10 Cara Membersihkan Cincin yang Benar dan Juga Mudah

ulinulin.com – Apakah Anda suka pakai cincin? Atau justru Anda suka sekali hingga menjadi kolektor cincin? Diperlukan perawatan yang tepat untuk menjaga kilau dan kecantikan cincin. Maka dari itu, sekarang Kamini mau memberi tahu Anda 10 cara membersihkan cincin.

Anda bisa membersihkan cincin dengan bahan-bahan rumahan maupun barang yang dijual di swalayan. Langsung saja, yuk, disimak bagaimana cara-cara membersihkan cincin.

1. Sortir Cincin

* sumber: faganjewelers.com

Sebelum mengetahui cara membersihkan cincin, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyortir cincin-cincin Anda terlebih dahulu. Pisahkan cincin berdasarkan bahan pembuatannya. Apakah cincin Anda dibuat dari emas, perak, kuningan, atau imitasi.

2. Membersihkan Cincin Emas secara Kering

Emas merupakan bahan pembuatan cincin yang paling populer. Wajar saja, karena emas merupakan logam mulia yang tahan lama, indah, serta harga jual-belinya stabil. Emas juga menjadi standar untuk beberapa peristiwa seperti pernikahan dan pertunangan.

Daripada logam lainnya, emas cenderung lebih awet karena tidak mudah mengusam warnanya. Walaupun begitu, emas tetap rentan terhadap kotoran. Apalagi jika emas tersebut digunakan setiap hari seperti cincin.

Cara membersihkan cincin emas dengan cara kering adalah cukup dengan mengelap permukaan cincin dengan kain serat lembut. Jika Ada bagian-bagian kecil yang tidak terjangkau kain, gunakan sikat gigi kering atau jarum yang bersih.

3. Membersihkan Cincin Perak

Selain emas, perak juga laris manis dipasaran. Bisa dibilang dari fisiknya perak itu agak mirip dengan emas, tapi harganya jauh lebih murah (bisa ¼ harga emas per gramnya). Karena itulah, perak sangat cepat pudar kilaunya dibandingkan dengan emas. Apalagi kalau peraknya disimpan, tidak dipakai, maka warna perak bisa berubah jadi kekuning-kuningan.

Daripada menyesal karena cincin perak Anda jadi tidak cantik lagi, lebih baik bersihkan dan mulai rawat sekarang juga. Jika cara membersihkan cincin di atas tidak memerlukan air, sekarang Anda membutuhkannya.

Siapkan kain serat lembut, sedikit air/cairan pembersih cincin perak. Basahi kain dengan air atau cairan pembersih, lalu lap cincin perak dengan lembut. Bersihkan cincin perak secara rutin supaya warnanya tidak cepat pudar.

4. Larutan Pembersih Cincin

* sumber: www.harmondiscount.com

Jika Anda tak yakin hanya dengan air saja mampu membersihkan cincin Anda, ada produk khusus yang bernama jewelry cleaner alias pembersih perhiasan. Biasanya produk ini berbentuk liquid, tapi mungkin ada juga yang bentuknya krim atau gel.

Larutan pembersih perhiasan ini biasanya dipakai untuk membersihkan perhiasan dari logam mulia yang sangat mahal seperti berlian. Sayangnya, produk ini tidak mudah ditemukan. Anda mungkin bisa menemukannya di tempat pengrajin perhiasan atau toko perhiasan besar.

5. Pasta Gigi

* sumber: www.shared.us

Jika tidak ada jewelry cleaner juga tidak apa-apa, Anda masih bisa menggunakan bahan-bahan lainnya yang ada di rumah. Seperti pasta gigi, misalnya. Tapi, tidak semua pasta gigi cocok untuk membersihkan cincin. Pilihlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride dan soda kue.

Kandungan konsentrasi timah (II) pada fluorida sangat bagus untuk membersihkan dan memperkuat logam. Biasanya pasta gigi yang fluorida-nya tinggi adalah pasta gigi murah yang warnanya putih.

6. Sabun Cuci Piring

* sumber: www.livingwithlandyn.com

Semua orang pasti punya sabun cuci piring, kan, di rumah? Ternyata sabun cuci piring termasuk juga dalam cara membersihkan cincin. Bahan ini sangat bagus untuk membuat cincin kembali bersih dan berkilau, khususnya cincin berbahan dasar emas.

Caranya, siapkan mangkuk, air hangat, dan sabun cuci piring. Tuang air hangat ke dalam mangkuk. Ingat, bukan air panas, tapi air hangat. Air panas dapat merusak perhiasan terutama yang tertanam batu mulia rapuh seperti opal dan berlian.

Tuang beberapa tetes sabun cuci piring, kocok airnya hingga sabun larut. Masukkan cincin Anda ke dalam mangkuk. Rendam selama 10 menit sebelum mulai Anda gosok dengan sikat gigi. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih sesudahnya.

7. Garam

* sumber: www.youtube.com

Jika sabun cuci piring sangat bagus untuk membersihkan cincin emas, yang satu ini cocok digunakan untuk membersihkan perak. Yang perlu Anda persiapkan adalah mangkuk, air, soda kue, garam, dan alumunium foil jika ada.

Anda cukup merendam perak di dalam larutan semua bahan-bahan di atas, tidak perlu menggosoknya atau menyikatnya. Rendam cincin perak selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

8. Lemon

* sumber: www.birds-of-a-thread.com

Cara membersihkan cincin menggunakan bahan dari rumah lainnya adalah dengan pakai lemon. Cara ini sangat bagus diaplikasikan pada cincin imitasi. Tidak seperti berlian, emas, dan perak, cincin imitasi tidak memiliki kilau alami, sehingga harus dirawat dengan baik untuk menjaga kecantikannya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”