10 Cara Aman untuk Menghilangkan Milia pada Orang Dewasa

ulinulin.com – Apakah ada kista kecil yang menjengkelkan muncul di wajah Anda? Biasanya kista ini terlihat berkumpul di area mata, hidung, dan pipi atas. Tapi, tidak cuma di wajah saja, benjolan kecil-kecil ini juga bisa muncul di area tubuh lainnya, loh. Kista ini merupakan daging yang tumbuhnya abnormal, jadi mereka menonjol keluar. Nah, kista kecil ini bernama milia.

Apakah Anda pernah mendengar yang namanya milia? Bukan nama pacarnya Dilan, ya, hihi. Jadi, milia merupakan tonjolan berwarna putih atau kuning. Ketika tidak sengaja tersentuh kadang menimbulkan nyeri dan bisa pecah. Ketika pecah akan ada seperti cairan yang keluar. Tapi, sebenarnya milia ini tidak boleh dipecahkan, loh! Alasannya akan Kamini bahas nanti, ya.

Kenapa Milia Bisa Muncul?

* sumber: www.healthline.com

Milia terjadi ketika keratin terperangkap di bawah permukaan kulit. Anda mungkin tahunya keratin itu ada di rambut saja. Padahal, keratin adalah protein kuat yang ada di dalam jaringan kulit, rambut, dan sel kuku. Walaupun biasanya umum ditemukan pada bayi, milia dapat terjadi pada semua orang, tidak terpaut usia ataupun etnis.

Beberapa faktor penyebab datangnya milia adalah ketika kulit melepuh karena kondisi penyakit, seperti epidermolysis bullosa (EB), pemfigoid cicatricial, atau porphyria cutanea tarda (PCT). Lalu bisa karena cedera, seperti terkena poison ivy.

Anda terbakar matahari karena berada di bawah sinar matahari terlalu lama juga bisa menyebabkan milia. Lalu, penggunaan krim steroid dalam jangka panjang dan prosedur pelapisan kulit ketika Anda melakukan treatment laser juga bisa membuat milia datang.

Milia sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja sangat mengganggu penampilan. Dan, Anda tidak perlu melakukan apa-apa sebenarnya, karena sering kali milia hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika Anda merasa sangat terganggu dan ingin milia cepat-cepat pergi, ada juga kok cara aman untuk menghilangkannya. Inilah beberapa cara menghilangkan milia pada orang dewasa yang telah Kamini rangkum untuk Anda.

Cara Aman Menghilangkan Milia

Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses hilangnya milia. Anda bisa mencoba perawatan ala rumahan dan yang lebih advanced yang akan Kamini share di bawah ini.

1. Minyak Pohon Teh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dalam upaya menghilangkan milia secara alami, Anda bisa menggunakan tea tree oil alias minyak pohon teh. Minyak ini membantu mengeringkan milia dengan lebih cepat. Jika milia cepat kering, semakin cepat juga milia sembuh. Selain itu, tea tree oil mengandung antiseptik dan antiinflamasi yang membantu mencegah infeksi lebih lanjut di daerah yang ada milianya.

Cara menggunakannya adalah dengan membubuhkan tea tree oil secukupnya pada area yang diinginkan. Pastikan wajah Anda sudah bersih terlebih dahulu, ya! Diamkan minyak selama 30 menit sebelum dibilas.

2. Cuka Sari Apel

* sumber: www.hallmarkchannel.com

Cuka sari apel, atau Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai apple cider vinegar, adalah cuka yang dibuat dari jus apel yang difermentasi. Biasanya cuka ini dipakai sebagai dressing salad, bumbu rendaman, hingga pengawet makanan. Akan tetapi, cuka ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk mengobati milia.

Cuka sari apel bersifat astringen, sehingga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori kulit. Hal ini memaksa kotoran keluar dari pori-pori Anda dan membantu menyingkirkan milia.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur 1 sdm cuka apel dengan 1 sdm air. Aduk rata, lalu ambil kapas bulat dan celupkan ke dalam larutan cuka. Aplikasikan cuka pada area kulit yang ada milianya. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

3. Air Perasan Lemon

* sumber: happymoneysaver.com

Cara memberantas milia dengan treatment rumahan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Yang Anda butuhkan adalah ½ buah lemon dan sejumput garam (pilihan). Setengah lemon tadi bisa langsung Anda aplikasikan ke wajah.

Ada pula cara lainnya yaitu dengan memeras lemon, lalu tambahkan garam ke dalamnya. Aplikasikan pada milia menggunakan kapas. Diamkan selama setengah jam lalu bilas. Untuk hasil maksimal lakukan setiap hari, ya.

Kenapa lemon bisa memberantas milia? Jus lemon bertindak sebagai astringen alami yang membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengurangi ukurannya. Selain itu, lemon juga mengandung sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengeringkan milia dan membersihkannya dengan cepat.

4. Minyak Jarak

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah castor oil (minyak jarak). Jika mau membelinya, sebaiknya pilih yang dibuat dengan cara cold-pressed. Anda bisa mencarinya di toko online. Minyak jarak memiliki sifat emolien dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu memerangi milia.

Yang Anda butuhkan adalah ½ sdt minyak jarak. Aplikasikan minyak pada area milia yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan cara cuci muka atau pakai cleanser. Diamkan hingga minyak menyerap ke dalam kulit selama 30 menit – 1 jam, setelah itu bilas menggunakan air.

5. Madu

* sumber: edition.cnn.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”