10 Manfaat Sabun Muka untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit

ulinulin.com – Pernahkah Anda berpikir, untuk apa mencuci muka, toh ketika mandi wajah juga ikut terkena air. Pertama-tama, air tidak bisa mengangkat kotoran dan minyak dengan sempurna dari tubuh, begitu pula dari wajah Anda.

Tangan Anda pasti sudah menyentuh permukaan atau benda lainnya yang dipenuhi kotoran, debu, dan bakteri. Keyboard, handphone, buku, papan tulis, pegangan tangan di bis, pintu, kloset wc, dan masih banyak lagi. Kotoran dan bakteri dari tangan Anda bukannya tidak mungkin berpindah ke wajah Anda, kan? Karena setiap harinya Anda pasti menyentuh wajah—baik disengaja maupun tidak.

Jadi, mencuci wajah dengan sabun muka sangat lah genting untuk membersihkan kulit dan menjaganya tetap sehat serta cantik. Yuk, ketahui manfaat sabun muka yang lebih lengkap lagi bersama Kamini!

1. Membersihkan

Manfaat utama sabun muka adalah membersihkan kulit. Sabun muka membantu Anda menghilangkan kotoran, minyak, debu, dan polusi perkotaan yang tidak bisa dihilangkan dengan sempurna jika hanya pakai air saja. Apalagi kalau Anda makeup-an setiap hari, wajib banget cuci muka pakai sabun kalau tidak mau sisa kosmetik menumpuk di kulit Anda.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sabun muka berguna untuk mengangkat sel kulit mati, apalagi kalau Anda pakai face scrub, bukan sabun muka biasa. Sel kulit mati akan dibuat mengelupas, lalu nanti terangkat bersama busa sabun. Jika Anda punya masalah dengan kulit kering, kasar, dan mengelupas, sabun muka yang ada scrub-nya merupakan jawabannya. Dengan pemakaian rutin, kulit Anda pun akan terlihat lebih cerah dan mulus.

3. Mengangkat Kotoran yang Berkerak

* sumber: www.today.com

Masih bersambung dengan penjelasan exfoliation, manfaat sabun muka yang lainnya adalah membantu mengangkat kotoran secara lebih mendalam. Tidak hanya sel kulit mati saja, tapi juga kotoran, minyak, debu, polusi, dan semua “limbah” yang tidak seharusnya ada di kulit. Ingin kulit yang bersih dan sehat? Cuci muka pakai sabun setiap hari.

4. Mengecilkan Pori-pori

* sumber: trueskincarecenter.com

Siapa yang pori-pori wajahnya “sangat terlihat”? Tentunya jika pori-pori besar sangat mengganggu penampilan, bukan? Tak hanya penampilan saja, tapi kesehatan kulit juga bisa kena masalah, karena kotoran bisa dengan mudah masuk dan terjebak jika pori-pori kulit Anda terbuka lebar. Sabun muka dapat membuat dan menjaga ukuran pori-pori kulit wajah yang ideal.

5. Mengurangi Minyak

* sumber: www.stylecraze.com

Fungsi sabun muka yang selanjutnya adalah mencegah produksi minyak berlebih. Secara alami, kulit wajah memproduksi minyak untuk menjaga kelembapannya. Akan tetapi, terkadang produksi minyak tersebut terlalu banyak, makanya ada orang yang tipe wajahnya berminyak.

Memang, minyak bisa diangkat pakai blotting paper. Tapi, jika dibiarkan, minyak berlebih dapat memicu breakout dan jerawat. Untuk itu, gunakanlah sabun muka khusus kulit berminyak. Cari tahu merk sabun muka untuk oily face yang terbaik rekomendasi Kamini di artikel ini.

6. Menghidrasi

Bukan cuma tubuh yang bisa dehidrasi, tapi kulit juga bisa. Ciri-ciri kulit dehidrasi adalah terasa kasar, terlihat kusam, serta sudah muncul tanda-tanda penuaan walaupun usia Anda masih muda. Tapi, jika Anda rutin pakai sabun muka, Anda dapat menjaga tingkat hidrasi kulit yang pas. Sabun muka juga bisa membuat Anda mencapai tingkat pH standar kulit, yaitu pH 7, sehingga kulit terhidrasi dengan baik.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

* sumber: scrippsamg.com

Mencuci muka dengan sabun akan merangsang sirkulasi darah. Kenapa bisa begitu? Karena mencuci muka dengan benar meliputi memijat wajah dengan lembut, yang mana akan melancarkan sirkulasi darah sekaligus memberikan efek relaksasi.

Melalui gerakan dari pijatan jari-jari, aliran darah akan meningkat. Kita semua mengetahui bahwa darah membawa oksigen, nutrisi, dan hormon ke semua sel di seluruh tubuh, termasuk kulit. Yuk, tingkatkan sirkulasi darah Anda untuk kulit yang terlihat lebih muda!

8. Wajah Jadi Glowing

Bermimpi punya kulit glowing ala wanita Korea? Jangan cuma mimpi, tapi wujudkan! Dengan rajin menggunakan sabun muka—apalagi sabun yang memiliki kandungan kolagen, vitamin, dan pencerah—akan membuat kulit jadi terlihat glowing. Jangan lupa pakai pelembap dan sering maskeran juga, ya!

9. Awet Muda

Kulit ada masa “kadaluwarsa”nya. Kulit tidak akan selamanya kencang dan cantik. Akan ada waktunya di mana kulit menjadi kering, keriput, dan tidak elastis lagi.

Menggunakan produk-produk anti aging menjadi kurang maksimal jika Anda tidak membarenginya dengan mencuci wajah pakai sabun. Jadi, sebelum melakukan perawatan dengan skincare, Anda cuci muka dulu pakai sabun untuk hasil yang lebih baik.

10. Membantu Regenerasi Kulit

* sumber: www.ultimaii.com

Fungsi sabun muka yang terakhir Kamini bahas adalah, dapat membantu regenerasi kulit. Apa maksudnya? Kulit kita memperbaiki dirinya sendiri setiap malam, seharusnya. Namun, kadang kulit tidak bisa melakukannya sendiri karena berbagai faktor.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”