Ziarah ke Petilasan Prabu Siliwangi, Majalengka



Prabu Siliwangi nama yang karab bagi masyarakat Sunda. Raja Pajajaran yang dipercaya hidup pada abad ke-15. ini sangat terkenal. Istana Prabu Siliwangi memerintah dipercaya berada di wilayah Bogor kini. Namun, tempat peristirahatannya, atau petilasannya, berada di Majalengka. Sebuah tempat keramat berdiri di sana. Dinamakan Petilasan Prabu Siliwangi. 

Dari pusat kota Majalengka jaraknya sekitar 21 km. Persisnya di Kampung Pejajar, Kecamatan Rajagaluh, KabupaMasyarakat sekitar percaya di tempat ini Prabu Siliwangi menghilang.

Dalam kawasan wisata ini terdapat dua telaga, Talaga Emas dan Talaga Pancuran yang airnya dianggap suci oleh masyarakat. Sebelum melakukan ritual di petilasan tersebut, pengunjung diharuskan mandi bersih di dua telaga itu. 

Selain telaga dan petilasan Prabu Siliwangi, di kawasan wisata ziarah ini juga terdapat pohon bambu peninggalan Sukarno yang dari tahun ke tahun berjumlah 5 buah (tumbuh 1, mati 1). Selain keindahan alam, pengunjung dapat menyaksikan kera-kera liar di sekitar kawasan ini, dan berbagai jenis ikan langka yang terdapat di balong Cikahuripan. 

Selain itu di kawasan ini terdapat arena outbound (camping), kolam renang, dan Situ Cipadung yang berbatasan langsung dengan Desa Indrakila Kecamatan Sindang. 

Hutan lindung Petilasan Prabu Siliwangi luasnya mencapai 3 ha ang dibangun pada 2000/2001. 

Lokasi petilasan relatif mudah dijangkau dari pusat kota. Akses menuju lokasi sudah baik. Jalan sudah diaspal. Sebelum sampai situs, pengunjung melewati Kampung Pejajar. Di petilasan terdapat fasilitas seperti mushola, kios pedagang, tempat parkir, shelter dan toilet. 

Kawasan wisata hutan lindung ini memiliki berbagai kegiatan wisata (alam, ziarah, dan buatan) sehingga jadi unggulan Kabupaten Majalengka. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung dari Kabupaten Majalengka maupun dari daerah sekitar seperti Indramayu dan Cirebon.** (ade/sumber: Gagas Ulung, Wisata Ziarah, 2013) 

Leave a Comment