10 Info Penting Mudik Yang Wajib Diketahui, Tol Juga Kena Gage

ulinulin.com – JAKARTA – Hari-hari mudik akan tiba sebentar lagi. Setelah dua tahun penduduk Jakarta dan kota-kota besar lainnya menahan diri untuk tidak mudik, sekarang mungkin akan dimanfaatkan untuk melakukan ritual tahunan tersebut.

Korlantas Polri bakal memberlakukan skema one way hingga ganjil genap di Tol Jakarta – Cikampek

Semoga kasus wabah COVID-19 semakin turun dan tak ada. Kita bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman. Berikut kami ingin memberikan ragam informasi penting menghadapi mudik Lebaran 2022.

1. Selalu menjaga protokol kesehatan (Prokes)Meskipun kasus COVID-19 terus menurun, bukan berarti kita mengabaikan protokol kesehatan. Hal ini sangat penting untuk mencegah kita maupun anggota keluarga dari terkena COVID-19. Selalu memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan selalu menjaga kesehatan tubuh, istirahat yang cukup dan makanan bergizi.

2. Siapkan kendaraan yang primaSebelum mudik, menyiapkan kendaraan yang prima hukumnya wajib. Karena hal ini berkenaan dengan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Cek ke bengkel langganan atau bengkel resmi dan jangan pernah mengompromikan keselamatan. Keselamatan adalah nomor satu.

3. Selalu disiplin dan mematuhi rambu-rambu lalu-lintas.Setelah menyiapkan kendaraan yang prima, selalu disiplin dan mematuhi rambu lalu-lintas. Pasalnya, yang menggunakan jalan raya bukan hanya kita sendiri. Semua orang memiliki hak yang sama di jalan raya. Mematuhi rambu lalu-lintas akan mempermudah dan meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan keluar dari wilayah Jabodetabek pada H-7 sampai dengan H+7 Hari Raya Idul Fitri 1443 H sebanyak 2,54 juta kendaraan.

4. Siapkan nomor telpon penting.Jangan lupa, menyiapkan nomor-nomor telpon penting. Misalnya, nomor telpon posko mudik, polisi, bengkel, posko kesehatan atau rumah sakit-rumah sakit terdekat di sepanjang perjalanan.

5. Jangan membawa barang dan beban yang berlebihan.Bawalah barang-barang secukupnya sesuai dengan kebutuhan mudik. Membawa barang dan beban berlebihan – seperti membawa penumpang melebihi kapasitas – akan sangat membahayakan selama di perjalanan.

6. Rekayasa lalu-lintas dan Ganjil GenapKorlantas Polri sudah menyiapkan skema rekayasa lalu-lintas untuk melancarkan arus mudik 2022. Kepolisian sudah menyiapkan skema one way atau satu arah hingga ganjil genap mulai 28 April 2022 dari KM 47 Tol Cikampek sampai KM 313 gerbang Tol Kali Kangkung.

Dari Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sampai Kali Kangkung akan diterapkan satu arah. Jalur B yang biasanya digunakan untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta bakal dimanfaatkan untuk mengarah ke timur, ke Jawa tengah selama pemberlakuan one way dan ganjil genap.

7. 10 Mobil Yang Dikecualikan dari Gage Tol Japek Sampai Kali KangkungTapi ada 10 jenis kendaraan yang mendapat pengecualian Gage dari Tol Jakarta – Cikampak sampai Pintu Tol Kali Kangkung.a. Kendaraan pimpinan lembaga negara Republik Indonesiab. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.c. Kendaraan dinas dengan tanda nomor kendaraan (TNKB) dinas berwarna dasar merah atau nomor dinas Tentara Nasional Indonesia (TNI) / Kepolisian Negara Republik Indonesiad. Kendaraan pemadam kebakaran.e. Kendaraan ambulansf. Kendaraan angkutan umum dengan tanda nomor kendaraan bermotor berwarna dasar kuning.g. Kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik.h. Kendaraan bertanda khusus yang membawa penyandang disabilitas.i. Kendaraan untuk kepentingan tertentu, dengan pengawalan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.j. Kendaraan yang berdomisili di sekitar ruas jalan yang diberlakukan ganjil-genap.

8. Jangan membuang sampah sembarangan.Perjalanan selama mudik tidak akan bisa terduga. Terkadang lancar dan terkadang kita bisa dihadang macet selama berjam-jam. Kita sering mengonsumsi makanan maupun minuman kemasan selama di jalan.

Siapkan tempat sampah di mobil, jangan membuang sampah ke jalan raya atau pun di tempat yang tidak semestinya.

9. Jangan berkendara dalam keadaan ngantukJika badan Anda lelah, jangan paksa untuk mengemudikan kendaraan. Sebaiknya, jika sudah terlalu lama mengemudi (sekitar 2 jam), disarankan untuk beristirahat. Jika mengantuk, harus beristirahat di tempat yang aman sampai badan segar kembali.

10. Banyak mengonsumsi air putih.Duduk terlalu lama dan penuh konsentrasi, membuat tubuh bisa dehidrasi dan kelelahan. Disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar cairan di tubuh selalu terjaga dan membantu menjaga konsentrasi. (EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”