Wisata Kuliner Surabaya: Bebek Purnama, Kisah Yang Melegenda Sejak 1992

Ketika anda berkunjung ke Jawa Timur, khususnya Surabaya dan sekitarnya anda akan menemukan nama Bebek Purnama dengan sangat mudah. Ya,, nama kuliner ini begitu membumi sehingga memiliki jumlah cabang terbanyak di Surabaya. Namun tahukah anda mana cabang yang asli dari Bebek Purnama?

Tim ulinulin.com berkesempatan mengunjungi lapak Bebek Purnama yang asli setelah beberapa kali melakukan riset sebelumnya. Bertempat di Jalan Dinoyo no. 4 Surabaya depan eks Bioskop Purnama, bebek purnama sebenarnya tidak membuka cabang dimanapun termasuk di Surabaya. Jasuli pemilik bebek purnama mengkisahkan banyaknya warung menggunakan nama bebek goreng purnama bukan merupakan cabang dari usaha kuliner miliknya. “saya tidak pernah membuka cabang di surabaya apalagi di luar kota. Yang asli dan satu satunya ya disini di depan eks. Bioskop Purnama,” ungkap pria paruh baya ini.

Suami dari Mardiyah ini kembali menjelaskan sejarah awal dari usaha kuliner yang dirintisnya sejak 24 tahun silam. “Awalnya waktu pertama kali buka warung kakai lima bingung dikasih nama apa usaha bebek ini, namun akhirnya muncul ide pakai nama purnama karena letak warung yang dekat Bioskop Purnama. Jadi lebih memudahkan para pelanggan, maka jadilah Bebek Purnama sampai sekarang ini,” jelas pria asal Madura ini.

Tidak ada perbedaan yang mencolok dari Bebek Purnama dengan olahan bebek goreng pada umumnya. Cita rasa daging yang empuk, tidak terlalau kering, sehingga daging terasa juicy saat dimulut. Lalu apa yang membuat olahan bebek ini sangat digemari dikalangan pecinta kuliner kota pahlawan. Jawabnya ada di taburan serundeng, parutan kelapa yang disangrai ditaburi bumbu khas purnama kemudian digoreng kering menambah khasanah rasa lebih crispy warung makan yang berdiri sejak 1992 ini.

“Kalau bebek lain kan pakai kremesan untuk mendapatkan rasa crispy, namun di Bebek Purnama pakai serundeng. Itulah yang membuat warung makan ini beda dengan yang lainya, biasanya saya mampir makan disini setiap seminggu sekali bersama suami dan anak-anak,” tutur Eria pengunjung asal Surabaya.

Dengan mengelurkan uang sebesar Rp 15 ribu saja anda sudah bisa menikmati satu porsi legenda bebek surabaya. Dalam sehari bebek purnama hanya menyediakan 200-250 potong bebek, sehingga sangat disarankan kepada para konsumen untuk datang sebelum jam 9 malam jika anda tak ingin gigit jari begitu sampai di warung yang letaknya dekat dengan Pasar Keputran ini, karena pada jam makan malam bebek purnama sangat dipadati pengunjung. (Aditya Poundra)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply