Wow..Asyiknya Bermain dengan Hiu Kencana di Karimunjawa

ULINULIN.COM, JEPARA - Siapa sangka jika hewan laut sekelas ikan hiu bisa asyik diajak bermain tanpa rasa takut dan tegang. Sebuah penangkaran bernama Hiu Kencana terdapat jenis hiu sirip putih dan dan sirip hitam berada di pulau Karimunjawa, tepatnya di pulau Menjangan Besar, para pelancong bisa menikmati sensasi bermain dengan penguasa samudra ini.


Berada di kolam penangkaran seluas 30x10 meter sebanyak tiga buah, hewan predator ini tak bekesan ganas justru sangat familiar dengan pengunjung. Meski terlihat menyeramkan nyatanya banyak wisatawan untuk bermain dengan menceburkan diri di kolom.
Di dalam kolam berkedalaman 1,5 meter ini, ikan-ikan hiu terkadang mendekati dan memutari kita. Jika pengunjung ingin dikelilingi hiu, penjaga kolam akan melempar ikan kecil untuk memancing ikan-ikan hiu mendekat.

Di dalam air berwarna hijau kebiruan ditambah pemandangan pantai dan laut yang indah, acara berenang bersama ikan-ikan hiu jadi pengalaman yang tidak mudah dilupakan. Sensasi dengan hewan penguasa laut ini jadi lebih menyenangkan dan bersahabat.

Sang pengelola Hiu Kencana, Cunmin (77), merintis tiga kolam hiunya sejak 30 tahun lalu sebagai daya tarik rumah apungnya yang berada di Pulau Menjangan Besar, salah satu pulau besar di Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Masing-masing kolam disi ikan hiu sesuai jenis usia agar perkembangannya bisa dipantau. Ada kuruan kecil sekitar setengah meter, ada yang satu meter dan ada juga ukuran besar lebih dari satu meter.
"Hiu Kencana selalu ramai dikunjungi karena jinak dan bersahabat. Sudah ada ratusan hiu saya tangkar, jika sudah besar saya lepas ke laut. Yang masih kecil kita pisah dalam perawatannya agar terpantau perkembangannya," ujar Cunmin.

Jika masih takut berenang dengan hiu, pengunjung cukup memberikan makan berupa ikan kecil yang dikaitkan di kail tanpa mata pancing. Kini sekitar ada 30 ekor hiu yang diberi makan tiga kali seminggu. Sekali makan, hiu-hiu peliharaannya menghabiskan 20 kilogram ikan segar.

Untuk menuju penangkaran Hiu Kencana di pulau Menjangan Besar, wisatawan harus menaiki perahu nelayan dari dermaga Karimunjawa cukup 10 menit perjalanan. Biasanya sewa perahu dinaiki sekitar 15-25 orang dengan tarif Rp.500 ribu - Rp.700 ribu, itu juga biasanya sudah termasuk wisata snorkeling laut.

Saat berada di kolam hiu, tips aman pun diberlakukan oleh penjaga kolam dengan tidak mencelupkan jari tangan kedalam kolam. Meskipun tetap aman sepanjang tak ada luka dan tidak bergerak yang mengagetkan, pengunjung bisa dengan nyaman berenang di kolam.
"Hiu tahunya kalau ada jari tangan mengira itu ikan kecil, jadi antisipasinya ya jangan mencelupkan jari tangan ke dalam kolam," terangnya.
Selain berenang bersama ikan hiu, wisatawan bisa berwisata ditempat lain. Ada sejumlah daya tarik wisata alam lainnya di kepulauan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimunjawa ini. Selain wisata bahari yang menonjol, seperti menyelam, snorkeling, memancing, pemandangan matahari terbit dan terbenam, wisata daratnya juga menarik. Sebut misalnya susur hutan mangrove, kemping, pengamatan burung atas 33 jenis burung darat dan pantai, susur goa, wisata religi ke makam Sunan Nyamplungan, dan Bukit Love dengan pemandangan hamparan pantai Karimunjawa. (arso11)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply