Yuk..Nongkrong Sehat dengan Segelas Jahe Rempah Mbah Jo Semarang

ULINULIN.COM, SEMARANG - Menikmati minuman tradisional ternyata bukan berarti berkesan kuno atau ketinggalan jaman. Di Semarang tepatnya disebelah barat lingkungan gedung pemerintah propinsi Jawa Tengah, berada dideretan ruko, minuman seperti jahe, temulawak, kunir, beras kencur dan aneka bahan herbal alami menjadi pilihan utama dinikmati.
Di tangan trampil sosok pak Bejo atau lebih akrab disapa mbah Jo dikalangan pelanggannya, minuman berbahan rempah-rempah herbal diraciknya menjadi minuman tak sekadar beraneka khasiat saja. Sebuah gaya hidup kebiasaan menyeruput pun dijadikan sebagai tongkrongan berbagai generasi dan profesi tiap harinya. Nama mbah Jo pun akhirnya resmi melekat juga pada nama kedainya, 'Kedai Jahe Rempah Mbah Jo'.
Semua generasi dari yang tua sampai muda bercampur disini, ada para PNS pemprov Jateng, polisi, karyawan swasta, bahkan awak media melepas waktu senggang disini.

Mbah Jo yang ditemani oleh anaknya membuat terobosan menu minuman baru dengan menambahkan aneka rempah-rempah seperti kunir, temu lawak, beras kencur. Hingga akhirnya minuman seduhan tradisional ini bisa dikatakan khas Semarang yang berasal darirempah-rempah herbal dengan bisa dinikmati tanpa berkesan seperti jamu.
Prosesnya cukup sederhana untuk menghasilkan segelas jahe rempah. Bahan-bahan tersebut dibersihkan dengan di cuci, ditiriskan lalu di tumbuh setengah kasar dalam loyang batu. Untuk manambah aroma dan sedikit menghilangkan rasa jamu ditambahkan rempah temu mangga dan dicampur dengan gula aren dan gula batu. Dimasukan dalam gelas lalu diseduh dengan air panas.

Meski los kios berukuran 4x4 m ini tergolong sempit, tapi tak mengurangi pelanggan untuk datang bahkan rela menunggu sampai halaman kedai. Di dalam bisa menampung sekitar 10 orang, jika sudah penuh bisa duduk dikursi halaman kedai agar suasana santai untuk nongkrong. Jam buka kedai mulai dari jam 6 pagi hingga jam 10 malam, setiap hari buka kecuali di hari Sabtu. Harganyapun sangat terjangkau cukup Rp.5 ribu saja.
Jahe Rempah ini menurut mbah Jo sangat berkhasiat untuk kesehatan badan, menghilangkan masuk angin, capek-capek, pegel linu. Ada juga bisa turunkan darah tinggi dan penyembuhan kolesterol, asam urat, diabet. Tentunya dengan ramuan khusus di luar jahe rempah.
Jangan lupa, ketika berwisata ke Semarang, mampirlah ke Warung Jahe Rempah Mbah Jo, dan rasakan sensasi minuman tradisional dari ahlinya. (arso11)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply