10 Cara Membersihkan Dompet Kulit Agar Bersih Mengkilap

ulinulin.com – Rata-rata orang pasti memiliki barang yang terbuat dari kulit, baik itu jaket, tas, rok, celana, rompi, jam, topi, sepatu, dan yang paling populer adalah dompet. Mungkin alasan Anda memilih dompet kulit karena barang dari kulit terkenal awet. Padahal, apa pun barang yang dibuat dari bahan kulit memerlukan perawatan juga agar tetap bersih berkilau, tidak kusam, dan tidak mudah rusak.

Dompet kulit Anda bisa cepat rusak jika tidak dibersihkan secara berkala. Debu, noda, dan kotoran akan menumpuk setiap harinya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pembersihan dengan rutin. Pada artikel kali ini, Kamini mau memberi tahu Anda cara membersihkan dompet kulit, mulai dari bahan-bahan yang bisa digunakan hingga cara membersihkannya.

1. Kain Mikrofiber

Kain mikrofiber merupakan benda yang wajib Anda miliki untuk merawat dompet kulit dan barang-barang lainnya milik Anda yang terbuat dari kulit. Kenapa harus kain mikrofiber? Karena, kain lainnya memiliki serat yang tidak cocok jika terkena bahan kulit.

Cara membersihkan dompet kulit menggunakan kain mikrofiber sangat mudah. Anda hanya perlu menggosok-gosok dompet dengan kain ini secara rutin. Tidak perlu setiap hari, tapi minimal lakukan lah pada saat weekend atau saat Anda senggang.

Pertama-tama, basahi kain mikrofiber dengan air bersih. Kedua, peras kain tersebut agar tidak terlalu basah, yang Anda butuhkan adalah kain yang lembab, bukan yang becek. Lalu, lap dompet Anda hingga bersih. Terakhir, lap lagi dompet Anda dengan sisi kain yang kering.

2. Air

Benda yang paling mudah dan murah didapatkan untuk membersihkan dompet kulit adalah dengan menggunakan air. Seperti langkah yang sudah dijelaskan pada nomor 1, gunakan kain mikrofiber yang telah diberi air untuk mengelap dompet kulit. Air dapat membersihkan noda ringan seperti sidik jari, debu, bedak, dan lecet.

Tapi, kalau tidak ada kain mikrofiber, Anda bisa juga menggunakan kapas atau cotton bud. Jika Anda menggunakan tisu, jangan gosok tisu pada dompet, tapi tekan-tekan tisu dengan lembut. Karena, tisu yang basah akan rontok jika Anda menggosok-gosoknya. Jika itu terjadi, bukannya bersih, dompet Anda malah akan jadi tambah kotor.

3. Pembersih Khusus

* sumber: www.chemicalguys.com

Cek Harga di Shopee

Tentu Anda tahu kalau ada pembersih khusus barang-barang kulit di pasaran. Biasanya produk ini berbentuk krim, cairan, dan gel. Cara membersihkan dompet kulit dengan pembersih khusus sangat mudah dan merupakan pilihan yang paling tepat.

Anda cukup meneteskan pembersih kulit pada kain lembut, lalu lap dompet kulit Anda menggunakan kain tersebut. Jika pembersihnya berbentuk spray, semprotkan cairan pembersih secukupnya pada permukaan dompet, lalu lap hingga bersih menggunakan kain.

Anda bisa membeli cairan khusus pembersih kulit di toko barang-barang kulit. Atau, Anda bisa membelinya secara online supaya barangnya yang menghampiri Anda. Sedangkan Anda tinggal duduk manis saja di rumah menunggu pesanan Anda datang.

4. Detergen

* sumber: thesweethome.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Anda bisa juga memanfaatkan detergen dalam cara membersihkan dompet kulit yang kusam. Caranya, tuang larutan detergen pada kain, lalu lap seluruh permukaan dompet Anda perlahan-lahan. Selain detergen, Anda bisa juga menggunakan sabun khusus yang mengandung minyak dan lilin. Sabun ini dapat membantu mempertahankan kilau dompet kulit Anda.

Untuk detergen, usahakan memilih detergen cair saja. Karena, konsentrat detergen cair lebih lembut daripada detergen bubuk. Lebih bagus lagi jika Anda menggunakan detergen untuk pakaian bayi, karena formulanya sangat lembut. Jika Anda ingin membeli detergen dari merk apa saja secara online.

5. Pembersih Jendela

* sumber: www.stayathomemum.com.au

Selain detergen, Anda bisa juga menggunakan pembersih jendela untuk merawat dompet kulit. Cairan pembersih jendela dapat mengangkat kotoran lebih baik daripada hanya menggunakan kain lap dan air saja. Semprot atau tuang pembersih jendela pada dompet Anda, lalu seka menggunakan kain atau tisu hingga bersih.

6. Uap

* sumber: www.citelighter.com

Bukan cuma wajah saja yang perlu diuap untuk perawatan, dompet kulit juga membutuhkannya. Uap ternyata dapat digunakan sebagai alat untuk membersihkan dompet kulit tanpa cela.

Uap tidak akan merusak bahan kulit dari dompet Anda. Justru, uap akan mematikan bakteri dan kuman yang hinggap, serta mengangkat noda yang menempel di dompet. Mesin uap khusus untuk membersihkan perabot rumah tangga sudah tersedia di pasaran.

7. Bahan Alami

Memang, cara membersihkan dompet kulit yang paling baik adalah dengan menggunakan bahan-bahan natural. Anda bisa menggunakan perasan lemon, cuka, minyak zaitun, atau minyak kelapa untuk membersihkan dan membuat dompet kulit Anda tetap prima.

8. Petroleum Jelly

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Petroleum jelly juga sangat bagus untuk kulit. Tidak hanya untuk kulit manusia, barang yang dibuat dari bahan kulit pun akan jadi sangat bagus jika rutin diberi petroleum jelly.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”