10 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah

ulinulin.com – Kelembaban adalah salah satu musuh jam tangan yang sayangnya sering dialami oleh orang-orang, terutama yang tinggal di daerah curah hujan tinggi dan daerah yang dingin. Penyebab jam tangan berembun adalah adanya air yang masuk ke dalam jam dan terjebak di sana.

Jika tidak parah, embun dapat menghilang dengan sendirinya. Tapi, jika embunnya tak mau kering dan dan tidak hilang dengan sendirinya, bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat jam tangan Anda, loh. Untuk itu, Kamini akan memberi tahu Anda cara menghilangkan embun di jam tangan.

Penyebab Jam Tangan Berembun

1. Kehujanan

* sumber: www.colourbox.com

Penyebab jam berembun yang pertama adalah karena kehujanan. Kita tinggal di negara tropis yang hanya punya dua musim, yaitu kemarau dan penghujan saja. Saat hari sedang hujan terus, tidak menutup kemungkinan jam tangan Anda ikut terkena basah dari cipratan air hujan.

Jika dibiarkan terus menerus, jam tangan Anda bisa jadi berembun. Apalagi jika Anda pengendara kendaraan roda dua dan nekat menggunakan jam tangan ketika sedang turun hujan.

2. Kepanasan

* sumber: www.imore.com

Embun di dalam jam tangan tercipta karena adanya uap air yang masuk dan terperangkap, tidak bisa keluar lagi. Itulah mengapa kehujanan atau mungkin juga kedinginan merupakan faktor utama terjadinya embun di jam tangan. Tapi, embun bisa muncul juga karena adanya perbedaan suhu antara suhu jam dan suhu udara luar.

Jika biasanya jam tangan Anda berada dalam suhu cenderung dingin, lalu Anda pergi ke tempat yang panas, bisa saja embun terbentuk di dalam jam tangan dan menempel di kacanya. Jadi, selain karena kedinginan dan kehujanan, kepanasan juga bisa menjadi faktor penyebab jam tangan berembun.

3. Terendam

* sumber: myjewelryrepair.com

Penyebab jam berembun yang selanjutnya adalah karena terendam air. Jika jam tangan Anda tidak memiliki tanda water resistant, jangan sekali-kali Anda menggunakan jam tangan tersebut di dalam air.

Water resistant adalah label yang dituliskan pada bagian belakang jam tangan, menandakan kalau jam tangan Anda dibuat dari bahan-bahan anti air, sehingga Anda bisa menggunakan jam tangan tersebut dalam keadaan basah-basahan sekalipun.

Walaupun begitu, biasanya setiap merk dan tipe jam tangan water resistant punya kekuatan yang berbeda-beda. Ada yang hanya kuat 4 jam, 8 jam, 10 jam, dan sebagainya. Jika Anda terlalu lama membiarkan jam tangan di dalam air, bisa saja nantinya akan ada embun yang terjebak di dalam jam tangan Anda.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Nah, tadi itu beberapa penyebab kemungkinan terjadinya embun di jam tangan. Sekarang, ketahuilah cara menghilangkan embun di jam tangan dengan mudah:

1. Jemur

* sumber: forums.watchuseek.com

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang pertama adalah dengan menjemurnya. Maksud menjemur di sini bukan seperti menjemur pakaian, ya. Jadi Anda hanya perlu menyimpan jam tangan yang berembun di area terbuka yang sirkulasi udaranya bagus dan terkena sinar matahari juga.

Anda bisa juga menyimpan jam tangan yang kena air di dekat perapian, belakang kulkas, di taman belakang rumah, dan tempat hangat lainnya. Cuaca hangat dan udara yang mengalir akan menguapkan embun yang terjebak di dalam jam.

2. Bongkar Jam

* sumber: www.watchbattery.co.uk

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan membongkar jam. Biasanya bagian belakang jam terdapat beberapa skrup kecil. Anda tinggal membukanya menggunakan obeng yang cocok dan jemurlah jam Anda.

3. Buka Kaca

Selain membongkar bagian belakang jam, Anda bisa juga membuka kaca jam tangan buram supaya uap lebih cepat kering. Anda bisa mengelap bagian dalam jam menggunakan kapas atau kain jika air yang ada di dalam jam terlalu banyak.

4. Bungkus dengan Handuk

* sumber: food52.com

Ketika hari sedang hujan terus menerus, tentunya Anda tidak akan bisa menjemur jam yang ada uapnya. Nah, jika begitu, Anda bisa membungkus jam tangan yang berembun terus dengan handuk. Letakkan bagian belakang jam menghadap ke bawah. Simpan handuk di udara terbuka (kalau bisa di tempat yang akan terkena sinar matahari).

5. Hair Dryer

* sumber: glowroad.com

Punya hair dryer di rumah? Anda dapat memanfaatkannya sebagai cara menghilangkan embun di jam tangan. Atur hair dryer dalam tingkat panas paling rendah. Lalu, mulai keringkan jam tangan Anda. Jangan biarkan hair dryer terlalu dekat dengan jam, setidaknya berikan jarak 15 cm. Untuk rekomendasi hair dryer terbaik, bisa cek di sini.

6. Beras

* sumber: bodstudio.ca

Anda mungkin sering mendengar saran kalau handphone tercelup ke air, maka simpan saja di tempat beras. Ternyata hal itu berlaku juga untuk jam tangan berembun. Beras dapat menyerap air dengan baik. Makanya, uap pada jam tangan pun dapat hilang tanpa membukanya (casing dan kaca jam) terlebih dahulu.

7. Sinari dengan Lampu

* sumber: www.made.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”