10 Daftar Rincian Biaya Hidup di Rusia, Salah Satu Negara Yang Terkenal Memiliki Banyak Mahasiswa

ulinulin.com – Jika diminta untuk memikirkan negara yang terkenal memiliki banyak mahasiswa internasional, kira-kira negara apa yang ada di benak orang? Pasti sebagian besar orang berpikir Jerman, Inggris, Belanda, dan lain-lain.

Meskipun tidak sepopuler Jerman dan Inggris sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan bagi para mahasiswa internasional, ada beberapa yang memilih untuk kuliah di Russia lho. Salah satu faktornya adalah biaya hidup yang tergolong rendah.

Dari sisi biaya hidup, Russia memang terbilang murah jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa. Apalagi buat orang yang bisa mendapatkan beasiswa, setiap bulan akan diberikan uang saku lho.

Nah, sebenarnya berapa sih biaya hidup di Russia 2022? Apakah cocok untuk mahasiswa atau tidak? Yuk, kita lihat dulu rinciannya:

1. Sewa Tempat Tinggal

Tentu saja, salah satu kebutuhan utama saat seseorang merantau ke Russia adalah tempat tinggal. Bagi para mahasiswa, tinggal di asrama atau menyewa apartemen adalah dua pilihan yang paling tepat.

Harga untuk sewa asrama dan apartemen berbeda-beda, tergantung kota yang ditinggali. Harga sewa di kota besar seperti Moskow tentunya lebih mahal daripada di kota kecil seperti Tomsk dan Kazan.

Di kota-kota kecil, rata-rata harga sewa asrama per bulan adalah RUB 1.000 – 1.100. Sementara di Moskow, harga sewa asrama berkisar antara RUB 1.600 – 2.500 per bulan. Biaya untuk asrama sudah termasuk air dan listrik ya.

Selain itu, satu keuntungan lain tinggal di asrama untuk mahasiswa adalah pengeluaran yang lebih rendah untuk uang transportasi.

Buat orang-orang yang ingin sewa apartemen, harganya akan lebih mahal. Harga sewa apartemen di Moskow berkisar dari RUB 30.000 – 45.000 per bulan. Di luar Kota Moskow, harganya bisa lebih rendah lagi.

2. Tagihan Utilitas

Dengan memiliki tempat tinggal, kalian tentu akan mengeluarkan biaya lagi untuk tagihan utilitas seperti listrik dan air kecuali buat yang tinggal di asrama. Biasanya, harga sewa asrama sudah termasuk tagihan utilitas.

Buat orang yang memilih untuk sewa apartemen, tagihan utilitas adalah pengeluaran lain yang harus diperhitungkan. Nah, biaya untuk hal ini juga bisa berbeda-beda ya, tergantung pemakaian setiap orang.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan lain yang tidak kalah penting adalah makan dan minum. Nah, buat mahasiswa yang bisa masak akan jauh lebih menghemat biaya jika memasak makanan sendiri daripada beli makanan di luar setiap hari lho.

Harga makanan per porsi di kota kecil rata-rata berkisar dari RUB 150 hingga 200. Nah, di Moskow harganya lebih mahal lagi yaitu dari kisaran RUB 200 hingga 1.500 untuk makan di café dan restoran.

Jika kalian makan satu hari setidaknya dua kali di restoran, maka uang yang dihabiskan minimal adalah RUB 400. Dalam satu bulan, kalian sudah menghabiskan RUB 1.200 lho!

Mau pilihan yang lebih murah? Kalian bisa makan di kantin kampus, harganya berkisar antara RUB 100 hingga 200 per porsi.

Sementara itu, jika kalian masak sendiri, kalian hanya perlu untuk berbelanja bahan-bahan mentah secara mingguan atau bulanan.

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas, biaya transportasi adalah pengeluaran lain yang tidak kalah penting. Bagi para mahasiswa, naik transportasi umum adalah pilihan yang paling banyak digunakan.

Transportasi umum yang paling sering digunakan adalah bus dan metro. Rata-rata, tarif satu kali jalan di Moskow adalah RUB 40. Di kota yang lebih kecil, tentu tarifnya bisa lebih murah yakni RUB 24 per satu kali jalan.

Tentu saja, jumlah uang yang dikeluarkan untuk biaya transportasi akan berbeda setiap orang, tergantung dari mobilitas kalian. Namun, untuk menghemat uang transportasi, kalian bisa langganan kartu sosial yang hanya memakan RUB 300 per bulan.

Satu tips lagi untuk menghemat uang transportasi adalah dengan mencari akomodasi yang tidak terlalu jauh dari kampus atau mungkin di asrama. Dengan begini, kalian bisa berjalan kaki saja ke kampus.

5. Belanja Bulanan

Sebagai anak rantau, kalian juga perlu berbelanja kebutuhan bulanan yang mencakup bahan-bahan makanan mentah, camilan, perlengkapan kebersihan, dan lain-lain. Jumlah uang yang keluar untuk belanja bulanan juga berbeda, tergantung gaya hidup.

Jika kalian tinggal di Moskow, kalian setidaknya memerlukan RUB 1.000 – 2.000 per minggu atau RUB 4.000 – 8.000 per bulan. Namun, buat kalian yang tinggal di luar Moskow, RUB 600 per bulan juga sudah cukup.

Berbelanja kebutuhan ini bisa dilakukan secara mingguan atau bulanan. Nah, semua itu balik lagi ke diri kalian masing-masing ya!

6. Asuransi

Sebagai mahasiswa internasional di Russia, kalian juga wajib untuk memiliki asuransi kesehatan. Tentunya, asuransi ini akan berguna jika kelak kalian mengalami hal tidak terduga yang mengancam kesehatan kalian.

Biaya untuk asuransi kesehatan juga berbeda-beda, tergantung dari yg ditawarkan kampus kalian dan perusahaan asuransinya. Namun, kisaran biayanya adalah RUB 3.000 – 9.000 per tahun atau sekitar RUB 250 – 750 per bulan.

7. Komunikasi

Untuk tetap bisa terhubung dengan keluarga di tanah air dan teman-teman, kalian tentu memerlukan kartu untuk ponsel. Ada banyak provider di Russia dan setiap dari mereka akan menawarkan harga dan paket yg berbeda-beda.

Harganya juga ditentukan oleh kota tempat kalian tinggal. Nah, di Moskow harga paket data unlimited berkisar dari RUB 500 – 675 per bulan, sementara di luar Moskow kisarannya adalah RUB 250 – 500 untuk satu bulan.

Buat kalian yg ingin pasang wi-fi di tempat tinggal juga bisa lho, harganya sekitar RUB 500 per bulan. Namun, ini termasuk pengeluaran sekunder jadi tidak wajib untuk setiap orang dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

8. Pakaian

Terletak di belahan bumi bagian utara, Russia memiliki empat musim dengan iklim yg cenderung dingin sepanjang tahun. Nah, beberapa dari kalian pasti butuh pakaian baru untuk menghadapi pergantian musim.

Belanja pakaian mungkin bukan hal yg harus dilakukan secara rutin setiap bulan, namun cukup memakan biaya. Untuk belanja pakaian dibutuhkan setidaknya RUB 700. Belanja baju musim dingin lebih banyak lagi, minimal RUB 1.000.

Tentunya, harga baju berbeda-beda tergantung dari tempat kalian membeli pakaian tersebut dan bahannya. Semakin tebal pasti semakin mahal.

9. Hiburan dan Rekreasi

Sebagai mahasiswa yg merantau di negeri orang, beberapa dari kalian juga butuh hiburan dan rekreasi untuk melepas penat. Ada banyak pilihan untuk hiburan, dan biaya yg dikeluarkan tentu berbeda-beda.

Buat kalian yg suka ke bar atau club diperlukan uang sebesar RUB 500 hingga 1.500, sementara untuk tiket bioskop harganya berkisar dari RUB 500 hingga 1.000. Jika kalian suka ice skating, kalian perlu mengeluarkan RUB 600 – 1.000.

Asiknya lagi, ice skating dan beberapa museum menggratiskan tiket jika kalian membawa kartu tanda mahasiswa. Buat yg ingin rekreasi gratis di taman kota juga bisa lho.

Selain itu, buat kalian yg suka pergi-pergi, traveling di waktu luang kalian juga bisa menjadi hal yg asik nih.

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, minimal uang yg diperlukan satu orang untuk hidup di Russia adalah RUB 7.800 atau setara dengan Rp. 1.480.982 per bulan jika 1 RUB sama dengan Rp. 189.87. Perlu diketahui, angka ini tidak mutlak karena tergantung dari beberapa faktor.

Faktor-faktor yg memengaruhi biaya hidup antara lain gaya hidup, kebutuhan, dan kota tempat tinggal. Semakin besar kota tempat seseorang tinggal, biasanya akan semakin mahal biaya hidupnya.