10 Daftar Pilihan Makanan Khas di Daerah Cianjur Yang Citarasanya Sangat Menggigit dan Maknyus

ulinulin.com – Selain terkenal sebagai daerah destinasi wisata menarik, kabupaten Cianjur di provinsi Jawa Barat ini juga cukup populer karena memiliki segudang kuliner andalan.

Mau tahu apa saja makanan enak yang menjadi ciri khas kota Cianjur?

Nah, berikut adalah kumpulan daftar lengkapnya.

1. Geco

Makanan tradisional khas Cianjur pertama yang wajib banget buat dicicipi adalah Geco, salah satu jenis kuliner berbahan dasar tauge dan tauco.

Dilihat dari gambar atau foto, hidangan khas tesebut bentuknya mirip Kupat tahu, bedanya rasanya sedikit berbeda dimana Geco diberi sajian tambahan yakni saus tauco.

Nah, bila Sahabat JejakPiknik penasaran bagaimana citarasanya, ada satu tempat paling pas untuk menikmatinya yaitu Geco Nusasari Pa Iding di jalan Siti Jenab.

Warung Pa Iding ini sudah buka sejak tahun 1981 dan untuk satu porsi Geco disini hanya dibanderol sekitar Rp.7.000-Rp.9.000 saja, murah kan?

2. Pesmol Kembung

Makanan khas lainnya yang patut buat di coba saat berkunjung ke Cianjur adalah Pesmol Kembung. Kuliner satu ini berbahan dasar ikan kembung dan dimasak menggunakan bumbu resep tertentu.

Untuk cara membuatnya tergolong cukup mudah dimana semua bumbu yang sudah dihaluskan dimasak bersama ikan kembung agar tercampur dan meresap sempurna ke dalam daging ikannya.

Nah, bagi yang hendak mencicipi menu hidangan ini, Resto Ikan Pesmol di jalan Setiabudi adalah tempat paling rekomendasi buat Sahabat JejakPiknik kunjungi.

Restoran tersebut buka mulai dari pukul 09.00-21.00 dan harga Pesmol Kembung hanya dibanderol sekitar Rp.41.000/porsinya.

3. Sate Meranggi

Kuliner selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Sate Meranggi, salah satu makanan khas dengan racikan bumbu sederhana dan memiliki citarasa sangat nikmat.

Menariknya, sate tersebut dilumuri dengan bumbu bacem yang dibakar bersamaan, sehingga membuat dagingnya terasa sangat empuk dan menu ini paling enak bila disajikan dengan ketan bakar.

Nah, bagi yang ingin menikmati citarasa kuliner tersebut, Sate Meranggi Sari Asih Cipanas di jalan raya Pacet, Cipendawa adalah tempat paling recommended. Selain nikmat, harganya juga sangat murah yakni sekitar Rp.2.500-Rp.3.000/tusuknya.

4. Tauco Cianjur

Selain bagus buat dijadikan sebagai oleh-oleh, tauco juga menjadi salah satu bumbu pelengkap kuliner paling nikmat bila dimasak dengan beraneka macam sayuran.

Dan salah satu tauco yang cukup populer di Cianjur adalah Cap Meong buatan Nyonya Tasma di jalan HOS Cokroaminoto.

Toko yang sudah beroperasi sejak tahun 1880 dan masih eksis sampai sekarang ini membandrol tauconya dengan harga cukup murah yakni berkisar antara 12-16 ribuan saja per bungkusnya.

5. Roti Popon

Roti yang dikenal dengan nama Popon ini termasuk salah satu makanan ringan berbahan dasar tepung dan memiliki ukuran kecil dengan isian bervariasi ada coklat ataupun pisang.

Selain enak dijadikan cemilan sembari menyeruput minuman hangat, roti popon khas Cianjur selatan ini juga menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang buat keluarga tercinta.

Nah, bagi yang ingin berburu roti satu ini, tempat paling rekomendasi buat dikunjungi adalah Popon Bakery di jln.Taifur Yusuf No.25, Pamoyanan, Kab.Cianjur.

Bakery yang buka mulai pukul 07.00-20.00 ini roti poponnya terkenal sangat nikmat dan harganya pun cukup terjangkau, tidak sampai membuat kantong bocor.

6. Roti Manis Tan Keng Cu

Selain roti popon, kuliner selanjutnya ini juga merupakan salah satu makanan khas Cianjur paling rekomendasi buat dicicipi.

Disamping rasanya yang manis, pembuatan roti juga masih sangat tradisional karena menggunakan batu bara. Wajar saja jika penganan ini memiliki citarasa tersendiri di lidah penikmatnya.

Dan Roti manis Tan Keng Cu di jalan HOS Cokroaminoto no.25 ini sudah beroperasi sejak tahun 1926 silam. Selain enak, harganya juga murah yakni berkisar Rp.2.500-Rp.5.000 saja per kuenya.

7. Mie Ayam Mang Memed

Nah, berkunjung ke Cianjur, belum lengkap rasanya bila kita tidak mampir ke warung dekat toko roti Tan Keng Cu bernama Mie Ayam Mang Memed.

Menu hidangan satu ini memang sudah sangat umum bagi masyarakat Indonesia, hanya saja mie ayam Mang Memed tersebut rasanya sangat enak dan memberi citarasa berbeda dibanding yang ada di daerah lain.

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan mampir ke toko roti Tan Keng Cu, jangan lupa melipir barang sebentar ke Mie Ayam Mang Memed di jalan HOS Cokroaminoto ini. Harganya cukup murah lho, hanya Rp.9.000/mangkuk.

8. Laksa

Makanan khas bernama Laksa ini citarasanya tidak perlu diragukan lagi karena kuliner ini sendiri termasuk salah satu hidangan favorit masyarakat Cianjur.

Penganan berbahan dasar mie ini diracik dengan resep berbagai macam bumbu pilihan, tak heran rasanya pun begitu nikmat dan menggoda.

Nah, bila ingin mencicipinya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke jln.Mochammad Ali. Di sekitar kawasan ini banyak penjual laksa yang enak dengan harga Rp.3.500/porsi. Murah kan?

9. Asinan & Manisan Buah

Asinan dan manisan yang terbuat dari bermacam-macam buah ini termasuk salah satu cemilan paling tepat buat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Diracik dengan resep bumbu yang khusus membuat rasa asinan maupun manisan dari Cianjur ini sungguh menyegarkan dan pastinya sangat enak.

Dan satu tempat paling tepat buat berburu camilan ini adalah toko Mulia Sari Ny.Tan di jalan HOS Cokroaminoto. Dimana harga per porsinya hanya dibanderol sekitar Rp.3.000 saja.

10. Bubur Cianjur

Kota Cianjur memang sudah terkenal dengan buburnya yang sangat enak dimana hidangan menu ini sendiri menggunakan potongan jeroan ayam, ampela dan usus sebagai bahan pelengkap kemudian disiram dengan kuah santan berwarna kuning.

Dan satu tempat terkenal akan kelezatan kuliner ini adalah Bubur Sampurna di jln.H.Agus Saleh 48. Selain enak, harganya juga murah yaitu berkisar Rp.10.000 saja per mangkuknya.