10 Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan Kulit Hingga Bibir

ulinulin.com – Alam sudah menyediakan banyak hal baik untuk kesehatan manusia. Beberapa penemuan dari para ilmuwan telah menunjukkan hal tersebut. Salah satunya kandungan pada biji pohon Argan. Ekstrak biji pohon Argan yang kemudian dikenal dengan sebutan Argan oil memiliki banyak manfaat, terutama untuk kecantikan.

Pohon Argan memang tidak terlalu familiar di Indonesia. Karena jika diurutkan berdasarkan asal-muasal, pohon ini merupakan tanaman asli dari Maroko. Secara bentuk, Pohon Argan mempunyai tinggi sekitar 30 meter. Dahannya tumbuh melebar membentuk seperti kipas.

Di negara asalnya, Maroko, pohon Argan kerap dipanjat oleh sekawanan kambing. Mereka memakan daun dan buah Argan. Buah pohon Argan memiliki biji yang kaya dengan kandungan atau nutrisi, di antaranya Vitamin E dan A, asam lemak, antioksidan, Omega 6 dan 9.

Kedua nutrisi tersebut memiliki peran besar untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit serta rambut. Berkat kandungannya yang istimewa, Argan oil pun dijuluki sebagai liquid gold. Ia bahkan kerap dijadikan carrier oil atau minyak biang untuk campuran minyak lain. Tidak heran jika harganya cukup mahal.

Penasaran apa saja manfaat Argan oil, terutama untuk kecantikan? Simak artikel berikut ini!

1. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

* sumber: www.alodokter.com

Kesehatan kulit, termasuk kulit wajah menjadi perhatian sebagian besar kaum wanita. Siapa yang tidak ingin kulit wajah tetap kencang bebas keriput di usia tua? Anda pasti menginginkannya, kan? Kabar baik untuk Anda karena dengan pemakaian teratur Argan oil dapat membuat kulit wajah tetap muda.

Kandungan anti-oksidan pada Argan oil mengurangi penampakan-penampakan keriput yang mengganggu. Kandungan tersebut sekaligus berperan sebagai anti-aging yang baik.

Menggunakan Argan oil dengan cara meneteskan ke kulit wajah hingga leher dan memijatnya sebelum tidur setiap hari dapat mengembalikan elastisitas alami kulit wajah. Hasilnya kulit terasa kenyal, lembut dan jauh dari keriput.

2. Memperbaiki Kulit Kering dan Rusak

* sumber: richmondhillcc.ca

Pelembap alami yang terkandung dalam Argan oil memiliki peran besar untuk memperbaiki kulit yang kering dan rusak. Selain itu, Vitamin E dan asam lemak pada Argan oil juga memberikan nutrisi pada kulit yang kering sehingga menjaganya dari iritasi atau kerusakan lebih lanjut.

Anda yang memiliki masalah kulit kering seperti bersisik, gatal hingga eksim, dapat menggunakan Argan oil untuk mengatasinya. Oleskan dan pijat bagian kulit yang kering menggunakan minyak Argan secara teratur untuk hasil terbaik.

3. Pelembap Kulit

* sumber: www.innertrue.com

Kandungan Vitamin E dan asam lemak yang cukup banyak padanya, membuat minyak ini ahli dalam melembapkan kulit. Argan oil juga cenderung mudah diserap kulit, tidak menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak apalagi iritasi.

4. Membantu Mengatasi Jerawat

* sumber: voilavineyards.com

Meski kandungan Argan oil dapat melembapkan, kaya akan asam lemak, tetapi minyak istimewa ini tidak “membawa” minyak saat dioleskan pada wajah. Ia justru dapat membantu menyeimbangkan kondisi kulit dengan menjaganya tetap lembap.

Khusus kulit berjerawat, Argan oil dapat menenangkan kulit yang mengalami peradangan. Anti-oksidan serta asam lemak Omega-6 dapat bantu menyembuhkan jerawat dan sel kulit yang rusak. Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup menggosokkan Argan oil pada bagian kulit yang berjerawat sebanyak dua kali dalam sehari.

5. Mengurangi Rasa Sakit pada Kulit Akibat Peradangan

* sumber: goldskincare.com

Rasa sakit pada kulit akibat peradangan, pelan-pelan bisa dikurangi bahkan disembuhkan dengan mengoleskan Argan oil secara rutin. Kandungan anti-oksidannya lah yang berperan dalam penyembuhan kulit yang iritasi, rusak, pecah-pecah atau terbakar.

6. Menghilangkan Bekas Stretch Marks

* sumber: www.tribunnews.com

Stretch marks merupakan masalah kulit yang terlanjur biasa dialami oleh ibu-ibu hamil. Meski biasa, bukan berarti ia pantas dibiarkan dan dimaklumi. Apalagi, permasalahan ini juga kerap dialami oleh banyak wanita tanpa kecuali.

Dengan menggunakan Argan oil secara teratur, stretch marks, kulit kendur dan kerutan-kerutan saat hamil atau setelah melahirkan dapat hilang atau berkurang. Kandungan minyak pada biji Argan dapat meningkatkan keelastisitasan kulit dan menjauhkan Anda dari permasalahan ini.

7. Perawatan Kaki, Tangan dan Kuku

* sumber: www.orissapost.com

Manfaat Argan oil tidak berhenti hanya untuk perawatan kulit dan kulit wajah. Liquid gold ini juga bermanfaat baik untuk kesehatan serta kecantikan kaki, tangan dan kuku. Bagian-bagian tubuh ini sayangnya kerap diabaikan, padahal jika terjadi masalah, rasanya juga sama-sama tidak nyaman, kan?

Argan oil dapat membantu merawat kuku yang rapuh, tangan yang kering dan kaki yang pecah-pecah. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan minyak pada Argan itu sendiri, sehingga kulit kaki dan tangan menjadi lembap, kenyal serta lembut, kuku juga kuat dan sehat.

8. Pelembap Rambut Terbaik

* sumber: cosmicspell.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”