Wisata Kuliner Surabaya : Kampung Lontong yang Wajib Kamu Kunjungi



Berkunjung ke Surabaya akan semakin lengkap jika Anda melakukan blusukan ke kampung-kampung atau gang kecilnya. Kota berlambang Suro dan Boyo ini dikenal sebagai kota bisnis dan wisata kulinernya. Di dalamnya menyimpan berbagai cerita dan sejarah yang wajib untuk didatangi. Semua itu dikemas dengan tagline 'Sparkling Suroboyo'.

Kota Pahlawan ini memiliki berbagai tempat wisata tematik ke kampung-kampung unik di Surabaya. Salah satunya bernama Kampung Lontong. Jika Anda ingin mengenal lebih dekat tentang Surabaya, Anda wajib mengunjungi kampung ini.

Kampung Lontong berada di Jalan Banyu Urip Lor gang 10 Surabaya. Tepatnya di wilayah Surabaya Barat dekat dengan eks lokalisasi Dolly yang sangat melegenda itu. Mengapa dinamakan Kampung Lontong? Ternyata, mayoritas penduduk di kampung ini memproduksi lontong.

Tentunya semua orang Indonesia tahu makanan tradisional bernama lontong ini. Berbahan dasar beras, bentuknya bulat terbungkus daun pisang dan mudah dimakan. Kerap kali, lontong digunakan sebagai makanan berat pengganti nasi. Selain itu, lontong juga sangat cocok jika dipadukan dengan rujak cingur, lontong balap, ketoprak atau makanan berkuah seperti gule.

Leave a Comment