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang sering salah kaprah mengira bahwa ice cream ini berasal dari Belanda. Padahal ice cream di Zangrandi berasal dari Italia. Banyak orang salah kaprah mengira ice cream ini berasal dari Belanda karena Zangrandi berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Dikatakan bahwa Zangrandi merupakan kedai ice cream pertama yang ada di Indonesia. Bangunan yang digunakan merupakan bangunan berarsitektur Belanda yang menjadi cagar budaya di Kota Surabaya. Saat memasuki kedai ini, akan akan dimanjakan dengan meja dan kursi yang terbuat dari rotan untuk menikmati sensasi resep ice cream klasik. Nuansa kuno di tempat ini sangat kental. Beberapa gambar Kota Surabaya di masa lampau memberikan kesan vintage terhadap tempat ini. 

Beberapa faktor yang membuat ice cream ini menjadi cukup fenomenal karena ice cream ini dibuat secara home made dan selalu menggunakan bahan-bahan alami seperti susu sapi, buah-buahan, dan gula pasir. Walaupun teksturnya tidak selembut ice cream modern, namun cita rasanya terasa kental. Menu-menu ice cream yang bisa Anda nikmati antara lain Noodle Ice Cream, Soda Ice Cream. Chocolate Twinkle, Tropicana Fruit, Avocado Fudge, Zangrandi Pie, Crispy Basket, Macedonia, Horn, Banana Split, dan Royale Peach, Tutti Frutti, Surabaya Moon, Satay Ice Cream, dan Pudding Ice Cream. Ada juga Ice Taart dengan pilihan rasa Mocca Perfecto, Cassata, Rainbow, dan Black Forest. Ice Taart ini dijual dengan harga Rp 155.000 hingga Rp 295.000. Bisa juga membeli ukuran slice dengan harga Rp 2.000 sampai Rp 12.500 per slice.

Selain ice cream, Anda juga bisa menikmati beberapa camilan sebagai pelengkap seperti kroket, risoles, pastel, lumpia, siomay, nugget, pastel, dan kentang goreng. Kisaran ice cream maupun makanan yang ada di tempat ini sekitar Rp 22.000 hingga Rp 55.000. Tempat maupun menu yang ada di Zangrandi memang tak pernah berubah. Hanya inovasi-inovasi pada sajian ice cream-nya saja yang kadang berubah.

Anda perlu bersabar jika memesan menu di Zangrandi, karena setiap harinya kedai ice cream ini dipenuhi oleh pengunjung, terutama saat weekend. Kedai ice cream Zangrandi terletak di lokasi yang sangat strategis dan tepat berada di tengah Kota Surabaya. Anda bisa menikmati ice cream sekaligus bernostalgia dengan masa lampau Kota Surabaya. (Chyntia)

Leave a Comment