10 Daftar Negara Dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, Paling Favorite Untuk Mahasiswa

ulinulin.com – Mengenyam pendidikan di luar negeri adalah impian bagi sebagian orang. Sebab, dengan kuliah di luar negeri, kita bisa memiliki komunitas internasional. Selain itu, terkadang kuliah di luar negeri juga membuka peluang untuk berkarir di kancah internasional.

Namun, sayangnya seringkali orang berpikir bahwa kuliah di luar negeri adalah sebuah tantangan yang sangat berat, dari segi mental maupun finansial. Mahasiswa yang kuliah di luar negeri tentunya harus mampu beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda.

Tinggal seorang diri juga menuntut mahasiswa untuk bisa melakukan semuanya sendirian. Selain itu, kuliah di luar negeri juga pasti akan memakan biaya yang tidak sedikit. Tidak hanya uang kuliah saja, tapi juga ada biaya hidup yang harus ditanggung oleh mahasiswa.

Nah, apakah benar bahwa kuliah di luar negeri itu selalu mahal? Tentu saja tidak, karena ada beberapa negara yang memiliki biaya hidup murah lho. Berikut ini adalah daftar negara dengan biaya hidup termurah di dunia 2022 untuk kuliah tanpa memperhatikan urutan:

1. Jerman

Salah satu negara tujuan favorit bagi mahasiswa internasional adalah Jerman. Selain memiliki kualitas pendidikan yang bagus, biayanya pun cukup terjangkau lho. Di universitas negeri bahkan tidak dipungut biaya kuliah sama sekali.

Mengalami kendala bahasa? Jangan khawatir, sebagian universitas di Jerman kini sudah menawarkan program internasional yang menggunakan Bahasa Inggris lho. Namun, alangkah baiknya kalian mempelajari Bahasa Jerman sebelum berangkat.

Tidak hanya akan menambah pengetahuan bahasa saja, namun jika kalian mengerti sedikit Bahasa Jerman akan memudahkan untuk berkomunikasi dengan warga lokal jika butuh bantuan.

Untuk biaya hidup di Jerman adalah 12.155.501 per bulan atau sekitar Rp. 146.000.000 per tahun. Namun, perlu diingat bahwa angka ini tidak mutlak, tergantung dari gaya hidup setiap orang.

2. Norwegia

Sama seperti Jerman, pemerintah Norwegia juga menerapkan aturan biaya pendidikan gratis di universitas negeri untuk beberapa program studi bagi para mahasiswa dari seluruh dunia.

Bagi mahasiswa internasional, kalian hanya perlu membayar izin tinggal sebesar sekitar Rp. 8.200.000 per tahunnya. Kualitas pendidikan di negara yang terletak di semenanjung Skandinavia ini juga tidak kalah bagusnya lho!

Alasan lain mengapa kalian harus kuliah di Norwegia adalah keindahan alamnya dan kualitas hidupnya yang baik.

Namun, jika dibandingkan dengan negara Skandinavia yang lain, biaya hidup di Norwegia cukup mahal yaitu sekitar Rp. 16.000.000 – 19.000.000 per bulan, tergantung kota dan gaya hidup.

3. Italia

Tidak hanya terkenal akan wisatanya, Italia juga menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah yang paling murah apalagi perguruan tinggi negeri. Kualitas pendidikannya juga tidak kalah bagus dengan Jerman!

Biaya kuliah di universitas negeri di Italia berkisar dari 950 – 4.000 Euro per tahun atau setara dengan Rp. 16.000.000 – 69.000.000. Pemerintah setempat tidak hanya memberikan bantuan untuk mahasiswa Italia saja, namun juga mahasiswa internasional.

Biaya hidup di Italia pun juga cukup terjangkau, yakni sekitar 1.000 – 1.500 Euro per bulan atau setara dengan Rp. 14.000.000 – 22.000.000.

4. Spanyol

Meskipun tidak seterkenal Jerman dalam hal pendidikan, Spanyol memiliki banyak kampus yang menawarkan biaya kuliah murah lho. Uang kuliah untuk mahasiswa internasional berkisar dari USD 700 – 1.500 per tahun atau setara 11 – 22 juta Rupiah.

Untuk biaya hidup di Spanyol tidak berbeda jauh dengan negara lain di Eropa, yakni berkisar dari Rp. 13.000.000 – 20.000.000 per tahun. Ini tentu berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung kota tempat tinggal dan gaya hidup yang diikuti.

5. Perancis

Selain terkenal sebagai negara maju, Perancis juga merupakan salah satu tujuan yang cukup populer untuk mengenyam pendidikan. Biaya kuliah di Perancis mencapai 40 juta per tahun. Lho, kok mahal sih?

Eits, jangan berkecil hati dulu ya! Meskipun biaya kuliahnya mahal, pemerintah setempat siap memberikan beasiswa untuk sebanyak 21.000 orang dari seluruh dunia. Beasiswa ini mencakup pembebasan uang kuliah hingga uang saku 700 Euro per bulan.

Biaya hidup di Perancis cukup mahal, bisa mencapai 1.500 hingga 2.000 Euro per bulan atau setara Rp. 26.000.000 hingga 35.000.000, tergantung dari kota dan gaya hidup masing-masing orang.

6. Austria

Tidak hanya di Eropa Barat saja, di Eropa Timur pun ada beberapa negara yang memiliki biaya pendidikan murah. Salah satunya adalah Austria. Di sini, mahasiswa EU/EEA akan menikmati gratis biaya kuliah pada dua semester pertama.

Setelah dua semester, mahasiswa EU/EEA harus membayar sebesar 5,6 juta per semesternya. Untuk mahasiswa internasional, kalian harus membayar lebih mahal lho yaitu sekitar 11,3 juta per semester!

Untuk biaya hidup di Austria tidak semahal Perancis kok! Kisaran biaya hidup di Austria adalah sebesar Rp. 13.000.000 hingga 15.000.000 per bulan. Nah, kualitas hidupnya juga cukup bagus lho.

7. Taiwan

Tidak hanya di Eropa saja, Asia juga punya lho negara dengan kualitas pendidikan yang baik namun murah. Salah satunya adalah Taiwan. Ada beberapa universitas di Taiwan yang memiliki kualitas pendidikan memadai dan bisa dijadikan tempat studimu lho!

Biaya kuliah di Taiwan rata-rata adalah Rp. 25.000.000 hingga 37.000.000 per tahun. Memang terdengar mahal ya, namun kabar baiknya kalian bisa mengambil salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah Taiwan.

Untuk biaya hidup, setidaknya kalian butuh dana kurang lebih TWD 74.000 atau sekitar Rp. 36.000.000 per tahun. Namun, ini bisa berbeda-beda tergantung dari gaya hidup masing-masing.

8. Malaysia

Ingin kuliah di luar negeri yang dekat dari Indonesia? Malaysia adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN yang bisa kalian jadikan tempat untuk menuntut ilmu.

Kabarnya, kuliah di Malaysia bisa memakan biaya lebih rendah daripada di beberapa universitas swasta di Indonesia. Biaya kuliah di universitas negeri memang cukup terjangkau, yakni dari Rp. 30.000.000 hingga 60.000.000 per tahun.

Untuk universitas swasta, rata-rata lebih mahal bisa mencapai ratusan juta per tahun. Biaya hidup di Malaysia jauh lebih terjangkau, yakni sekitar Rp. 4.000.000 per bulan!

9. India

Negara lain di Asia yang menawarkan biaya kuliah murah adalah India. Program studi yang bisa diambil pun bermacam-macam, tergantung dari kampus tempat kalian menempuh studi.

Biaya kuliah per semester di India berkisar dari Rp. 400.000 hingga 125.000.000. Asiknya lagi, pemerintah setempat masih menawarkan beasiswa bagi kalian yang tidak mampu lho!

Selain itu, biaya hidup di India juga tergolong murah. Dengan uang saku di bawah Rp. 5.000.000 kalian sudah bisa hidup dengan layak lho di sini, bahkan menyewa apartemen di pusat kota.

10. Turki

Tidak hanya terkenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit di dunia, banyak juga mahasiswa dari seluruh dunia yang menuntut ilmu ke Turki. Beberapa universitas di Turki menawarkan biaya yang terjangkau meskipun masuk jajaran terbaik dunia lho!

Kini, banyak juga lembaga-lembaga yang menawarkan beasiswa untuk kuliah di Turki untuk para mahasiswa internasional. Selain itu, biaya hidup di Turki juga relatif murah, yakni sekitar USD 400 – 500 per bulan. Nah, cukup murah kan?

Itulah beberapa negara dengan biaya hidup termurah sedunia untuk mahasiswa yang ingin kuliah. Beberapa negara ada yang lebih rendah dari Indonesia sehingga cocok bagi kalian yang ingin mendapat pengalaman kuliah di luar negeri.

Namun, perlu diketahui bahwa angka di atas tidaklah mutlak karena biaya hidup tergantung dari gaya hidup masing-masing orang.