10 Cara Memutihkan Mata Kaki yang Hitam, Kasar, dan Kering

ulinulin.com – Anda merasa warna mata kaki Anda hitam? Lalu, ketika dipegang, mata kaki Anda terasa kasar dan kering? Jangan berkecil hati, karena hal ini dapat terjadi pada semua orang. Mata kaki memiliki warna yang berbeda-beda, tergantung warna alami kulit orang tersebut. Namun, ada pula orang yang mata kakinya terlihat jauh lebih gelap daripada warna kulit aslinya.

Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka Anda harus mulai berpikir untuk memberikan perhatian lebih pada mata kaki Anda. Warna mata kaki bisa menjadi lebih gelap, dan menebal karena tergesek oleh sesuatu, seperti kaos kaki, sepatu, ketika Anda duduk di lantai, atau aktivitas harian yang tidak Anda sadari.

Sebelum Anda memutuskan membeli salep di apotik untuk mengatasi masalah mata kaki hitam, berikut Kamini telah merangkum sepuluh cara memutihkan mata kaki yang hitam, kasar, dan kering. Cara-cara yang kami kumpulkan ada yang bisa dicapai dengan menggunakan bahan natural dan ada juga yang menggunakan produk di pasaran. Ingin tahu bagaimana caranya? Tanpa basa-basi lagi, yuk, langsung saja kita bahas.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa menjadi pembuka cara memutihkan mata kaki kali ini. Anda mungkin menyangsikan benda yang satu ini untuk dituangkan pada kulit Anda, tapi, studi telah menyimpulkan bahwa minyak kelapa sangat efektif dalam menghidrasi kulit. Minyak kelapa juga mengandung asam lemak yang dapat menahan infeksi karena bakteri.

Dan, tentunya, minyak kelapa mengandung zat yang dapat menekan perubahan warna kulit juga. Jadi, minyak kelapa merupakan bahan yang sangat tepat untuk memutihkan mata kaki. Caranya adalah, cukup campur 1 sdm minyak kelapa dengan perasan ½ buah lemon. Lalu, oleskan pada pergelangan kaki yang bersih. Anda tidak perlu membilasnya, biarkan saja minyak kelapa dan lemon meresap ke dalam kulit Anda.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sebagaimana telah diketahui, vitamin C merupakan zat yang bekerja secara aktif untuk mencerahkan kulit. Jeruk nipis juga mengandung banyak anti-oksidan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit terlihat gelap. Maka, Anda bisa juga menggunakan jeruk nipis untuk mencerahkan mata kaki yang berwarna hitam.

Cara memutihkan mata kaki dengan menggunakan jeruk nipis adalah sebagai berikut: Belah dua jeruk nipis, lalu gosokkan bagian dalamnya ke mata kaki Anda.

Selanjutnya, biarkan sari-sari jeruk nipis meresap ke dalam kulit selama 15 menit. Terakhir, bersihkan sisa jeruk nipis dari mata kaki Anda menggunakan air atau kapas/handuk basah. Perlu diperhatikan untuk tidak membiarkan jeruk nipis mengenai area kulit Anda yang sedang terluka (jika ada).

3. Bubuk Coklat

* sumber: www.gtreview.com

Secangkir coklat panas memang merupakan pilihan yang terbaik di musim penghujan seperti ini. Tapi, kali ini kita tidak akan membuat bubuk coklat menjadi minuman, tapi untuk menjadi bahan utama cara memutihkan mata kaki. Bubuk coklat tentu berwarna cokelat, tapi, apakah Anda tahu kalau bubuk coklat dapat mencerahkan kulit?

Coklat dapat mengangkat sel kulit mati, memudarkan pigmentasi kulit yang tidak merata, sekaligus menutrisi kulit. Tetunya coklat yang dimaksud adalah coklat yang telah diproses (berbentuk bubuk), bukan coklat yang baru dipetik dari pohon kakao.

Caranya adalah, campur satu sdm coklat bubuk dengan 1 sdm madu. Aduk rata, lalu oleskan pada mata kaki Anda. Diamkan selama 10 menit atau hingga mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Pasta coklat dan madu tadi akan meninggalkan kulit yang terasa lembab, karena madu memang berkhasiat untuk melembabkan. Sedangkan coklat berkhasiat untuk mencerahkan. Jadi, coklat dan madu merupakan perpaduan paling dahsyat untuk mencerahkan dan melembabkan mata kaki yang hitam dan kering.

4. Garam

Penyedap dan pengawet makanan ini ternyata bisa berfungsi juga sebagai pencerah kulit, loh! Apalagi jika kulit mata kaki Anda menebal dan terasa kasar, garam merupakan bahan yang paling cocok untuk Anda.

Caranya, campur 2 sdm garam ke satu ember air hangat. Jika Anda punya pelembab kuku atau minyak esensiil, Anda boleh menambahkannya sebanyak 1 sdm saja. Rendam kaki Anda dalam larutan tersebut selama 15 menit.

Selagi masih merendam kaki, gosoklah mata kaki Anda menggunakan batu apung atau batu halus khusus untuk kaki. Gosok secara lembut agar tidak melukai kaki Anda, ya. Jika sudah selesai, keringkan kaki Anda menggunakan handuk. Jangan lupa terapkan pelembab atau body lotion pada kaki Anda (terutama bagian mata kaki).

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan utama untuk cara memutihkan mata kaki yang ke-5. Anda pasti sudah sering mendengar minyak zaitun di ranah kecantikan dan perawatan kulit. Memang, minyak yang berasal dari buah zaitun ini memiliki segudang manfaat untuk kulit, salah satunya adalah untuk melembabkan.

Tapi, apakah Anda tahu kalau minyak zaitun juga dapat mencerahkan kulit? Campur minyak zaitun dengan cuka dan air dengan perbandingan 2:1:1. Campuran ketiga bahan ini menciptakan larutan yang sempurna untuk melembabkan dan meratakan warna kulit. Anda tidak perlu membilas minyak ini setelah dipakai, biarkan saja meresap ke dalam kulit Anda hingga nanti saatnya Anda mandi.

6. Glycerin

* sumber: www.youtube.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”