10 Cara Memutihkan Ujung Kuku Seperti Susu (French Manicure)

ulinulin.com – Hal pertama yang diperhatikan orang lain ketika melihat kita adalah wajah, apakah kita pandai merawat diri atau enggak. Merawat diri di sini bukan berarti rutin ke dokter kulit, ya. Paling tidak kita harus rutin mencuci muka dan menggunakan riasan ringan agar terlihat segar.

Lalu, berlanjut pada rambut, apakah bersih dan tertata rapi atau enggak. Jika berkerudung, dilihat gaya berkerudungnya, rapi atau enggak, sesuai dress code atau tidak.

Hal selanjutnya yang diperhatikan dari tubuh kita biasanya jari. Kata orang, jari dapat menunjukkan kepribadian kita. Jari sendiri meliputi kulitnya, kering atau tidak, kasar atau tidak.

Dan, yang paling penting adalah kuku. Kita harus pandai merawat kuku kita agar selalu bersih dan terlihat sehat. Jika kuku menguning, apalagi ada kotoran berwarna hitam di bagian dalamnya, dijamin kamu akan dicap jorok dan tidak memedulikan penampilan.

Jika kamu suka memanjangkan kuku, maka pastikan juga bagian dalam kukumu berwarna putih seperti susu. Caranya tidak sulit, kok. Sekarang Kamini akan memberi tahu sepuluh tips memutihkan ujung kuku seperti susu, atau istilah kerennya adalah french manicure. Dibaca sambil dipraktikkan, yuk!

1. Bersihkan Kuku

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kuku bersih dari kotoran ataupun noda. Bila ternyata kuku kotor, segara bersihkan dengan air dan sabun hingga bersih. Namun, bila kamu kesulitan membersihkan sumbatan kotoran pada sela-sela kuku, kamu juga bisa menggunakan bantuan sikat gigi bila perlu.

Memastikan kuku bersih adalah langkah yang penting untuk memutihkan ujung kuku seperti susu. Sebaliknya, bila kamu acuh pada kotoran-kotoran yang menempel pada kuku, maka membuat tampilan kuku agar tampak putih akan sulit untuk dilakukan. Soalnya lama kelamaan kotoran yang menempel tersebut bisa menyebabkan warna kuku menjadi tampak kekuningan.

2. Ukir Kuku Sesuai Keinginan

Langkah satu ini sebenarnya opsional, namun akan semakin mempercantik tampilan kukumu. Kamu bisa mengadaptasi berbagai bentuk kuku pada langkah ini, mulai dari bentuk persegi, almond, oval, hingga bulat.

Usahakan untuk tidak memilih bentuk kuku dengan tepi yang mudah patah, terutama bila kamu memiliki kuku yang rapuh. Sehingga bila kukumu panjang pun usahakan untuk memotongnya terlebih dahulu.

3. Berikan Hidrasi pada Kuku

Langkah penting lain untuk mendaptkan tampilan ujung kuku yang tampak putih adalah memberikan hirdasi. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan mengoleksan body scrub pada tangan, lalu mengaplikasikan hand cream setelahnya. Kalau butuh rekomendasinya, jangan segan untuk berkunjung ker artikel Merk Body Scrub Terbaik di Pasaran dan Merk Hand Cream Terbaik untuk Melembabkan Tangan.

Selain membuat tangan halus, kandungan nutrisi dalam hand cream juga bisa membuat kuku sehat dan terhidrasi. Semakin sering kamu mengaplikasikan hand cream, semakin optimal pula nutrisi yang akan diserap oleh kuku. Step ini juga akan berkontribusi membuat kuku menjadi lebih kuat.

4. Aplikasikan Base Coat

Sebenarnya bila ingin mendapatkan tampilan kuku yang bersih secara alami, kamu cukup melakukan langkah 1 sampai 3 dengan rutin. Akan tetapi pasti ada kalanya kamu ingin mendapatkan tampilan kuku yang putih secara instan karena akan menghadiri suatu acara khusus misalnya. Bila seperti itu, maka kamu bisa mengadalkan produk pewarna kuku (kutek).

Akan tetapi, pengaplikasian kutek secara langsung pada kuku bisa menyebabkan kuku menjadi kuning dan rapuh bila dilakukan terlalu sering. Karena itu untuk menghindarinya, kamu bisa mengaplikasikan base coat terlebih dahulu sebelum mengoleskan kutek. Oleskan base coat di seluruh bagian kuku secara merata dan biarkan hingga mengering.

5. Aplikasikan Kuteks Putih dan Pink

Setelah melapisi kuku dengan base coat, kamu bisa mengaplikasikan kutek berwarna putih pada ujung kuku. Dan bila ingin menegaskan tampilan ujung kuku agar tampak seputih susu, maka kamu bisa mengaplikasikan kuteks berawarna pink muda sheer pada bagian dalam kuku. Aplikasikan keduanya pada kuku dan biarkan mengering.

Bila kamu tak sengaja menodai bagian lain dari jari dengan kuteks, maka kamu bisa membersihkan noda ini dengan bantuan nail polish remover atau aseton dan cotton bud.

6. Selesaikan dengan Topcoat

Untuk menjaga tampilan kuteks agar tetap tahan lama, maka kamu bisa mengoleskan topcoat sebagai langkah terakhir. Pengaplikasian topcoat juga akan membuat kuku tampak lebih mengkilap dan cantik.

7. Petroleum Jelly

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Petroleum jelly merupakan super skincare. Benda ini bisa dipakai untuk apa saja, ya, apa saja! Bulu mata, alis, kulit kering, bibir, kaki pecah-pecah, dan tentu saja untuk kuku. Petroleum jelly dapat mengembalikan kelembaban yang hilang dari kuku setelah mandi, ketika kamu lupa mengoleskan hand cream, atau jika kuku kamu memang selalu kering.

Produk petroleum jelly ada banyak, tapi yang paling terkenal dan mudah ditemukan memang Vaseline. Selain petroleum jelly, kamu bisa juga menggunakan Oriflame Tender Care.

8. Nail Food

Apakah kamu tahu apa itu nail food? Produk ini merupakan “makanan” untuk kuku. Mungkin kamu pikir yang butuh nutrisi hanya kulit saja, makanya kamu hanya mengaplikasikan hand body dan hand cream saja. Padahal, kuku juga membutuhkan nutrisi lebih yang tidak bisa diberikan oleh body lotion, dan nutrisi itu dikandung dalam nail food.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”