10 Keris Kuno Termahal Yang Dicari Para Kolektor

ulinulin.com – Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang memiliki budaya yang beragam dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya memiliki keragaman kuliner, suku bangsa, upacara adat, rumah adat, pakaian tradisional, alat musik dan lagu daerah saja, namun Indonesia juga memiliki senjata tradisional yang berbeda-beda.

Salah satu senjata tradisional Indonesia yang paling terkenal adalah keris. Sebagian besar masyarakat mungkin sudah tidak merasa asing lagi dengan senjata yang satu ini. Keris adalah salah satu senjata tikam golongan belati yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia bagian barat dan tengah. Dari sejak lama, keris telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu budaya Indonesia.

Meskipun terkesan antik, masih banyak kok orang Indonesia yang suka mengoleksi keris. Harganya pun bermacam-macam, ada yang biasa saja hingga sangat mahal. Beberapa keris ada yang sangat terkenal karena nilai sejarah dan seninya yang tinggi lho. Hal ini pun menjadi salah satu penyebab harganya begitu mahal.

Nah, penasaran apa saja keris termahal yang menjadi incaran para kolektor beserta gambar dan harganya? Yuk, simak dulu:

1. Keris Naga Raja

Harga: 7 miliar rupiah

Hingga saat ini, keris termahal yang pernah ada jatuh kepada Keris Naga Raja yang dimiliki oleh seorang kolektor di Yogyakarta bernama Hardo Wiyono. Ini merupakan salah satu yang dipamerkan di pameran bertajuk Masterpiece Keris Nusantara yang diadakan di Hotel Ros-In Yogyakarta pada tanggal 9 hingga 10 Februari 2019 silam.

Keris ini dibuat pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwana VII, Raja Keraton Yogyakarta yang memerintah pada tahun 1877 hingga 1920. Memiliki corak Wahyu Tumurun Wengkon dan berbalut emas di kedua sisi dari kepala sampai ekornya, pemilik baru mau melepas di harga 7 miliar rupiah.

Dulu, sudah ada yang menawar di harga 3,5 miliar rupiah, namun pemilik tidak mau melepasnya dengan alasan senjata tersebut sangat langka. Senjata tersebut diperoleh Hardo Wiyono dari sesama kolektor keris lho. Nah, buat para pecinta keris, apakah kalian ada yang mau membelinya?

2. Keris Kyai Sabuk Inten

Harga: 3 miliar rupiah

Selanjutnya, ada Keris Kyai Sabuk Inten dari Blitar yang masuk dalam daftar keris termahal. Senjata pusaka yang satu ini cukup menyita perhatian masyarakat, apalagi saat pameran yang digelar dalam rangkaian acara Bulan Bhakti Bung Karno. Sejumlah keris yang dipamerkan di sini bukan yang biasa, salah satunya adalah Kyai Sabuk Inten.

Berbeda dengan yang tadi, ini merupakan senjata pusaka keramat zaman Kerajaan Majapahit. Tidak tanggung-tanggung, usianya pun diperkirakan sudah mencapai 5 abad alias 500 tahun. Wah, tidak heran apabila senjata pusaka tersebut disimpan di dalam kotak kaca ya!

3. Keris Kyai Carito Buntolo

Harga: 1 miliar rupiah

Ada lagi nih, salah satu jenis keris yang menarik perhatian saat pameran yang digelar dalam rangkaian acara Bulan Bhakti Bung Karno di Blitar, yaitu jenis Kyai Carito Buntolo. Dipamerkan dalam acara yang sama, ternyata harganya juga masih dalam miliaran, yakni satu miliar rupiah.

Berbeda dengan Kyai Sabuk Inten, Kyai Carito Buntolo memiliki ukuran yang lebih besar dan merupakan senjata zaman Kerajaan Mataram. Pegangannya berbalut emas seberat 3,5 ons serta dihiasi zamrud dan batu permata berwarna-warni. Usianya pun tidak kalah tua, yakni mencapai 300 tahun atau setara dengan tiga abad.

4. Keris Jalak Budho Singosari

Harga: 100 – 200 juta rupiah

Selanjutnya, ada jenis Jalak Budho Singosari dalam daftar keris termahal yang pernah ada hingga saat ini. Diperkirakan, harganya mencapai ratusan juta per buahnya. Salah satu faktor yang menyebabkan harganya mahal adalah teknik lipatan besinya yang sampai dua saf. Para empu keris zaman sekarang belum ada yang bisa lho kabarnya.

Jadi, meskipun tidak berlapis emas seperti beberapa jenis sebelumnya, harga senjata pusaka yang satu ini tidak kalah mahalnya. Nah, para kolektor, adakah di antara kalian yang mau beli?

5. Keris Nogo Sosro Kinatah

Harga: 300 – 500 juta rupiah

Nogo Sosro atau Naga Sasra adalah salah satu jenis senjata yg berasal dari zaman Majapahit. Sebagai informasi tambahan, Nagasasra adalah nama salah satu dapur keris luk tiga belas. Tidak hanya itu saja, ada yg jumlah luk-nya sembilan atau sebelas sehingga penyebutannya harus disertai nama luk-nya ya.

Sementara itu, yg dimaksud dengan kinatah adalah membuat gambar atau motif tertentu dengan cara menata bilah senjata dengan memberi parit atau alur yg kemudian diberi pengait di dalam alurnya untuk mengikat emas atau perak yg nantinya akan dicairkan. Kabarnya, zaman dahulu yg memilikinya hanya kalangan tertentu seperti raja lho. Wah, pantas saja harganya mahal ya!

6. Keris Pakubuwono

Harga: 120 – 150 juta rupiah

Sebilah Keris Pakubuwono yg asli ternyata bisa dihargai mencapai 120 hingga 150 juta rupiah lho. Sesuai dengan namanya, ini merupakan senjata pusaka khas wilayah Solo, Jawa Tengah. Salah satu jenisnya pun pernah dihadiahkan untuk Putin dari Joko Widodo, presiden Indonesia.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa harga mereka hanya melambung tinggi di wilayahnya ya. Jika ditawarkan pada orang di daerah lain, harganya tidak akan semahal di wilayah Solo. Buat para kolektor senjata pusaka, mungkin jenis yg satu ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk melengkapi koleksi yg kalian miliki ya!

7. Keris Hamengkubuwono

Harga: 7 – 15 juta rupiah

Ada lagi nih, jenis yg mahal di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, yaitu Hamengkubuwono. Namanya diambil dari nama sultan yg memerintah di sana, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono. Kabarnya, zaman dulu senjata pusaka yg satu ini hanya diperuntukkan bagi kaum tertentu seperti raja lho.

8. Keris Ngadiboyo

Harga: 15 juta rupiah

Nah, kalo jenis yg satu ini adalah asli dari daerah Nganjuk di Jawa Timur. Harganya juga akan melambung tinggi apabila ditawarkan kepada para kolektor di Nganjuk dan sekitarnya. Kabarnya, sebilah senjata pusaka ini bisa mencapai harga 15 juta rupiah lho. Wah, sangat tinggi ya!

9. Keris Pamor Utuh

Harga: 50 – 100 juta rupiah

Keris manapun yg memiliki pamor utuh dan langka juga bisa dijual dengan harga yg tinggi. Tidak tanggung-tanggung, bahkan mencapai 50 hingga 100 juta rupiah. Sekadar informasi, pamor adalah alur-alur terang pada bilah dan ganja keris.

10. Keris Milik Petinggi Kerajaan

Harga: 50 – 100 juta rupiah

Tentu saja, senjata milik petinggi kerajaan zaman dulu pasti akan memiliki harga mahal. Ciri-cirinya adalah bentuknya simetris dan enak dipandang. Wah, tidak heran ya senjata pusaka milik petinggi di kerajaan pasti akan sangat mahal.

Itulah beberapa keris termahal yg menjadi incaran para kolektor beserta foto dan harganya. Wah, memang sangat fantastis ya! Namun, di balik harganya yg fantastis, ada nilai sejarah dan seni yg tinggi lho. Buat para kolektor yg mau koleksi keris, beberapa pilihan yg ada di atas mungkin bisa jadi pertimbangan yg bagus!

Namun, perlu kalian ketahui bahwa harga yg tertera di atas tidak mengikat sebelum terjadinya transaksi ya. Selain itu, harga yg ada di atas hanyalah perkiraan karena tidak ada harga yg mutlak. Oleh karena itu, harganya juga bisa berbeda-beda, tergantung sumber dan kualitasnya. Harga juga bersifat dinamis alias bisa berubah sewaktu-waktu.

Buat kalian yg mau beli, jangan lupa untuk teliti lebih dahulu ya. Pastikan bahwa senjata yg kalian dapatkan adalah asli dan lebih baik cari di penjual yg sudah terpercaya.