10 Manfaat Toner Wajah dan Alasan Kenapa Harus Pakai Toner

ulinulin.com – Anda mungkin berpikir mencuci wajah dan membersihkan makeup saja sudah cukup. Padahal, masih banyak perintilan-perintilan yang seharusnya Anda pakai jika ingin kulit yang cantik. Setidaknya jangan cuma pakai pelembap saja setelah membersihkan wajah, tapi pakai toner juga. Kenapa? Karena toner dapat membantu meningkatkan kinerja pelembap wajah.

Toner wajah berfungsi juga sebagai penyeimbang kulit setelah menggunakan cleanser. Toner juga bermanfaat sebagai pelengkap rangkaian pembersihan wajah, karena toner dapat mengangkat semua debu, kotoran, dan polusi yang tidak terangkat secara sempurna oleh pembersih saja. Toner juga akan mengangkat sebum yang bisa tertinggal dari cleanser yang Anda pakai.

Kapan tanda wajah Anda butuh toner? Yaitu ketika kulit kering, kusam, berminyak, dan jika Anda rutin menggunakan makeup. Jika Anda merasa kulit Anda sudah membutuhkan infusan toner, sekarang ketahui dulu manfaat toner untuk kulit Anda.

1. Produk Serbaguna

* sumber: www.womenshealthmag.com

Face toner adalah produk serbaguna. Dia bisa membersihkan sisa makeup dan kotoran yang “ngumpet” ketika Anda membersihkan wajah pakai cleanser. Tidak hanya membersihkan kulit, toner juga bakal mengisi kulit Anda dengan nutrisi-nutrisi penting. Toner juga akan membuat mata Anda melek karena wajah terasa segar seketika. Satu produk, sejuta manfaat.

2. Hidrasi

* sumber: www.figarolondon.uk

Toner wajah akan memberikan hidrasi pada kulit Anda. Lalu, apakah yang butuh toner cuma jenis kulit kering saja? Tidak. Mau kulit Anda kering, berminyak, sensitif, atau pun kombinasi tetap butuh toner.

Ciri-ciri kulit yang terhidrasi dengan baik adalah yang kenyal, halus, elastis, dan lembap. Kalau Anda tidak mau kulit kusam dan terkesan “boros” karena tanda penuaan dini sudah bermunculan, maka Anda harus rajin pakai toner.

3. Nutrisi

* sumber: www.beauty-salon-great-missenden.com

Tak hanya menghidrasi, toner wajah juga akan menginfuskan nutrisi pada kulit Anda. Soalnya, bukan cuma perut yang harus diisi makanan, tapi kulit juga. Sekarang banyak produk toner wajah yang sudah beserta aneka vitamin dan kandungan lainnya, sehingga kulit Anda pun sudah cukup “diberi makan” lewat toner. Ingin tahu merk toner yang bagus? Baca di artikel ini, ya.

4. Detoks

* sumber: www.beautyvigour.com

Manfaat toner yang selanjutnya adalah detoksifikasi. Anda tidak akan merasakannya secara langsung memang, tapi di kulit kita mengandung banyak polusi dan racun hasil dari kegiatan harian. Terutama jika Anda aktif bekerja di luar ruangan. Belum lagi jika Anda dandan setiap hari.

Semua itu meninggalkan sisa kotoran di kulit Anda, dan bisa membuat tampilan kulit jadi kurang cantik. Toner dapat membantu menghilangkan kotoran-kotoran itu.

5. Mengecilkan Pori-pori

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Jika Anda mengalami masalah pori-pori besar, atau malah menonjol keluar karena banyak kotoran yang berupa blackhead, maka Anda wajib pakai toner. Face toner mampu membersihkan pori-pori dari minyak berlebih (sebum), kotoran, dan bakteri yang kalau dibiarkan akan jadi komedo. Sehingga kulit wajah Anda bisa terbebas dari komedo serta jerawat.

6. Mengurangi Jerawat

* sumber: www.byrdie.com

Ini masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya, yaitu pori-pori. Ketika pori-pori Anda penuh kotoran, maka Anda bisa jadi jerawatan.

Kalau jerawatnya cuma satu atau dua sih tidak apa-apa kali, ya. Apalagi kalau jerawatnya cuma hinggap sebentar. Akan tetapi kalau jerawatnya menahun, terus membengkak hingga “matang”, belum lagi kalau jerawat pecah, beuh, sakit sekali bukan rasanya? Sudah penampilan terganggu, sakit pula.

Toner dapat membantu mengangkat sisa kotoran di pori-pori yang tidak terbawa oleh cleanser dan sabun muka. Dengan rutin menggunakan toner, sama saja kalau Anda sedang investasi jangka panjang untuk mencegah timbulnya jerawat di masa depan.

7. Menyeimbangkan pH

* sumber: budwigcenter.com

Ya, face toner dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH di kulit wajah Anda. Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang pH kulit, tapi sebenarnya apakah itu?

Jadi, tingkat pH merupakan indikasi tingkat keasaman kulit. Tingkat pH diukur mulai dari skala 0 sampai 14, dan tingkat yang netral (seimbang) untuk kulit kita adalah 7.

Kenapa pH kulit kita harus netral? Karena, jika pH kita seimbang, maka otomatis kulit pun akan jauh dari infeksi dan minyak berlebih. Kulit Anda pun bisa jadi lebih halus, cerah, dan kenyal. Anda harus rutin menggunakan toner wajah untuk mencapai tingkat pH 7.

8. Pelembab Tambahan

* sumber: www.self.com

Toner memang kebanyakan bentuknya seperti air (FYI, ada toner yang berbentuk lotion juga, loh!), makanya orang awam tidak akan menyangka kalau toner dapat melembapkan kulit. Yup, toner bekerja seperti pelembap wajah. Beberapa toner yang bagus bahkan bisa mengikat kelembapan pada kulit, sehingga kulit Anda akan terhidrasi dalam waktu yang panjang. Ingin tahu merk toner yang recommended? Baca di sini.

9. Mencegah Ingrown Hair

* sumber: www.beautyepic.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”