Wow Ada Kura-Kura Raksasa di Lombok

Lombok bukan hanya dikenal dengan kota seribu masjid atau gudangnya tuan guru alim ulama, bukan pula pesona Gunung Rinjani yang memukau. Julukan Pulau Pantai juga pantas disandang Lombok karena pantai-pantai di Lombok menawan dan memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Sungkun.

Secara administratif terletak di wilayah Lombok Timur, pesona pantai ini sama dengan pantai eksotis lainnya di Lombok yakni menyuguhkan panorama pantai yang luar biasa dengan airnya yang biru, bening, dan dangkal.

Tetapi apakah keindahan Pantai Sungkun berhenti sampai di situ? Tentu saja tidak, ada satu hal yang menjadi daya tarik Pantai ini yang tidak dimiliki pantai yang lainnya, yakni terdapat sebuah gili (pulau kecil) yang diberi nama Gili Batu Dugong yang berbentuk laksana kura-kura raksasa.

Berada di sekitar 20 meter dari bibir pantai. Ya seperti kura-kura raksasa, gili tak berpenghuni ini kerap menjadi objek favorit sebagai foto landscape.

Gili Batu Dagong dapat dipandang dari dua sisi, yaitu Pantai Sungkun kiri dan Pantai Sungkun kanan. Pantai Sungkun kiri jaraknya ke gili kura-kura lebih dekat dan ada bukit disana, dari atas bukit inilah terlihat pemandangan Pantai Sungkun secara keseluruhan.

Selain itu di Pantai Sungkun sebelah kiri ini selain berpasir putih ada bebatuan keras yang mirip seperti susunan beton di bibir pantai. Di sini pantainya agak dangkal dan ombaknya cukup tenang. Sementara itu di Pantai Sungkun kanan, bukitnya tidak bisa dinaiki, keseluruhan dengan hamparan pasir putih, tidak ada bebatuan yang mirip susunan beton dan ombaknya agak tinggi. 

Untuk mencapai Pantai Sungkun, Anda bisa memilih dua rute, yaitu dari arah Pantai Surga dan dari Pantai Kaliantan. Dari kedua rute ini Anda akan membelah banyak perbukitan terjal dan jalan yang agak mengocok perut. Ingat, dari arah Pantai Surga Anda bisa memakai roda empat, tapi kalau dari arah Pantai Kaliantan cukup memakai roda dua, karena dari arah Pantai Kaliantan ini Anda akan melewati beberapa ruas jalan setapak yang cukup curam.

Dari arah Pantai Surga, Anda akan menemukan banyak kampung transmigran dan di sepanjang jalan Anda akan melewati perkebunan budidaya pohon jarak. Berbeda dengan dari arah Kaliantan, Anda tidak akan menemukan perkampungan, tapi yang jadi kelebihan apabila memilih rute dari Kaliantan ini, Anda bisa menikmati pemandangan indah pantai-pantai selatan di sepanjang perjalanan.

(rdw)

Artikel lainnya:

1. Tirai Cantik Air Terjun Benang Kelambu

2. Gunung Rinjani, Surga Kecil Singgasana Dewi Anjani

3. 10 Desa Wisata yang Lagi Hits Bagi Para Backpacker


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply