10 Buah Termahal di Dunia, Ada Yang Seharga Mobil!

ulinulin.com – Buah adalah salah satu makanan yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia. Beberapa bahkan ada yang diperintahkan untuk dimakan, seperti kurma dan tin. Sebab, vitamin yang terkandung di dalamnya sangat penting untuk tubuh manusia. Ada banyak macam buah di dunia ini dan masing-masing tentu memiliki manfaat, rasa, serta tekstur yang berbeda-beda.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan buah-buahan, bahkan ada beberapa jenis yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Sebagai salah satu hasil pertanian, biasanya buah-buahan dijual dengan harga yang terjangkau, terlebih untuk yang lokal. Sementara itu, untuk yang impor harganya lebih mahal.

Banyak yang mengira bahwa durian adalah buah yang paling mahal. Namun, ternyata ada berbagai jenis buah lain yang harganya jauh lebih mahal, tidak hanya di satu daerah saja, namun di seluruh dunia. Ada berbagai alasan dibalik mahalnya buah-buahan ini, misalnya sulit untuk didapatkan.

Nah, penasaran apa saja buah termahal di dunia beserta gambar dan harganya? Yuk, simak dulu:

1. Melon Yubari King

Harga: 300 hingga 675 juta rupiah

Melon Yubari King merupakan salah satu buah paling mahal yang ada di dunia. Jika dilihat secara sekilas, mungkin tidak ada yang spesial dari melon yang satu ini, bahkan terlihat sama seperti melon lain pada umumnya secara fisik. Namun, kabarnya melon jenis ini jauh lebih manis dan gurih.

Hal ini disebabkan karena Melon Yubari King didapatkan dari hasil perkawinan silang antara Melon Burpee dengan Earl’s dan dibudidayakan di dalam rumah kaca. Produksinya sangat terbatas dan merupakan salah satu yang terlangka. Kalian hanya bisa menemukannya di Kepulauan Hokkaido, Jepang.

2. Semangka Densuke

Harga: 77 hingga 90 juta rupiah

Tidak hanya melon saja, Jepang juga punya buah semangka termahal di dunia lho, yaitu Semangka Densuke. Harganya sangat fantastis, mencapai lebih dari 70 hingga 90 juta rupiah per buah, jauh sekali dari harga pasaran atau yang biasa dijual di berbagai supermarket.

Hal ini disebabkan karena produksinya sangat minim, yakni hanya tumbuh sebanyak 10 ribu per tahun. Meskipun warnanya sama-sama merah, kulitnya hitam, berbeda dari semangka lain pada umumnya. Kabarnya, rasa dari semangka yang satu ini juga sangat manis lho.

3. Anggur Ruby Roman

Harga: 50 hingga 145 juta rupiah

Anggur adalah buah yang identik dengan bentuknya yang bulat kecil dan warnanya yang ungu kemerahan serta harganya yang cenderung mahal. Tidak terkecuali jenis anggur yang satu ini, yaitu Anggur Ruby Roman. Sama seperti dua buah sebelumnya, anggur ini juga bisa didapatkan di Jepang, tepatnya bagian prefektur Ishikawa.

Jika dilihat secara sekilas, mungkin tidak ada yang berbeda dari jenis anggur pada umumnya. Namun, ternyata ukurannya adalah sebesar bola pingpong lho. Selain itu, anggur ini juga memiliki kandungan gula yang tinggi dan tingkat keasaman yang rendah.

4. Mangga ‘Taiyo no Tamago’

Harga: 38 hingga 44 juta rupiah

Taiyo no Tamago adalah raja dari seluruh jenis mangga di dunia. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, “Taiyo no Tamago” berarti telur dari matahari. Sesuai dengan namanya, kalian bisa lihat pada gambar di atas bahwa bentuknya sangat lonjong dan menyerupai telur. Berbeda dengan yang tumbuh di Indonesia, mangga yang satu ini memiliki warna merah dan ukurannya lebih besar.

Tidak hanya itu, kabarnya rasa mangga ini jauh lebih manis dan lezat daripada jenis lainnya lho. Hal ini disebabkan karena kandungan gula yang tinggi. Sebelum dijual, mangga ini juga harus melewati seleksi berat dan tingkat kemanisan.

5. Nanas Cornwall

Harga: 13 hingga 21 juta rupiah

Nanas adalah buah yg identik dengan warna kuning dan biasanya ditemukan di daerah tropis. Namun, jenis yg satu ini berbeda lho. Tumbuh di The Lost Gardens of Heligan, Inggris, nanas ini dibudidayakan dengan teknik viktoria, yakni menanam buah nanas di bawah tumpukan jerami, pupuk kandang, dan urin kuda untuk merangsang reaksi kimia.

Sejatinya, nanas merupakan buah tropis sehingga butuh perhatian dan tenaga ekstra untuk bisa tumbuh di daerah sub-tropis. Hal ini membuat nanas cornwall menjadi salah satu buah yg paling mahal di dunia. Meskipun terdengar jorok, kabarnya rasa nanas ini lezat lho.

6. Semangka Kotak

Harga: 10 hingga 11 juta rupiah

Ada lagi nih, semangka termahal sekaligus yg ada di dunia, yaitu jenis yg berbentuk kotak. Tentu saja, dapat kalian lihat dari gambar di atas bahwa semangka ini jauh berbeda dari jenis lain pada umumnya yg berbentuk bulat. Sama seperti semangka hitam, jenis yg ini juga tumbuh di Jepang dan baru diekspor ke negara lain pada tahun 2014.

Mengapa bentuknya bisa kotak? Hal ini disebabkan karena semangka ini tumbuh di dalam sebuah kotak. Pada awalnya, semangka kotak dibuat untuk memudahkan orang-orang saat memotong dan menyimpannya.

7. Stroberi “Sembikiya Queen”

Harga: 1,1 hingga 6,3 juta rupiah

Stroberi adalah buah yg identik dengan warna merah, bentuk yg kecil serta terdapat bintik-bintik dan rasanya yg asam. Harganya pun relatif mahal dibandingkan dengan buah lainnya. Tidak terkecuali jenis yg satu ini, yaitu Stroberi “Sembikiya Queen”. Sesuai dengan namanya, stroberi ini dijual di Pasar Sembikiya yg merupakan toko buah premium tertua di Jepang.

Jika dilihat secara sekilas, mungkin tidak ada yg membedakannya dengan stroberi biasa. Namun, sebenarnya warna stroberi ini lebih cerah lho. Selain itu, cara mendapatkannya pun juga cukup sulit. Berasal dari petani di daerah Kagawa, hanya 3% dari stroberi berkualitas yg dapat dijual setelah ditanam di rumah kaca.

8. Jeruk Dekopon

Harga: 1,1 juta rupiah

Dekopon adalah merk buah jeruk yg paling berkualitas dan pertama kali tumbuh pada tahun 1972. Dapat kalian lihat pada gambar di atas, secara fisik jeruk ini berbeda dari jenis lain pada umumnya. Jeruk ini memiliki ukuran sebesar softball dan juga benjolan di bagian atasnya. Tidak hanya itu saja, kabarnya jeruk ini juga diakui sebagai yg paling manis dan lezat di dunia lho.

9. Apel ‘Sekai Ichi’

Harga: 200 hingga 300 ribu rupiah

‘Sekai Ichi’ memiliki arti sebagai ‘nomor satu di dunia’. Benar saja, apel ini merupakan salah satu buah yg paling mahal di dunia. Apel ini bukan hasil rekayasa genetika, namun apel ini ditanam dengan hati-hati dan dipastikan bebas hama. Kabarnya, bahkan apel ini dicuci dengan madu untuk memastikan kebersihannya lho.

10. Pir Berbentuk Patung Buddha

Harga: 115 ribu

Ada lagi nih, buah yg unik yaitu pir berbentuk Patung Buddha. Sama seperti semangka kotak, pir ini juga tumbuh di dalam cetakan Patung Buddha lho.

Itulah daftar dari beberapa buah termahal di dunia beserta foto dan harganya. Wah, memang sangat fantastis ya! Namun, harganya bisa mahal karena beberapa alasan yg cukup masuk akal dan sebanding dengan kualitasnya kok.

Buat kalian yg suka makan buah, beberapa nama yg ada di atas tentu bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif ya. Namun, jika kalian cari buah yg lebih murah, masih banyak kok jenis lain yg harganya lebih masuk akal namun tidak kalah enak!

Perlu kalian ketahui juga, bahwa harga yg tertera di atas tidak bersifat mengikat sebelum terjadinya transaksi. Harga juga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari inflasi, sumber, ketersediaan, dan kualitas buahnya.