Wisata Kuliner Surabaya: Citarasa Pedas Meledak Ledak Khas Bebek Mercon

Jika pada umumnya olahan daging bebek lebih sering dimasak dengan cara digoreng, kali ini dengan cara berbeda olahan daging hewan yang masuk dalam jenis unggas ini pun tak kalah sensasinya. Yap, oseng-oseng mercon namanya, mercon yang berarti petasan dalam Bahasa Indonesia memberikan citarasa pedas yang meledak-ledak di mulut.

Lidah masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya yang  gemar dengan kuliner yang bercita rasa asin dan pedas, membuat Shinta Loretta Lajceno pemilik Rumah Makan Bebek Mercon membuat inovasi dalam olahan kulinernya. Saat ditemui, dirinya menuturkan, penggunaan nama mercon sesuai dengan rasa pedas yang ditawarkan. “Mercon saya ambil pertama melihat dari sisi keunikannya, selain itu, lidah orang Surabaya yang doyan masakan pedas menjadi alasan kedua kami untuk menyajikan masakan bebek dengan rasa yang luar biasa pedas,” tuturnya kepada ulinulin.com.

Tekstur daging bebek yang empuk dipadukan dengan potongan cabai rawit dan ditumis dengan bumbu yang terdiri dari lima belas jenis rempah-rempah, membuat panganan ini memiliki aroma wangi yang khas saat disajikan, semakin harum dengan tambahan lalapan seperti daun kemangi dan irisian mentimun.

“Sangat pas jika disantap dengan satu porsi nasi hangat. Dijamin nafsu makan akan semakin bertambah,” ungkap wanita berusia 27 tahun ini.

Menu Bebek Oseng Mercon ini dibanderol dengan harga Rp 22 ribu sudah termasuk nasi putih hangat sepuasnya, selain itu varian bebek lainya yang dapat anda nikmati di depot yang beralamatkan di Taman Wisata Kuliner Jalan Kayoon 15 Surabaya ini adalah bebek hitam, belut penyet, dan ayam goreng, dengan harga masing-masing Rp 22 ribu, Rp 15 ribu, dan Rp 18 ribu.

Sekedar diketahui, usaha kuliner yang sudah berdiri sejak 10 tahun silam ini mampu mengahabiskan seratus ekor bebek dan 20 kg cabai rawit setiap harinya. Dan di Surabaya Bebek Mercon tidak membuka cabang, sedangkan di Jakarta, usaha kuliner milik wanita kelahiran Banyuwangi ini hadir di Kawasan Kalibata yang buka mulai pukul 10.00-22.00 tiap harinya. (Aditya Poundra)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply